Box Office, Fantastic Beasts 2 Raup Rp3,6 Triliun

0
260
Film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

HOLLYWOOD, bisniswisata.co.id: Film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald menyebarkan daya magis ke penjuru dunia. Di akhir pekan debutnya, film ini meraih US$253 juta atau sekitar Rp3,6 triliun secara global. Capaian Fantastic Beasts 2 tersebut berasal dari US$62 juta di pasar domestik Amerika Utara dan US$191 juta di pasar internasional.

Berdasarkan data box office terbaru, Senin (19/11/2018), meski tercatat cukup besar, film ini dilaporkan Variety amat mengandalkan pasar internasional untuk mengembalikan modal bujet produksi yang cukup mahal sebesar US$200 juta.

Hal tersebut dikarenakan lesunya pasar domestik Amerika Utara, sehingga menyebabkan Fantastic Beasts 2 hanya memperoleh US$60 juta di akhir pekan pertamanya. Capaian akhir pekan debut Fantastic Beasts 2 di pasar domestik tersebut lebih rendah dibandingkan seri prekuelnya, Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) yang mencapai US$74,4 juta menurut data Box Office Mojo.

Walaupun pasar domestik sedang lesu, Fantastic Beast 2 dilaporkan masih memiliki peluang besar untuk medulang untung dari pasar internasional. Saat ini, China menjadi negara dengan penyumbang box office terbesar film tersebut dengan raihan US$37,5 juta dari 20 ribu layar yang menayangkan Fantastic Beasts: The Crime of Grindelwald.

Setelah China, Inggris mengikuti dengan US$16,3 juta, Jerman dengan US$12,8 juta, dan Rusia dengan US$12,1 juta. Masih ada Jepang yang bisa diandalkan oleh Fantastic Beasts 2 untuk memperoleh untung, bila mengingat catatan box office versi prekuelnya yang kala itu menjadi tertinggi kedua di Asia setelah China.

Menurut Box Office Report, film ini baru akan tayang di Jepang pada 23 November 2018. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald merupakan seri kedua dari lima film yang direncanakan menjadi bagian waralaba lepasan dunia Harry Potter tersebut. Semuanya masih ditulis oleh JK Rowling.

Film kedua ini masih digarap oleh David Yates, sutradara andalan waralaba tersebut. Yates tercatat menggarap setengah dari delapan film Harry Potter dan dua seri Fantastic Beasts.

Berlatar pada era 1920-an, The Crimes of Grindelwald mengisahkan pelarian Gellert Grindelwald saat akan dipindahkan dari Amerika ke Inggris. Dalam pelarian tersebut, ia juga mengumpulkan pengikutnya untuk memulai mengangkat derajat penyihir di atas makhluk lainnya, termasuk manusia.

Meski masih menguasai box office, tapi seperti dilansir Reuters, film ini mendapat review yang kurang baik dari para kritikus. Rotten Tomatoes hanya memberikan skor 40%, sedangkan Cinemascore memberikan B+.

Film ini sekarang berada di posisi ke-29 dalam daftar film terlaris 2018, di bawah “Tomb Raider” dan di atas “Halloween (2018)”.

Film “Bohemian Rhapsody” juga masih ada di daftar box office dengan total pendapatan US$384,33 juta sejak dirilis pada Jumat (2/11). Pada pekan ketiga, film itu mendapat tambahan US$61,2 juta. Film lain yang berada di daftar box office dunia adalah “The Grinch” dengan total US$151,74 juta dalam dua pekan penayangannya.

Beberapa film yang debut pekan lalu adalah “Instant Family” yang dibintangi Mark Wahlberg dan Rose Byrne serta “Widows” yang dibintangi oleh Viola Davis, Michelle Rodriguez, Elizabeth Debicki, dan Cynthia Erivo.

Film pertama bercerita tentang pasangan suami istri yang mengadopsi tiga anak kecil. Sementara itu, film kedua berkisah tentang para istri yang bekerja sama membalas dendam terhadap bos kriminal yang membunuh suami-suami mereka. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.