Komunitas Sadar Wisata Bangli Dilatih Kelola Homestay

0
35
Desa Wisata Penglipuran, Bangli Bali, (Foto; metropekanbaru.com)

BANGLI, bisniswisata.co.id: Sekitar 40 orang dari komunitas atau kelompok sadar wisata Bangli Bali mendapat pelatihan tata kelola homestay dan pondok wisata se-Kabupaten Bangli yang berlangsung di Wantilan Desa Penglipuran, Bali, dari tanggal 18-20 November 2019.

Pelatihan ini memiliki nilai strategis karena selain untuk mensejahterakan masyarakat Bangli, juga memajukan pariwisata ditingkat desa sehingga pariwisata tidak saja dinikmati oleh orang kota saja, tapi masyarakat pedesaan dapat lebih bisa berkembang.

“Saya harap masyarakat disiplin dalam mengelola homestay dan harus ramah-tamah terhadap wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Bikin salah satu strategi agar wisatawan senang dan betah menginap di homestay,” ungkap Bupati Bangli Made Gianyar saat membuka secara resmi pelatihan tata kelola homestay dan pondok wisata.

Kegiatan ini adalah upaya untuk menjawab tantangan global pembangunan pariwisata. Pelatihan ini juga untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan homestay atau rumah wisata.

Mengingat keberadaan homestay sangat strategis untuk mendukung pengembangan kawasan objek pariwisata di Bangli, sehingga pengembangan sarana dan prasarana dalam menunjang aksesibilitas dan fasilitas-fasilitas desa wisata sangat dibutuhkan, katanya.

Dengan tata kelola homestay yang baik, diharapkan wisatawan akan lebih senang dan dapat merasakan suasana pedesaan yang lebih nyaman, tenang serta mengetahui aktifitas masyarakat sehari-hari, harap Bupati Bangli seperti dilansir laman Industry, Rabu (20/11/2019).

Kegiatan yang didanai dari dana alokasi khusus non fisik Kementrian Pariwisata itu menghadirkan narasumber dari Asita Bali, HPI Bali, Universitas Udayana, STPBI Denpasar, Politeknik Pariwisata Bali, dan para Ketua Jejaring Kelompokdl Sadar Wisata se-Kabupaten Bangli.

Kepala Bidang Pemasaran Wisata Kabupaten Bangli, Wayan Merta juga berharap agar kelompok sadar wisata di Kabupaten Bangli semakin bertambah banyak sehingga berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan yang berkunjung ke pedesaan dan membawa dampak yang sangat besar bagi masyarakat. (ndy/Industry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.