Komunitas Budaya Gelar Apresiasi Budaya Nusantara di Mall

0
231

TANGERANG SELATAN, bisniswisata.co.id: Komunitas Budaya menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengelar acara Apresiasi Komunitas Budaya Nusantara di Mal Bintaro Xchange, Tangerang Selatan, Sabtu (24/3) dan Ahad (25/3). Acara ini berlangsung sebagai wujud memberikan apresiasi terhadap hasil karya para komunitas budaya.

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Bantuan Pemerintah (Banpem) yang berjalan sejak tahun 2012. Banpem telah diberikan kepada 1.760 komunitas budaya, dan 21 komunitas budaya yang mendapatkan bantuan tersebut tampil dalam acara.

Apresiasi Budaya Nusantara ini dihadiri 258 peserta seluruh Indonesia. Dibagi dalam dua rangkaian kegiatan yakni pementasan karya budaya tradisional dan kontemporer, serta diskusi terpumpun atau Focus Group Discussion (FGD). Penyelenggaraan FGD diikuti 90 peserta, dengan tujuan untuk menjaring masukan untuk perbaikan kualitas komunitas budaya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, mengatakan saat ini merupakan momen luar biasa di mana seni tradisional hadir di tempat yang mungkin tidak biasa, yaitu di pusat perbelanjaan. Dan ini pertama kali pentas budaya di mall, tujuannya memang bagus agar masyarakat milenia mengenal, memahami, memahami dan meresapi tentang berbagai budaya tradisonal agar tidak ditinggalkan/

“Saya mengapresiasi pengelola pusat perbelanjaan ini yang telah memberikan ruang kepada seni tradisi untuk tampil. kita lihat sendiri pengunjung mal sangat antusias menyaksikan pementasan budaya bangsa ini,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Bisniswisata.co.id, Ahad (25/03/2018).

Selama ini, sambung dia, pementasan seni tradisi banyak dilakukan di gedung pertunjukan, namun sekarang pihaknya berupaya untuk mendatangi masyarakat dengan menampilkan pentas seni budaya di mal terutama pada akhir pekan.

Mengusung tema “Merajut Keberagaman melalui Ekspresi Komunitas Budaya”, Hilmar berharap acara ini bisa dimanfaatkan para komunitas budaya untuk mengekspresikan kekayaan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. “Kami berharap, lebih banyak lagi pusat berbelanjaan mau berpartisipasi seperti acara hari ini dengan membuka ruang di akhir pekan untuk penyelenggaraan seni dan budaya,” tambahnya.

Hilmar mengatakan, dengan menyelenggarakan kegiatan di pusat perbelanjaan ini menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi para komunitas budaya untuk tampil, karena disaksikan secara langsung oleh para pengunjung. “Masyarakat dapat menyaksikan secara langsung bagaimana seni tradisi ini terus dikembangkan oleh para komunitas budaya di berbagai daerah,” ucapnya.

Seorang pengunjung mal, Khairul (34), mengaku baru pertama kali melihat pertunjukan seni tradisi di dalam mal. “Selama ini lihat pertunjukan seperti ini di sekolah saat perpisahan atau gedung pertunjukan. Tapi kali ini di mal, ini hal yang baru buat saya,” kata Khairul yang membawa dua anaknya tersebut. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.