ASEAN DESTINASI INTERNATIONAL

Sektor Pariwisata Marinduque, Filipina Catatkan Kinerja Q1 yang Kuat

Foto:  Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Marniduque

BOAC, bisniswisata.co.id: Festival Moriones Marinduque dalam foto yang diambil selama Pekan Suci 2024 ini terus menarik wisatawan ke provinsi tersebut setiap tahun.  Namun, Dinas Pariwisata Provinsi, Rino Labay, Jumat (10/5/2024) mengatakan, pihaknya juga berupaya mempromosikan tempat wisata lainnya.  

Sektor pariwisata dan perhotelan di provinsi ini mendapat dorongan yang sangat dibutuhkan pada kuartal pertama tahun ini ketika lebih dari 16.000 pengunjung datang untuk menikmati pemandangan dan suasananya.

Dalam sebuah wawancara, pejabat pariwisata provinsi,  Rino Labay mengatakan jumlah ini mewakili peningkatan kedatangan wisatawan hampir 80 persen dibandingkan dengan 9.000 wisatawan yang datang pada periode yang sama pada tahun 2023.

Labay mengatakan mereka tidak terlalu terkejut dengan kinerja sektor pariwisata yang kuat selama periode Januari hingga Maret karena bertepatan dengan Pekan Suci, saat kedatangan wisatawan biasanya lebih tinggi.

 Wisatawan dan peziarah tertarik ke provinsi ini selama musim Prapaskah terutama karena Festival Moriones, katanya seoerti dilansur dari PNA

Festival ini diadakan setiap tahun di provinsi pulau tersebut, ketika penduduk setempat mengenakan kostum dan topeng yang meniru pakaian tentara Kekaisaran Romawi dalam Alkitab.

Labay, yang memimpin Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Marinduque (MTCO), mengatakan industri pariwisata di sini berhasil tumbuh secara substansial selama kuartal pertama meskipun Festival Moriones sebenarnya menarik lebih sedikit pengunjung tahun ini.

 Provinsi ini hanya mencatatkan sedikit lebih dari 7.000 pengunjung selama Pekan Suci 2024 dibandingkan dengan 8.200 pengunjung pada periode yang sama tahun lalu.

 “Semua indikator menunjukkan bahwa provinsi ini memiliki kinerja pariwisata yang baik.  Kita harus memberi tahu masyarakat bahwa Moriones bukanlah satu-satunya alasan mereka berkunjung.  Masih banyak lagi pengalaman di sini,” katanya kepada Kantor Berita Filipina.

 Labay mengatakan pemerintah provinsi sedang berkonsentrasi mengembangkan atraksi wisata Marinduque lainnya.

Dia mengatakan MTCO saat ini fokus menarik perhatian masyarakat pada Festival Bila-Bila (Festival Kupu-Kupu) yang dijadwalkan pada 20-24 Mei.

 Acara lima hari ini diharapkan dapat menarik pengunjung yang tertarik dengan flora dan fauna Marindique, kuliner, dan aktivitas musim panas lainnya, katanya.

Labay mengatakan, selama ini Marinduque lebih banyak menarik wisatawan lokal, atau wisatawan yang datang dari wilayah lain di Filipina.

hal ini mungkin berubah karena ada diskusi yang sedang berlangsung mengenai pengenalan penerbangan internasional ke provinsi tersebut. 

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)