Yuk Coba, Minuman Khas Bumi Cendrawasih

0
11
Minuman Sunset Papua (Foto: travelingyuk.com)

PAPUA, bisniswisata.co.id: Berwisata ke Papua bukan hanya melihat pemandangan alam yang indah, laut yang cantik, budaya yang menarik, namun juga kuliner yang lain daripada lainnya. Kuliner makanan yang bisa dicoba. Misalnya saja sate ulat sagu, ikan bakar manokwari, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak berhenti di makanan, minuman khas Papua juga perlu dieksplorasi.

Minuman yang khas dengan taste menyegarkan bahkan menyehatkan. Apalagi dlam suasana panas, menikmati minuman khas akan mendamaikan dan mendinginkan suasana. Ada beragam kuliner minuman khas Bumi Cendrawasih yang nikmat dan menggugah selera. Apalagi minuman khas Papua tak hanya disukai warga lokal atau masyarat asli Papua tetapi juga disukai oleh para pendatang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dilansir dari laman Fimela, Sabtu (31/08/2019) berikut lima minuman khas Papua yang segar dan sehat.

#. Sunset Papua
Minuman ini kombinasi terbuat dari jus jeruk dan jus wortel. Perpaduan dua warna dari jus jeruk dan wortel membuat minuman khas Papua ini terlihat seperti matahari terbenam atau sunset. Itu yang menjadikan minuman ini dinamakan Sunset Papua. Untuk mempercantik tampilannya, sunset Papua juga biasa disajikan bersama biji selasih. Buat yang suka manis bisa diberi gula untuk membuat rasanya makin mantap. Rasanya yang istimewa kian segar dengan bongkahan batu es.

#. Es Matoa
Minuman selanjutnya ada es matoa. Seperti namanya, matoa adalah buah khas Papua yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Es matoa biasanya disajikan bersama kolang-kaling, irisan jelly dan buah-buahan. Rasa es matoa biasanya manis menyegarkan. Teh ini terbuat dari sarang semut. Meski sedikit unik, teh ini punya cita rasa khas yang enak. Teh ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi darah tinggi, melancarkan haid dan mengatasi migrain. Tak hanya diolah sebagai teh, sarang semut di Papua juga diolah menjadi bahan pembuatan kue tradisional Papua.

#. Es Kelapa Muda Asam Manis
Minuman ini hampir sama dengan es kelapa muda pada umumnya. Yang membedakan, es kelapa muda ini disajikan bersama perasan air jeruk lemon sehingga menghasilkan rasa yang cenderung asam dan manis segar.

#. Swansrai
Minuman ini terbuat dari fermentasi air kelapa yang diambil dari buah kelapa berusia tua. Minuman ini mengandung sekitar 30 persen alkohol. Jadi, kalau Anda berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk mencoba minuman dan makanan khas Papua yang segar. Umumnya swansrai disuguhkan untuk tamu. Ini merupakan minuman yang biasanya disuguhkan menggunaan batok kelapa. Tidak main-main, untuk membuat minuman ini akan dilakukan fermentasi terhadap air kelapa pada pohon yang sangat tua kemudian diambil airnya. Diingatkan, buat kamu yang tak bisa mengonsumsi minuman memabukkan, hati-hati saat mengonsumsinya.

#. Sari Sarang Semut
Satu lagi minuman dari Papua perlu dicoba, namanya sari sarang semut. Ini sebenarnya obat herbal yang banyak dijadikan minuman. Selain membuat dahaga hilang, minuman ini digadang-gadang memberikan banyak manfaat kesehatan. Karena di dalam sarang semut terdapat banyak sekali nutrisi mulai dari polifenol, flavonoid, tanin, dan lain-lain yang bagus untuk menunjang kesehatan. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.