Safari di Ukraina, Sayur Lodeh di Jeddah

0
70
sholat-ied-di-kyev
Shekh Ahmed Tamim, Mufti masjid Ar-Rahma memimpin shalat Id di mesjid Ar-Rahma bagi umat Muslim di Kyiv, 13 Mei 2021 @kjri-ukrania

KYIV, Ukrania, bisniswisata.co.id: Idul Fitri merupakan hari kemenangan yang ditunggu  oleh umat Islam  di seluruh dunia,begitu juga umat di Ukraina. Prosentase umat muslim di negara ini di kisaran 1-2% dari total 42-juta orang penduduknya, namun kemeriahan Lebaran tetap dirasakan umat Islam di Ukraina.

Dalam situasi pandemi, Lebaran tahun 2021 ini menjadi sangat istimewa, pemerintah memberi kelonggaran dari pembatasan penanganan pandemi, jemaat dapat beribadah di mesjid meski tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Lebaran tahun ini jatuh di penghujung musim semi menuju ke musim panas, sebuah rentang waktu peralihan dengan suhu udara yang hangat dan nyaman.

Bagi Duta Besar RI di Kyiv, Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, bersama segenap masyarakat muslim Indonesia yang bermukim di Ukraina merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Kesempatan tersebut dimanfaatkan Dubes Yuddy melakukan safari Idul Fitri untuk memperkuat silaturahmi dengan kolega di kalangan komunitas muslim.

Terdapat 2 mesjid besar di Kyiv, yaitu mesjid Ar-Rahma dan mesjid Ar-Raid. Dubes  Yuddy Chrisnandi bersama keluarga dan sebagian masyarakat Indonesia melakukan sholat Id di mesjid Ar-Rahma. Dubes Yuddy, menyempatkan diri mengunjungi mesjid Ar-Raid untuk bersilaturahmi dengan pengurus mesjid.

kudapan-nusantara-disajikan-dalam-acara-halal bihalal-di KJRI-Ukrania
Hidangan Nusantara di Wisma Indonesia, Ukrania.

Sementara halal bihalal untuk masyarakat Indonesia di Ukraina, berlangsung di Wisma Duta RI  dihadiri  sekitar 60 anggota  masyarakat Indonesia dan keluarga. Halal bihalal, menjadi kesempatan berharga bagi masyarakat Indonesia untuk bertukar sapa melepas rindu, dan saling memaafkan, serta memperkuat tali silaturahmi setelah sebelumnya tidak dapat bepergian akibat karantina ketat yang diberlakukan pemerintah setempat. Selain itu, jamuan makan siang khas Indonesia, juga menjadi pengobat rindu bagi mereka yang sudah lama tidak menikmati masakan Nusantara.

Dubes RI, juga menjamu sejumlah mitra penting negara dengan stake holder pebisnis Ukrania. Tak lupa menjamu para anggota Parlemen Ukraina yang menjadi anggota Badan Kerjasama Bilateral Antar Parlemen Ukraina-Indonesia, Artem Kunaiev dan Igor Kopytin.

Rangkaian kegiatan silaturahmi ini merupakan upaya Dubes Yuddy untuk memperkuat jaringan persahabatan sesama muslim sekaligus untuk memperkuat citra umat Islam Indonesia yang toleran, ramah dan cinta damai.

Dubes RI, pada Lebaran 2021 dijamu istimewa Dubes Malayasia untuk Ukrania Dato’ Raja Reza Raja Zaib Shah dan istri, memperkuat silaturahmi sebagai sesama muslim dari negara ASEAN.

Opor Ayam, Sayur Lodeh dan Bakso

 Saat sebagian besar umat muslim di tanah air bersuka cita menyambut Lebaran bersama keluarga besar mereka, sebanyak 65 pekerja migran Indonesia (PMI) penghuni shelter K

penghuni-shelter-kjri-jeddah
PMI penghuni shelter KJRI Jeddah, menikmati hidangan Lebaran.

onsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah harus rela memendam rasa rindu jauh dari keluarga.

Bagaimana tidak, di momen kemenangan ini, para PMI kurang beruntung yang berasal dari berbagai daerah ini melewati perayaan lebaran, bukan dengan keluarga mereka, melainkan bersama keluarga besar KJRI Jeddah. Pasalnya, mereka harus menunggu penyelesaian permasalahan mereka dengan pengguna jasa atau majikan dengan rentang masa yang bervariasi.

“Sudah semestinya kita hadir di tengah-tengah saudara-sadara kita yang kurang beruntung ini, supaya mereka tidak sedih di saat yang lain bergembira. Mereka bagian dari keluarga kita,” ucap Konjen RI saat memberikan pengarahan kepada tim panitia yang bertugas.

KJRI Jeddah menggelar salat Idul Fitri secara terbatas, bersama mereka dan beberapa orang staf kedutaan. Pengaturan ini mengikuti ketentuan Pemerintah Arab Saudi yang melarang adanya kerumunan orang selama pandemi untuk mencegah penularan COVID-19.

KJRI Jeddah juga menggelar halal- bihalal dengan penghuni shelter,  hidangan khas disajikan seperti opor ayam, sayur lodeh tahu, lontong, sambal goreng kentang dan hati,  bakso, es buah  dan cemilan kacang telur. Selain salat Idul Fitri dan menikmati kuliner nusantara, para warga shelter KJRI Jeddah ini mendapatkan hiburan door prize dari salah seorang keluarga staf KJRI Jeddah. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.