26 Juli – 3 Agustus 2019, Festival Cisadane 2019

0
15
Lomba Perahu naga atau Peh Cun mewarnai Festival Cisadane (Foto: Repro Google)

TANGERANG, bisniswisata co.id: Sungai Cisadane di Banten memang sudah dikenal. Ditambah lagi ada Festival Cisadane 2019, sehingga makin terkenal. Festival yang diselenggarakan sejak 1995 ini, kini kembali digelar. Rencananya festival tahunan ini dibuka Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang pada 26 Juli sampai 3 Agustus 2019.

Tahun ini festival Cisadane sangat berbeda-beda bahkan lebih semarak dan meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, diwarnai pertandingan tinju, tarung drajat atau tarung bebas dan silat. Juga, Pengunjung Festival Cisadane dihibur penampilan band Nidji dan Kotak. Bahkan kegiatan ini mengundang peserta dari 5 negara.

Malam pembukaan Festival Cisadane diadakan di atas panggung terapung lengap dengan hiburan perahu naga, fly board, dan jetski, serta beragam kesenian tradisional lainnya. Pertandingan festival silat diikuti sekitar 18 perguruan pencak silat. Sementara turnamen tinju pada Festival Cisadane diikuti puluhan petinju seluruh Provinsi Banten.

Dengan acara yang diperbarui ini, diharapkan masyarakat mendapatkan hiburan dari adanya turnamen tinju ini sekaligus menjadi ajang untuk mencari bibit muda potensial kedepannya.

Selain itu, Festival Cisadane 2019 diisi rangkaian acara di antaranya lomba perahu naga, lomba perahu hias, pagelaran budaya daerah, pameran pembangunan dan gelar karya UKM, serta tampilan hiburan yang rencananya akan dimeriahkan oleh Band Nidji dan Kotak.

Festival Cisadane merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang masuk kedalam 7 wonders Banten dimana beragam kreatifitas masyarakatnya sehingga mampu menyedot perhatian wisatawan. Sehingga festival ini, merupakan kesempatan bagi wisatawan untuk mengunjungi destinasi lainnya yang berda di sekitar Cisadane umumnya destinasi wisata yang dimiliki oleh Kota Tangerang.

Potensi yang dimiliki Sungai Cisadane sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata internasional. Dengan sedikit penataan dan pengelolaan yang baik, lokasi sungai bisa menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai informasi, Festival Cisadane yang telah berlangsung tahunan ini merupakan warisan budaya sekaligus pesta rakyat Kota Tangerang. Festival Cisadane merupakan istilah pemerintah kota untuk menyebut perayaan Peh Cun yang diadakan setiap tanggal 5 bulan 5 kalender Cina. Dalam kalender masehi, Peh Cun jatuh setiap bulan Juni, secara harfiah Peh Cun berarti mendayung perahu. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here