Selain Amsterdam, Belanda Tawarkan Kawasan Wisata Keren

0
109
Kinderdijk, Desa Kincir Angin

AMSTERDAM, bisniswisata.co.id: Siapa tak kenal dengan negeri Belanda. Negara berbentuk pemerintahan monarki konstitusional ini memiliki destinasi wisata beragam yang menarik. Bahkan mengantongi keunikan tersendiri. Selain keindahan tata kotanya, juga menawarkan agrowisata yang kaya aneka bunga. Juga pegunungan, bukit pasir, dan sungai-sungai indah yang menghiasi dan menambah keindahan negeri Kincir Angin.

Selain itu, aktifitas berwisata di Negara Merah Putih Biru, bukan cuma berfoto di atas kanal, di ladang Bunga Tulip, di depan kincir angin, atau di depan parkiran sepeda. Inilah sejumlah kawasan yang juga menarik untuk dikunjungi, dan kini Belanda aktif menawarkan destinasi wisata keren kepada wisatawan asing, seperti yang dikutip dari Culture Trip. Selasa (12/11/2019), antara lain:

De Pijp

De Pijp merupakan kawasan hunian kelas pekerja. Rumah-rumah sederhana banyak terlihat di sini. Kawasan ini memiliki banyak pasar tradisional yang menjual barang murah meriah, salah satunya Albert Cuyp Markt. Selain itu di sini juga ada banyak kafe, bar, dan restoran kekinian dengan harga lebih terjangkau dibandingkan Amsterdam.

De Wallen (Red-Light District)

Banyak yang mengira De Wallen hanya menawarkan wisata malam. Namun sebenarnya kawasan ini merupakan “kota tua” yang telah dibangun sejak 600 tahun yang lalu. Ada banyak bangunan bersejarah di sini, salah satunya De Oude Kerk merupakan gedung tertua di Amsterdam. Jangan lupa juga berkunjung ke bar dan penyulingan bir Brouwerij de Prael serta area permainan klasik TonTon Club Centrum.

Nieuwmarkt en Lastage

Kawasan industri ini menjadi hunian banyak bangunan modern, mulai dari pemukiman ramah lingkungan sampai pencakar langit yang futuristik. Turis yang menggemari arsitektur wajib mampir ke sini, terutama ke NEMO Science Museum. Kawasan ini juga masih menyimpan sisi klasiknya, seperti Rembrandt House Museum, gereja Protestan pertama di Amsterm Zuiderkerk, dan sejumlah tempat suci umat Yahudi. Pasar antik Waterloopleinmarkt dan pusat kuliner Nieuwmarkt menjadi dua lokasi yang selalu ramai dengan turis.

Buiksloterham (Amsterdam-Noord)

Kawasan pesisir Amsterdam ini telah berkembang menjadi pusat budaya dan urban. Pembangunan dua gedung menakjubkan, EYE Film Insititute dan A’DAM Toren, memulai perkembangan tersebut. Tak hanya kawasan kuliner dan museum. Kota ini juga dipenuhi oleh galeri seni dan kelab malam, salah satunya yang ada di area NDSM Wharf.

Westerpark

Kawasan ini merupakan kawasan terhijau di Amsterdam. Selain berkunjung ke taman yang luas serta komplek arsitektur yang klasik, turs juga bisa mengunjungi kawasan hiburan malam De Marktkantine.

Oud-West dan Oud-Zuid

Oud-West menjadi kawasan kuliner yang pas didatangi bagi turis penggemar makan dan minum. Sementara itu Oud-Zuid merupakan kawasan yang dipenuhi banyak museum, mulai dari Van Gogh Museum sampai Moco Museum, museum yang menyimpan karya Salvador Dali sampai Banksy.

Desa Kinderdijk

Desa erkenal dengan 1.000 kincir ini merupakan tempat wisata yang paling populer. Terletak sekitar 15 km dari kota Rotterdam atau tepatnya di Alblasserwaard, Provinsi Belanda Selatan. Kincir angin merupakan salah satu ikonnya. Desa ini dulunya dataran rendah yang posisinya di bawah permukaan laut dan sangat rawan banjir. Dan untuk mengatasi masalah banjir di lokasi ini, hanya dibangun sebuah kanal sederhana. Namun, karena ketinggian air terus meningkat, pada tahun 1740 serangkaian kincir angin dimanfaatkan untuk membantu polder (daratan yang posisinya di bawah level air) tetap kering. Sedangkan menara berbaling-baling berfungsi sebagai pemompa air untuk dialirkan ke waduk menuju sungai. Sekarang terbukti bahwa cara tersebut berhasil membuat Kinderdijk bebas dari banjir.
Saat ini Desa Kinderdijk populer sebagai salah satu tempat wisata di Belanda yang paling banyak dikunjungi. Saat musim panas (bulan Juli) Anda bisa menyaksikan beroperasinya pompa air tradisonal ala Belanda. Sedangkan pada saat musim dingin, anda bisa bermain ice skating karena pada saat itu permukaan air sungai akan membeku.

Kanal Amsterdam

Memang tak lengkap rasanya jika berlibur ke Belanda tanpa mengunjungi wisata kanalnya. Kanal-kanal ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan simbol kebanggaan kota Amsterdam yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. Pada tahun 2010 UNESCO resmi memasukkan Kanal Amsterdam sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Kanal-kanal di sini memiliki panjang lebih dari 60 mil (sekitar 100 km). Yang menarik dari tempat wisata di Belanda ini adalah Anda bisa berkeliling kota dengan menyusuri kanal-kanal tersebut. Terdapat 1.500 jembatan ditambah dengan sekitar 1.500 bangunan monumental yang tentunya akan memberikan pengalaman berlibur yang unik dan berbeda untuk Anda.

Taman Bunga Keukenhof

Setelah berwisata air di Kanal Amsterdam, sekarang saatnya Anda memanjakan mata dengan mengunjungi Taman Bunga Keukenhof. Taman bunga yang disebut-sebut sebagai salah satu taman terindah di dunia ini terkenal dengan ladang tulip terbesar di Belanda. Sebagai informasi, bunga tulip dari Belanda adalah bunga tulip dengan kualitas yang terbaik di dunia. Pada bulan Maret – Mei, pedesaan di Belanda akan berubah menjadi padang bunga yang sangat luas dan indah yang tentunya akan memanjakan mata Anda. Jenis bunga yang di tanam di Taman Bunga Keukenhof ini antara lain Tulip, Sakura, Anggrek, Mawar, Lavender, dan tumbuhan subtropis lainnya.

Rijksmuseum

Rijksmuseum merupakan museum seni dan sejarah terbesar dan bergengsi di Belanda. Di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi lukisan dari para maestro terkenal Belanda dan berbagai negara lain di dunia. Selain itu, di salah satu tempat wisata di Belanda yang paling populer ini juga ada koleksi buku-buku tua serta koleksi fotografi klasik. Museum ini memiliki arsitektur bergaya Belanda dengan elemen neo-gothic untuk dekorasinya. Jadi tak ada alasan lagi kan untuk tidak mengunjungi museum yang telah dinobatkan sebagai satu dari 10 museum terbaik di dunia ini?

Bloemenmarkt (Floating Flower Market)

Merupakan pasar bunga yang sudah ada sejak tahun 1862. Saat ini Bloemenmarkt berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Belanda yang paling terkenal dan juga telah disahkan oleh UNESCO sebagai satu-satunya pasar bunga terapung di dunia. Pasar bunga terapung ini menempati kios-kios transparan yang mengapung di sepanjang Kanal Singel. Karena letaknya berada di tepi Kanal Singel, maka Bloemenmarkt ini juga disebut dengan Bloemensingel. Di pasar bunga ini, Anda bisa menemukan hampir semua jenis bunga termasuk bunga tulip yang tersedia dalam berbagai macam warna. Selain bunga yang tersedia dalam pot, ada juga bunga yang sudah dipotong dalam bentuk buket bunga dan benih bunga dalam kemasan yang siap untuk diekspor atau siap dijadikan oleh-oleh khas Belanda.
(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.