Nasib Tragis Turis AS di Stasiun Amsterdam

0
328
Objek wisata di Amesterdam

AMSTERDAM, bisniswisata.co.id: Niat berwisata di negeri orang, malah mengalami peristiwa buruk. Nasib tragis itu dialami dua orang wisatawan asal Amerika Serikat (AS) yang mengalami cedera berat dalam insiden penusukan di stasiun kereta api Amsterdam pada hari Jumat (31/08/2018).

“Benar kedua korban adalah turis AS dan telah melakukan kontak dengan mereka dan keluarga mereka,” kata Duta Besar AS untuk Belanda Pete Hoekstra dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN, Ahad (2/9/2018).

Saat kejadian, para saksi melaporkan orang-orang melarikan diri dari tempat kejadian ke segala arah saat insiden itu terjadi. “Berada di Central Station di Amsterdam dan mendengar dua tembakan, semua orang mulai berlari seperti orang gila dan berlindung di kedai-kedai dan toko-toko … orang gila,” tulis saksi bernama Michiel de Graaf di Twitter.

Dalam sebuah pernyataan resmi, polisi Belanda mengatakan pelaku dan korban yang terluka telah dibawa ke rumah sakit setelah serangan itu. “Baik tersangka dan kedua korban insiden penusukan dipindahkan ke rumah sakit untuk perawatan,” kata seorang juru bicara polisi.

Tersangka penyerang ditembak dan terluka oleh polisi. Dia kemudian diidentifikasi sebagai warga negara Afghanistan. Motifnya penikaman tersebut tidak jelas dan para pejabat mengatakan penyelidikan sedang berlangsung. “Semua skenario dipertimbangkan, termasuk motif teroris,” kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan.

Seorang juru bicara polisi yang dikutip oleh AFP mengatakan pria Afghanistan yang ditangkap itu tidak mengetahui korban dan tidak memilih mereka secara khusus sebagai sasaran. Penyerang dan korban dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Beberapa layanan kereta masuk dan keluar dari stasiun ditunda selama insiden itu dan dua platform ditutup. Central Station digunakan oleh sekitar 250.000 pelancong setiap hari dan sering didatangi wisatawan dari berbagai negara, yang ingin bepergian ke dan dari bandara Schiphol. Jumat adalah hari yang sangat sibuk di terminal, dengan ribuan orang tiba untuk menghabiskan akhir pekan di Amsterdam. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.