Terbang ke Israel, Philippine Airlines Minta Izin Melintasi Saudi

0
133
Philippine Airlines (Foto: Coconuts)

MANILA, bisniswisata.co.id: Pemerintah Filipina sedang meminta izin agar maskapai penerbangannya bisa melintasi ruang udara Arab Saudi dalam penerbangan menuju ke Israel. Jika izin melintas ini diberikan, enam bulan Philippine Airlines akan meluncurkan penerbangan langsung dari Manila menuju ke Tel Aviv.

“Badan penerbangan sipil menyurati pemerintah Arab Saudi terkait izin melintas ini. Surat sudah dikirim pada Oktober lalu,” kata Presiden Philippines Airlines, Jaime Bautista seperti diunduh Channel News Asia, Kamis (3/1/2019).

Pada Maret tahun lalu, pemerintah Arab Saudi untuk pertama kali membuka ruang udaranya untuk penerbangan komersial Air India dari New Delhe menuju Tel Aviv. Izin yang diberikan kepada Air India itu sekaligus mengakhiri larangan yang diberlakukan selama 70 tahun terakhir.

Namun, sejauh ini belum terdapat indikasi pemerintah Arab Saudi mengizinkan maskapai penerbangan Israel melintasi ruang udaranya. Sehingga, maskapai penerbangan Israel El Al harus terbang memutari wilayah udara Arab Saudi.

Kondisi ini membuat Israel meminta Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) melobi Saudi agar memberikan izin melintas. Penerbangan langsung Manila-Tel Aviv akan amat menguntungkan ribuan warga Filipina yang bekerja di Israel.

Penerbangan langsung ini juga akan menguntungkan dunia wisata. Pada 2017, jumlah wisatawan Filipina yang berkunjung ke Israel meningkat 61 persen. Tahun 2016, jumlah wisawatawan Israel yang datang ke Filipina meningkat 42 persen. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.