Arab Saudi Rencana Keluarkan Visa bagi Turis Asing

0
182
Wisata Gua Hira dipadati wisatawan (Foto: Repro Google)

RIYADH, bisniswisata.co.id: Pemerintah Arab Saudi rencana mengeluarkan visa turis bagi wisatawan asing. Visa ini sebagai bagian kerajaan untuk menjadi destinasi wisata dunia dengan menggaet pelancong yang lebih banyak. Kategori visa baru tersebut baru diumumkan pada pekan lalu oleh jajaran kabinet pemerintah Saudi.

Visa turis akan memungkinkan para pelancong dari negara lain untuk memilih berbagai rekreasi termasuk olahraga, hiburan, dan bisnis. “Kedutaan besar dan konsulat bisa mengeluarkan visa dalam waktu 24 jam setelah menerima permintaan,” demikian pernyataan Kabinet Saudi, seperti yang dilaporkan Arab News, Sabtu (2/3/2019).

Meski demikian, belum diketahui kapan visa turis tersebut dapat tersedia bagi wisatawan asing. Juga negara mana saja yang akan diberikan visa turis.

Tak bisa dipungkiri, Arab Saudi menginvestasikan miliaran dollar AS di olahraga, hiburan dan membuka pariwisata untuk meragamkan perekonomiannya, yang selama ini didominasi oleh minyak. Kerajaan Saudi berharap dapat meningkatkan jumlah kedatangan turis asing sambil mendorong pariwisara lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja setempat.

Berbagai hiburan seperti Formula E, gulat WWE, dan pertandingan tinju telah ditambahkan dalam kalendar wisata tahunan di negara Timur Tengah itu. Ketua Otoritas Hiburan Umum Turki Al-Sheikh mengatakan, awal tahun investasi infrastruktur untuk dekade selanjutnya akan mencapai 64 juta dollar AS atau sekitar Rp 904,3 triliun.

Sekitar 18 miliar riyal atau Rp 64,8 triliun akan digelontorkan untuk perekonomian negara dan mendorong tersedianya 224.000 lapangan kerja baru hingga 2030, sesuai dengan program Vision 2030. “Saya berharap perusahaan nasional, perbankan, pengusaha, seniman dan semua sektor saling bergandengan tangan,” katanya pada Januari lalu.

“Ada banyak kesempatan emas. Ini adalah pintu besar bagi ribuan lapangan kerja dan puluhan miliar riyal,” sambungnya sambil menambahkan kerajaan mengincar posisi 10 besar tujuan destinasi hiburan dunia dan 4 besar di Asia.

Tercatat ada 25 tempat wisata di Arab Saudi terdiri 6 wisata religi masjid kuno yang dimodernisasi, 10 wisata alam bersejarah (peninggalan), 3 objek wisata modern, 3 pasar tradisional untuk wisata belanja, 2 pantai wisata dan 1 museum nasional.

Wisata masjid antara lain Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjid Quba, Masjid Jawatha, Masjid Al Qiblatain dan Masjid Al-Rahmah. Sedangkan wisata alam bersejarah: Gunung Uhud, Jabal Al-Lawz, Gua Hira, Padang Arafah, Tayma, Madain Saleh atau al-Hijr, Jannat Al Baqi’, Najd, Dumat Al-Jandal, Jabal Magnet, Air Mancur King Fahd’s, Menara Jeddah, Curniche Jeddah.

Sedangkan wisata belanja yang ada di Arab Saudi antara lain: Pasar Zakfariah, Pasar Kurma Madinah dan Pasar Bab Mekkah. Sementara wisata bahari yakni Pantai Thuwal dan Pantai Silver Sands. Juga ada Museum Nasional Saudi. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.