Presiden Jokowi: Olahraga Otomotif Bisa Hidupkan Industri Pariwisata

0
251
Presiden Jokowi meninjau sirkuit sentul Bogor

SENTUL BOGOR, bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung rencana menghidupkan kembali sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat untuk menjadi tempat lomba MotoGP 2020 mendatang. Rencana ini didukung pembalap nasional Tinton Soeprapto dan anaknya Ananda Mikola.

“Saya sampaikan, silakan, pemerintah mendukung karena ini bagus sekali olahraga otomotif. Saya kira sebuah industri pariwisata bisa kita hidupkan dari event ini, sehingga saya harap Pak Tinton, Mas Ananda Mikola, ya segera dimulai ini diperbaiki sehingga 2021 ada MotoGP di Indonesia,” lontar Kepala Negara dalam keterangan resminya yang dilansir laman Setkab.go.id, Rabu (07/03/2018).

Dilanjutkan, pasar sepeda motor di Indonesia sangat besar sekali. “Sekarang mungkin ada 12 juta sepeda motor yang beredar. Dengan demikian, bisa dibayangkan berapa juta penggemar motor yang ada di Indonesia, sehingga dengan event lomba MotoGP 2020, maka sangat bagus bagi pariwisata kita,” tambahnya.

Disinggung dukungan pemerintah, Presiden Jokowi menegaskan Ananda Mikola hanya minta persetujuan saja. “Enggak ada dukungan, minta restu saja, saya restui, saya setujui,” jawabnya ditambah mengenai pembiayaan, bersumber dari swasta. “Semuanya dari swasta,” tambahnya.

Setelah mendapat dukungan moral dari Presiden Indonesia Jokowi, Sirkuit Internasional Sentul akan berbenah untuk MotoGP. Direktur Sirkuit Internasional Sentul Ananda Mikola, mengatakan, sudah ada investor yang mau menyokong pendanaan. “Investor sudah ada, yang penting dari swasta,” kata Ananda seperti dilansir laman Kompas.com

Ananda Mikola sendiri mengaku menyiapkan sirkuit Sentul untuk ajang Moto GP tahun 2020. “Kan infrastrukturnya sudah siap, tinggal sedikit perubahan saja,” tambahnya.

Ananda tidak mau membuka informasi siapa investor itu, namun dia mengatakan berasal kalangan properti. Investor itu akan menggelontorkan dana buat renovasi Sirkuit Internasional Sentul yang membutuhkan sekitar Rp 250 miliar – Rp 300 miliar sampai sesuai standar MotoGP.

Ditambahkan, kunjungan Presiden Jokowi dianggap bisa meyakinkan investor. Renovasi maklum dilakukan karena Sirkuit Internasional Sentul sudah berusia 25 tahun.

“Tadi pak Jokowi sempat tanya, ini bagaimana izin bikin MotoGP? Saya bilang Dorna ingin sekali balapan di Indonesia karena pasar terbesar sepeda motor di dunia. Dorna sangat ingin Indonesia jadi tuan rumah, kita tidak pakai penawaran, tapi ditunjuk langsung,” kata Ananda. (NDHYQ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.