Streetwear untuk Perempuan Jadi Tren Mode 2020

0
50
Streetwear fashion untuk perempuan akan mengemuka pada 2020 (Foto: wordpress.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sejumlah pakar mode memprediksi streetwear fashion untuk perempuan akan mengemuka pada 2020. Hal itu ditandai dengan semakin bertambahnya jenama yang menghadirkan mode tersebut untuk kaum hawa.

Wei Lin, salah satu pendiri lini busana PH5 mengatakan, selama ini mode streetwear cenderung menyasar konsumen pria. Kategori fashion itu biasanya menghadirkan sneakers, juga pakaian serba hip-hop.

Jenama yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) itu hendak menjangkau penyuka fashion streetwear dari kalangan perempuan. Karenanya, PH5 menggagas kolaborasi dengan Kith, ikon streetwear populer di AS.

“Selain merek streetwear khusus perempuan, merek busana perempuan juga memasukkan fitur khas streetwear ke dalam koleksinya. Menurut saya ini akan terus berkembang,” kata Lin, dikutip dari laman Glossy.

Direktur kreatif PH5, Mijia Zhang, mengatakan streetwear semula lahir dari gaya hidup pria. Tidak heran apabila jenis busana itu lebih dominan untuk lelaki. Meski begitu, batasan gender dalam busana semakin samar.

Jenama besar seperti Gucci dan Saint Laurent termasuk yang menggagas busana bersifat netral gender atau unisex. Industri mode mencatat lebih jauh percampuran antara busana untuk laki-laki dan perempuan tersebut.

“Dalam beberapa tahun terakhir, batas gender dalam mode telah berbaur secara drastis. Hal tersebut berpotensi mengarah pada kehadiran lebih banyak streetwear untuk perempuan,” ungkap Zhang.

Jeny Tjahyawati dari Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) mengakui tren mode tahun 2020 akan booming seperti streetwear, jaket oversized, blazer oversized masih akan booming dan konsepnya streetwear. Item outer juga cenderung versatile alias serbaguna. Selain mudah dipadupadankan, item tersebut juga tidak hanya untuk perempuan berkerudung. “Jadi outer-nya yang bisa dibuka untuk yang enggak berhijab juga bisa pakai,” lontar Jeny.

Diprediksi busana-busana dengan potongan longgar yang tidak menonjolkan lekuk tubuh masih akan banyak diminati untuk modest wear tahun depan. Sementara, item busananya akan mengarah pada streetwear, di mana item seperti oversized outer menjadi item kunci banyak orang.

Selain itu, lanjut dia, Tren mode dunia saat ini memang masih mengacu pada tren Fall/Winter. Namun, sejumlah pergelaran busana dan pekan mode sudah mulai mengeluarkan koleksi busana Spring/Summer 2020 sebagai acuan tren tahun depan. Tak terkecuali di bidang modest fashion. Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2019, misalnya.

Koleksi para desainer yang ditampilkan mengacu pada tren tersebut, yang dipadukan dengan kekayaan pulau-pulau di Indonesia. Lalu, seperti apa prediksi tren modest fashion di tahun mendatang? “Spring/Summer warna pastel yang diangkat. Untuk summer-nya ada warna kuat seperti warna dasar laut.” jawabnya. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.