September – 27 Oktober 2019, Wonderful Indonesia Culiary & Shopping Festival 2019

0
68
Pembukaan Wonderful Indonesia Culiary & Shopping Festival 2019

JAKARTA, bisniswisata.co.id: PERKEMBANGAN industri kuliner dan belanja di Indonesia mengalami grafik peningkatan yang menggembirakab. Hal ini tak lepas dari peranan sosial media yang terus menerus menyajikan berbagai konten seputar kuliner dan belanja. Karena itu, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) berinisiatif mengambil peranan dalam memfasilitasi kebutuhan wsisata kuliner dan belanja dengan kembali menggelar Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF).

WICSF 2019 menyiapkan berbagai program kuliner dan belanja menarik, seperti Lesehan Malam, Kuliner Kampung Halaman, Kelas Membatik, Gebyar Batik Muda Nusantara hingga music performance yang pastinya dikemas secara apik dan modern sehingga cocok untuk dinikmati oleh segala rentang usia.

Menginjak tahun ke-4, WICSF yang menjadi Calendar of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya mulai dari tanggal 27 September yang sekaligus merayakan Hari Pariwisata Dunia. Tahun ini, WICSF 2019 kembali diselenggarakan selama sebulan penuh mulai dari 27 September hingga 27 Oktober 2019 dan digelar serentak di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Dikenal sebagai surganya wisata kuliner, WICSF 2019 mengangkat berbagai jajanan pasar hingga jajanan kekinian yang tak diragukan lagi kelezatannya, seperti Nasi Gudeg, Nasi Pedas Bali hingga Roti Srikaya khas Pontianak. Kehadiran ragam kuliner Indonesia tak lepas dari tujuan untuk meningkatkan dan mengangkat jajanan tradisional Indonesia khususnya yang dikelola oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sehingga kedepannya sajian kuliner nusantara dapat semakin dikenal di kancah internasional dan mampu meningkatkan omzet dan transaksi UMKM.

Selain itu, kehadiran berbagai sajian nusantara di berbagai pusat perbelanjaan juga tentunya memudahkan pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin mencicipi ragam sajian khas dari berbagai daerah di Indonesia. Juga memanjakan pengunjung dengan berbagai sajian kuliner nusantara, tentunya WICSF 2019 juga akan dilengkapi dengan ragam program belanja dan diskon menarik yang dapat dijumpai di berbagai store di pusat perbelanjaan Indonesia.

Menariknya, WICSF 2019 akan diselenggarakan bersamaan dengan perayaan 10 tahun penetapan Batik Indonesia secara resmi oleh UNESCO dan masuk ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada tahun 2009 lalu. UNESCO memasukkan Batik Indonesia ke dalam Daftar

Representatif karena telah memenuhi kriteria, antara lain kaya dengan simbol-simbol dan filosofi kehidupan rakyat Indonesia, serta memberi kontribusi bagi terpeliharanya warisan budaya tak-benda pada saat ini dan di masa mendatang. Ditambah lagi, sebagai salah satu warisan budaya bangsa, batik telah bertransformasi ke dalam berbagai kreasi modern.

Keindahan batik yang tak lekang oleh waktu dan dapat dikenakan di berbagai kesempatan baik formal maupun casual tentunya membuat Batik diminati oleh berbagai kalangan. Selain itu, hampir seluruh kota di Indonesia memiliki motif batik khas daerahnya sendiri, seperti Batik Pekalongan, Batik Jepara, Batik Solo, Batik Tasik dan lain sebagainya.

Selain motifnya yang berbeda, cara pembuatannya juga beraneka ragam mulai dari Batik Tulis, Batik Cap hingga Batik print. Ketiganya tentunya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing.

Dan untuk memeriahkan perayaan 10 tahun penetapan Batik Indonesia oleh UNESCO, WICSF 2019 menyiapkan berbagai pameran Batik yang tersebar di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia, seperti Gebyar Batik Muda Nusantara, Pesona Batik Wastra Nusantara, Indonesia Culture Exhibition dengan diskon menarik. Sebagai tambahannya, terdapat juga kelas membatik oleh Rumah Batik Palbatu guna meningkatkan antusiasme masyarakat dan mendorong pertumbuhan Batik di pasar global.

Kehadiran berbagai pengrajin batik dan keterlibatan UMKM di WICSF 2019 ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kehidupan pengrajin Batik daerah serta membuka lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia. Tentunya hal ini juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanagara untuk datang dan merasakan pengalaman terbaiknya berbelanja berbagai produk lokal Indonesia di WICSF 2019.

Inovasi dan ragam konten yang terus berkembang inilah yang menjadikan WICSF sebagai acara yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat. Setiap tahunnya, terdapat berbagai konten menarik yang terus berusaha disajikan oleh pusat perbelanjaan. Sehingga kedepannya, selain dikenal dengan pemandangan wisata yang indah, Indonesia juga dapat dikenal sebagai surga belanja dan wisata kuliner. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.