Jadi Kamar Kost dan Fasilitas Karantina Mandiri

0
23

JAKARTA, bisniswisata.co.id: PANDEMIK COVID-19, pemerintah mengeluarkan himbauan untuk bekerja dari rumah, belajar di rumah bagi pelajar, mahasiswa sampai ibadah di rumah. Awalnya hanya selama 14 hari, kemudian diperpanjang sejalan dengan makin meluasnya penyebaran COVID-19. Bagi kalangan ASN yang non pelayanan public, bekerja dari rumah sembari mengontrol anak- anak yang kena wajib belajar di rumah.

Perusahaan swasta? Mulai dikeluarkan kebijakan pengurangan jam operasional kantor,  kebijakan cuti libur tak berbayar, berbagi shift kerja mingguan akhirnya kerja dari rumah sembari menunggu perubahan kinerja perekonomian negara.

“Kebijakan bekerja dari rumah, cukup mengurangi operasional harian kantor,” ungkap eksekutif sebuah PR agency di Bali. Pasalnya, operasional mereka selama ini lebih dominan mobile mengandalkan teknologi komunikasi yang ada. Keberadaan kantor hanya memenuhi peraturan sebuah perusahaan dan menerima tetamu yang enggan bertemu di luar kantor.

Memasuki akhir bulan Maret, pemerintah meningkatkan status tanggap darurat COVID-19. Sejumlah daerah memperketat kebijakan mengurangi pergerakan masyarakat antar daerah, meminimalkan kerumunan sampai menutup tempat- tempat wisata, tempat hiburan dan membatasi jam operasional tempat- tempat pertemuan.

Berkaitan dengan kebijakan work from home, membuka peluang pengelola hotel kreatif mengemas paket- paket jasa working space special. Di Jakarta manajemen jejaring hotel klas menengah meluncurkan paket hemat bekerja dari hotel. Kemasan paket, menjawab kebutuhan para tamu yang memerlukan kenyamanan area bekerja didukung dengan fasilitas kebersihan hingga koneksi internet berkecepatan tinggi.

Dalam release yang diterima bisniswisata.co.id, di jejaring Holiday Inn para tamu dapat menempati kamar tamu hotel dan menjadikannya tempat bekerja yang nyaman serta luas. Para tamu bisa bekerja dengan lebih hemat apabila melakukan reservasi selama lima malam.  Reservasi kamar sudah termasuk poin reward, sarapan pagi, koneksi WiFi berkecepatan tinggi, area bekerja yang luas dan juga kursi ergonomis yang nyaman. Para tamu juga bisa menikmati fasilitas hotel lainnya seperti ruang kebugaran dan self-service laundry yang secara reguler disanitasi dengan seksama.

Selain mengeluarkan paket menginap, Holiday Inn juga menyediakan layanan antar makanan.  Terdapat berbagai menu kotak pilihan yang dapat dinikmati oleh para pecinta makanan seperti Nasi Goreng Sayur, Mie Goreng Jawa, Ayam Goreng Kalasan, Sate Ayam, Spageti Asam Asam Manis, Buah dan tumis sayuran. Layanan antar makanan tidak dipungut biaya untuk pengantaran ke area Matraman, Salemba, Senen, dan Kramat.

Fasilitas Karantina Mandiri

Di Bali, hotelier inovatif menawarkan kamarnya dengan sistem sewa harian, mingguan maupun bulanan. Paling tidak kebijakan ini membuka peluang kerja bagi tenaga kerja di hotel bersangkutan, tetap beroperasi dengan mengikuti protocol penanggulangan COVID-19 dari pemerintah. Tinggal pilih sesuai budget, sesuai klas kamarnya, lama tinggal.

Masih dengan etikad membantu diri sendiri, sesama karyawan,  perusahaan dan pemerintah ada jejaring usaha yang tidak hanya memiliki jaringan bisnis hotel, juga rumah sakit berstandar internasional, menawarkan fasilitas tes COVID-19 dan karantina mandiri. Contohnya apa yang ditawarkan Lippo Groups.

Aryaduta Hotels dari Lippo Group menawarkan paket bagi mereka yang perlu mengisolasi diri dari keluarga dan kolega karena pandemi. “Hotel kami menyediakan lingkungan yang benar-benar aman dan bersih bagi Anda untuk bekerja dan bersantai,” kata perusahaan itu dalam siaran persnya.

Dijelaskan bahwa, kontak dengan orang lain (termasuk staf hotel) akan diminimalkan dan makanan dan minuman lengkap disajikan tanpa staf hotel memasuki ruang pribadi Anda. Stafnya dilatih protokol keselamatan oleh Grup Rumah Sakit Siloam. Penawaran ini terbuka untuk mereka yang mengasingkan diri selama 14 hari dan tidak menunjukkan gejala atau siapa pun yang dites negatif tetapi harus mengikuti protocol karantina  14 hari.
Menurut Varun Khanna, Chief Commercial Officer, Siloam Hospitals, Siloam adalah grup rumah sakit swasta pertama yang mengembangkan kapasitas pengujian COVID-19 di Indonesia. Juga salah satu dari tiga rumah sakit rujukan swasta untuk pasien COVID-19.

Offer available in Aryaduta Semanggi, Medan, Lippo Village and Palembang”, imbuh Varun Khana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.