Via Instagram, Presiden Jokowi Promosikan Obyek Wisata Mandeh

0
152
Pulau Sutan, di kawasan wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat p (Foto: KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Demi memajukan pariwisata sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara, Presiden Joko Widodo tak pernah lelah mempromosikan keindahan pariwisata Indonesia. Kini melalui instagram miliknya, kepala negara mengunggah kawasan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar).

Dalam unggahan berdurasi 35 detik itu, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo menyebutkan pesona gugus Kepulauan Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatra Barat. “Pulau-pulaunya cantik, hijau dan alami. Airnya jernih yang asyik untuk menyelam,” tulis Jokowi sebagai keterangan unggahan tersebut.

Jokowi juga menuliskan sebagian jalan ke kawasan wisata itu telah dibangun pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pembangunan akses jalan di kawasan wisata ini memang sudah selesai sepanjang 41 kilometer. Dengan jalan baru ini, waktu tempuh Padang-Mandeh yang biasanya mencapai dua jam dipersingkat menjadi satu jam.

Jalan beraspal mulus ini pun telah dijadikan lintasan para pelari dalam event Mandeh Run 2019, Maret 2019. Video yang diposting Jokowi itu juga memperlihatkan jalanan berliku yang mulus melewati gugusan perbukitan dengan pemandangan bentangan laut. “Ayo ke Mandeh,” ajak Presiden Jokowi dengan tersenyum.

Kawasan mandeh dengan keragaman terumbu karang dan biota laut lainnya, sering diidentikkan dengan Raja Ampat. Tercatat ada banyak objek Wisata menghiasi kawasan wisata bahari Mandeh. Sayangnya, belum diexpose bahkan masih ada yang perawan karena masih belum banyak dijamah orang.

Namun ada lima destinasi wisata bahari di Kawasan Mandeh yang ngehits. Di kawasan ini, para pengunjung dapat menikmati udara bersih, laut biru, angin pantai semilir, rindangnya pohon kelapa sehingga menimbulkan efek relaksasi. Didaerah ini juga surganya para penyelam, Antara lain:

#. Puncak Nona

Puncak nona atau sering disebut juga puncak kawasan mandeh, sebelum anda sampai ke dermaga carocok tarusan anda bisa berselfie di daerah ini juga untuk cuci mata dengan keindahan kawasan mandeh dari ketinggian, pemandangan kawasan mandeh ini sangatlah indah hingga orang menyebutnya dengan raja ampatnya sumatera barat.

#. Pulau Sironjong Gadang

Para wisatawan akan berangkat dari dermaga carocok untuk mengunjungi pulau seronjang gadang yang merupakan tujuan pertama. Sironjang gadang adalah pulau yang indah dan masih sangat alami disini anda bisa melakukan snorkling atau pun berenang.

#. Pulau Sironjong ketek

Pulau batu cadas yakni pulau sironjang ketek, anda di sini bisa melakukan cliff jumping(terjun bebas dari ketinggian ke air laut) dan juga melakukan snorkling.

#. Desa Kapo Kapo dan Hutan Mangrove

Wisatawan melihat hutan mangrove yang cantik sambil melakukan makan siang tentunya itu sangat menyenangkan.

#. Pulau Sutan

Pulau yang sangat indah dan memiliki pasir yang putih serta lembut disini anda bisa melakukan waterspot yakni seperti banana boat, donat boat, kupu kupu atau jet ski. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.