Berwisata di Kalsel, Jangan Lewatkan Destinasi ini

0
28
Pasar Terapung Banjarmasin (Foto: -airport.co.id)

BANJARMASIN, bisniswisata.co.id: Kalimantan Selatan tengah gencar menggali potensi pariwisata. Provinsi dengan Ibu Kota Banjarmasin itu menjanjikan wisata yang berbeda dari daerah lain. Beragam festival, destinasi wisata unggulan hingga kuliner menggoda siap menyambut siapa pun yang berkunjung ke Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Dahnial Kifli menyebut beberapa tempat yang perlu disinggahi saat berada di Kalimantan Selatan. Mulai dari Pasar Terapung Siring Tendean, lanjut menyusuri sungai Martapura ke Pasar Terapung Lok Baintan dan makan di soto Banjar Bang Amat. “(Lalu) lanjut ke Siring Tendean berbelanja kain Sasirang khas Kalsel di Kampung Sasirang,” ujar Dahnial seperti dilansir laman Kompas, Selasa (05/11/2019).

Tak itu saja, menurut Dahnial, obyek wisata bamboo rafting di Loksado juga tengah menjadi incaran wisatawan. Mau tahu lebih lengkap? Berikut rangkuman dstinasi wisata di Kalsel yang tak jangan dilewatkan selama melancong. Apalagi ada event wisata yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata itu antara lain:

Pasar Terapung

Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan memiliki salah satu destinasi wisata unik yang menjadi ciri khas kota tersebut. Namanya pasar terapung. Kalau belanja dan transaksi di darat itu sudah biasa. Tapi di Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, transaksi terjadi di tengah Sungai Martapura. Penjual dan pembeli sama-sama digoyang riak sungai. Di pasar terapung, penjual menggunakan perahu yang dipenuhi beragam sayuran, buah-buahan, makanan tradisional hingga suvenir menjajakan dagangannya kepada pembeli yang sama-sama menggunakan perahu. Untuk melihat langsung kehidupan pasar terapung di Lok Baintan, wisatawan harus berangkat sebelum matahari terbit. Pasar terapung ini beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 08.00 waktu setempat. Inilah daya tarik pasar terapung di Lok Baintan. Sambil diombang-ambing gelombang Sungai Martapura, penjual dan pembeli saling berinteraksi. Tawar menawar pun terjadi.

Bamboo Rafting di Loksado

Bagi kamu penggemar olahraga air, khususnya rafting, Loksado bisa menjadi obyek yang perlu disinggahi ketika tiba di Kalimantan Selatan. Terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Loksado punya wisata memacu adrenalin–bamboo rafting. Jika biasanya rafting menggunakan perahu karet, tapi di Loksado berbeda. Mereka menggunakan rakit bambu sebagai kendaraannya. Dilansir laman Indonesia Kaya, setiap rakit bambu hanya berisi maksimal tiga penumpang dan ditemani seorang pemandu berpengalaman. Sungai Amandit adalah tempat untuk bamboo rafting di mana jarak tempuh dari start hingga garis finish adalah 2-3 jam. Selain memacu adrenalin, pemandangan alam pun siap memanjakan mata wisatawan. Plus, kamu bisa melihat aktivitas dari masyarakat suku Daya Meratus. Di akhir perjalanan, tepatnya di Desa Tanuhi, terdapat sumber air panas alami yang berasal dari gas bumi.

Pantai Angsana

Jika selama ini Kalisel dikenal sebagai salah satu Provinsi pertambangan batu bara, namun kini sudah mulai bergeser karena tempat-tempat wisatanya memiliki keindahan yang luar biasa dan perlu di ekspose, mulai wisata alam, religi, sejarah, kuliner dan masih banyak lainnya, salah satunya Pantai Angsana di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pantai ini merupakan sebuah Tempat Wisata yang tergolong baru yang mulai dikembangkan secara intens oleh pemerintah setempat dan kini makin ramai dikunjungi wisatawan lokal berdatangan. Pantai Angsana memiliki keindahan alam yang sangat indah terutama dibawah lautnya yang cukup baik untuk snorkling maupun diving, dan pantai ini disebut sebagai Bunakennya Tanah Bumbu.

Air Terjun Bajuin

Air Terjun ini terletak di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Pelaihari berjarak sekitar 10 km dari Ibu Kota Kabupaten Tanah Laut dan sekitar 75 km dari Banjarmasin. Air Terjun Bajuin memiliki panorama pegunungan yang indah, eksotik, dan udaranya pun masih sangat sejuk karena banyaknya pepohonan. Di kawasan Tempat Wisata ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda, dikarenakan alamnya yang masih asri dan alami. Juga ada beberapa jenis burung, tanaman anggrek hutan, serta bunga bangkai.

Air Panas Hantakan

Obyek Wisata Air Panas ini jaraknya 14 km dari kota Barabai Hulu Sungai Tengah. Selain sumber air panas juga beberapa kolam air panas yang dipergunakan untuk mandi dan berendam. Selain berekreasi, air yang memancar dari sumur yang berlokasi di Desa Hantakan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, bisa dimanfaatkan untuk terapi penyakit. Tempat Wisata yang mempunyai luas kurang lebih satu hektar ini di kelola oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Ada tiga kolam pemandian air panas dan kolam anak-anak.

Bukit Rimpi

Bukit Rimpi atau dinamakan Bukit Teletubbies merupakan destinasi yang sangat digemari anak muda. Sebagian orang mungkin masih awam mendengar nama Bukit Rimpi sebagai tempat tujuan wisata karena memang masih belum terlalu terkenal. Bukit yang indah ini di Desa Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, merupakan sebuah perbukitan yang ditumbuhi oleh padang savana hijau dihiasi hamparan rumput dengan pemandangannya yang sangat elok.

32 event pariwisata

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara ke Kalsel, mencatat ada 32 event pariwisata sepanjang 2020. Dua di antara event tersebut masuk dalam Calender of Event Nasional yaitu Festival Triloksado (Festival Loksado) dan Festival Dayak Meratus. Peluncuran Calender of Event (CoE) dan Visit Kalsel 2020 mengangkat tema “The Legend of Borneo”.

Event ini merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan serta memperkenalkan potensi seni dan budaya Kalsel yang unik dan eksotik. Beberapa kegiatan-kegiatan dan festival-festival yang dilaksanakan, pertunjukan-pertunjukan yang bisa mengundang para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Untuk memeriahkan pelaksanaan Visit Kalsel Tahun 2020 dan dipersiapkan 5 festival tingkat nasional dan internasional antara lain: Festival Bambu Rafting, Festival Pasar Wadai, Festival Kemilau Banjamnasin, Internasional Folks Festival dan Festival/Internasional Event.

Semenetara 32 event pariwisata unggulan Kalsel yang digelar senjang 2020 terbagai dalam 2 periode yakni Januari hingga Juni 2020dan periode Juli hingga Desember 2020. Periode pertama akan digelar sebanyak 13 event antara lain Festival Karya Tari Serumpun Melayu Pesisir yang akan berlangsung di Kabupten Barito Kuala (10-14 Januari 2020) serta X-Treme Kiram yang berlangsung di Kabupaten Banjar pada 6 Mei 2020.

Pedagang pasar terapung Siring Piere Tandean melakukan atraksi Jukung (perahu) di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (6/2/2019). Sebanyak 80 pedagang melakukan atraksi jukung untuk menarik potensi wisata pasar terapung kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Sementara itu pada periode kedua digelar 19 event di antaranya Aruh Adat Suku Dayak di Kabupaten Tapin (Juli-Agustus 2020), Festival Loksado (Agustus 2020) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Borneo Orchid Show di Kabupaten Tanah Laut pada Desember 2020. Tertarik? (ndy/Kompas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.