Bentuk “Vaccine Logistics Alliance”, Percepat Distribusi Vaksin

0
15
dwiBW-vaccine- alliance-COVID-19- dunia
Aliansi pengelolaan distribusi vaksin COVID-19 untuk dunia

DUBAI, bisniswisata.co.id: Di bawah arahan Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Emir Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, meluncurkan Vaccine Logistics Alliance untuk mempercepat distribusi vaksin COVID-19 ke seluruh dunia melalui UEA. Sebagai dukungan atas inisiatif COVAX, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam upaya mendistribusikan dua miliar dosis vaksin COVID-19 secara merata pada tahun 2021.

Dubai Vaccines Logistics Alliance menggabungkan keahlian dan jangkauan global maskapai Emirates, jaringan pelabuhan, jaringan operasi logistik DP World di seluruh dunia, infrastruktur bandara Dubai dan International Humanitarian City (IHC) untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh dunia. Distribusi utama, berfokus pada pasar negara berkembang di mana populasinya sangat terpukul dampak pandemi COVID-19 dan transportasi serta logistik farmasi menjadi tantangan

Aliansi ini bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan seperti produsen farmasi, ekspeditor, badan pemerintah, dan entitas pengangkutan vaksin lainnya. Dubai Vaccine Logistics Alliance menyatukan organisasi-organisasi kunci guna mempercepat distribusi vaksin yang sangat dibutuhkan keseluruh dunia.

UEA memimpin dunia dalam peluncuran vaksin, dan sejalan dengan visi Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum untuk memfasilitasi solusi global bagi kesejahteraan masyarakat, Sheikh Ahmed menambahkan: “Setiap mitra aliansi membawa kekuatan dan kapabilitas masing-masing dan saling melengkapi dalam distribusi vaksin. Memungkinkan kami, membangun solusi 360 derajat dengan memanfaatkan keunggulan logistik dan infrastruktur dan Dubai sebagai hub. Bersama, kami dapat menyimpan sejumlah besar dosis vaksin pada satu waktu dan mengangkut serta mendistribusikan vaksin ke titik mana pun di seluruh dunia dalam waktu 48 jam.”

International Humanitarian City, — pusat logistik kemanusiaan terbesar di dunia yang berbasis di Dubai—, menjadi mitra penting dalam Dubai Vaccine Logistics Alliance dengan keahlian dalam logistik dan bahan bantuan kemanusiaan seperti makanan dan obat-obatan ke negara-negara dengan infrastruktur terbatas. IHC dan Emirates Sky Cargo telah bermitra sebelumnya dalam banyak penerbangan kargo kemanusiaan, dan pada awal tahun 2020, keduanya menandatangani perjanjian kerja sama yang lebih erat untuk penerbangan bantuan kemanusiaan.

80% Distribusi Bantuan Medis

Menurut Ketua Komite Tertinggi Pengawasan IHC, Mohammed Ibrahim Al Shaibani, sejak krisis global pandemi dimulai, IHC telah memfasilitasi lebih dari 80% distribusi bantuan medis WHO dalam perang melawan COVID-19.

“Dubai akan memastikan perjuangan ini berlanjut dengan Vaccine Logistics Alliance pada pengiriman vaksin dan perangkat medis yang sangat dibutuhkan komunitas paling rentan di seluruh dunia. Kita semua bertanggung jawab, melakukan yang terbaik sebagai upaya mengakhiri pandemi ini,” ungkapnya lebih lanjut.

DP World, bergabung dalam inisiatif Dubai dalam hal mengangkut, menyimpan, dan mendistribusikan vaksin COVID-19. Memfasilitasi pengumpulan vaksin dari lokasi manufaktur di negara-negara seperti Eropa, AS dan India, mengirimkannya ke bandara, pelabuhan laut, dan pelabuhan darat untuk proses transportasi selanjutnya. Jaringan pergudangan dan distribusi global DP World yang memenuhi ketentuan standar GDP digunakan saat menyimpan vaksin yang distribusinya sensitif terhadap waktu dan suhu ke rumah sakit, klinik layanan COVID-19.

DP World, menerapkan teknologi lacak dan jejak seperti Cargoes Flow untuk memberikan informasi waktu tentang lokasi pengiriman serta kontrol dan pemantauan suhu secara terus-menerus. Pelabuhan dan terminal DP World, termasuk Jebel Ali di Dubai — merupakan salah satu terminal terbesar di dunia–, dimanfaatkan dalam proses mengirim, menyimpan, dan mendistribusikan perangkat medis seperti jarum suntik dan tisu.

Menurut Sultan Ahmed bin Sulayem, Group Chairman dan CEO DP World, “Kita akan mengalahkan virus ini jika kita dapat mendistribusikan vaksin kemana-mana. Dengan posisi Dubai sebagai pusat global, kami memiliki tanggung jawab, menggabungkan infrastruktur dan kemampuan kami untuk mencapai tujuan bersama ini. Memastikan negara-negara menerima pasokan penting yang mereka butuhkan. Kami bangga, dapat memaksimalkan penggunaan pelabuhan, terminal, dan operasi logistik cerdas kami dalam memerangi pandemi dengan  mendistribusikan vaksin dan perangkat medis.”

Sky Cargo

Emirates Sky Cargo adalah pemimpin global dalam transportasi udara untuk obat-obatan yang sensitif terhadap suhu, termasuk vaksin. Emirates Sky Cargo memiliki lebih dari dua dekade pengalaman dalam mengangkut obat-obatan ke seluruh dunia dan telah mengembangkan infrastruktur dan kemampuan yang luas untuk pengangkutan obat-obatan yang sensitif terhadap suhu secara aman dan cepat.

Dengan armada pesawat berbadan lebar, menjangkau lebih dari 135 kota di enam benua termasuk hub farmasi utama. Memiliki lebih dari 15,000-meter persegi ruang rantai dingin untuk obat-obatan di seluruh terminalnya di Dubai. Emirates Sky Cargo telah mendistribusikan vaksin dalam penerbangannya selama bulan Desember 2020.

Bandara Dubai, operator Dubai International (DXB) dan Dubai World Central (DWC), juga  berkontribusi pada upaya Dubai Vaccine Logistics Alliance dengan menyediakan ruang tambahan di fasilitas khusus di Dubai International (DXB). Fasilitas kargo yang diubah fungsinya menjadi tempat penyimpanan vaksin COVID-19. Bekerja sama dengan Emirates Sky Cargo dan Otoritas Kesehatan Dubai, pengelola bandara Dubai memastikan bahwa kapasitas tambahan untuk penyimpanan vaksin memenuhi semua pedoman peraturan ketat untuk transportasi vaksin COVID-19, dan proses terkait yang disederhanakan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.