Taman Pintar Science Corner Lengkapi Fasilitas Yogyakarta International Airport (YIA)

0
11

Pojok Science Corner Taman Pintar, Bandara YAI ( Foto: Taman Pintar Yogyakarta)

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Dibukanya kembali akses transportasi memungkinkan masyarakat untuk saling berkunjung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi. Bandara, terminal, dan stasiun kereta api mulai ramai penumpang.

Taman Pintar bekerjasama dengan PT Angkasa Pura 1-Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang berlokasi di Kulonprogo memberikan layanan edukasi kepada para tamu bandara melalui Science Corner Taman Pintar.

Science Corner Taman Pintar merupakan sebuah pojok sains yang menyajikan beragam alat peraga interaktif dan e-library untuk mengisi waktu tunggu pesawat dengan aktivitas yang mengedukasi.

Science Corner diresmikan oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, pada Senin, 10 Agustus 2020 dengan dihadiri Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana, kata Afia Rosdiana, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Yogyakarta, hari ini.

Secara umum terdapat 4 zona yaitu Zona Penyambutan, Zona Baca, Zona Bermain dan Zona Sains. Zona Penyambutan terdiri dari alat peraga Magic Floor, LCD TV yang berisi info tentang Taman Pintar, spot foto, dan QR scan.

Zona Baca terdiri dari 4 unit komputer dengan e-library (berisi e-book, Ensiklopedi Taman Pintar (Ensiklotepi), Video, Film Pengetahuan, dan masih banyak lagi), buku bacaan fisik, sarana meja kursi untuk membaca.

Zona Bermain terdiri dari bermacam alat permainan motorik kasar untuk anak usia dibawah 8 tahun. Zona Sains terdiri dari alat peraga Harpa Tanpa Dawai, Uji Konsentrasi, dan Cincin Loncat lengkap dengan informasi keilmuannya. 

Masyarakat dapat mengakses layanan ini secara gratis di YIA. Taman Pintar dan PT Angkasa Pura 1 berharap layanan ini mampu memberikan edukasi secara tepat kepada masyarakat selama menunggu jadwal pesawat dan memberikan kesan Yogyakarta sebagai kota pendidikan yang mencerdaskan dan menyenangkan.

Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau dikenal dengan nama Yogyakarta International Airport ( YAI)  terletak di distrik Temon Kabupaten Kulon Progo, yang melayani Daerah Istimewa Yogyakarta yang dioperasikan oleh Angkasa Pura I.

Keberadaannya menggantikan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yang mulai beroperasi pada 6 Mei 2019 dengan kedatangan pertama, penerbangan Citilink dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta.

Bandara mulai beroperasi penuh pada 29 Maret 2020 dengan semua penerbangan terjadwal kecuali turboprop dan penerbangan non-komersial lainnya) dipindahkan dari bandara lama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.