Ini Dia Megayacth Mirip Hiu Senilai Rp 7,8 Triliun

0
66
Megayacht rancangan desainer Italia berwujud mirip hiu (foto: CNN)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ada superyacht, kini muncul megayacht. Pada awal tahun, ramai diberitakan bahwa miliarder pendiri Microsoft Bill Gates memesan superyacht mewah bertenaga hidrogen pertama di dunia seharga 644 juga dollar AS atau setara Rp 9,1 triliun. Kapal sepanjang 112 meter ini dilengkapi dengan kolam renang, helipad, spa, dan gym.

Kini ada Prodigium, megayacht yang bentuknya menyerupai hiu. Desain kapal pesiar masa depan ini baru saja dikeluarkan Lazzarini Design Studio yang beberapa minggu lalu juga merilis desain kapal futuristik berbentuk angsa.

Dilansir CNN, Prodigium – kapal sepanjang 153 meter ini – akan dibangun dengan menggunakan material sepenuhnya dari serat karbon dan aluminium. Harganya diperkirakan sekitar 550 juta dollar AS atau setara Rp 7,8 triliun.

Kapal megayacht ini juga akan dilengkapi dengan pelabuhan sendiri dengan ekstra space cukup untuk menambatkan kapal pesiar kedua berukuran hingga 30 meter. Selain itu, akan ada tiga kolam renang di dalam kapal. Dua di antaranya ada di bagian atas kapal. 

Desain eksteriornya sendiri sangat dipengaruhi gaya Romawi kuno. Dua kolam renang besar menopang struktur atas sehingga kapal terlihat megah.

Meski predator laut dan arsitektur Romawai tak terlalu kentara terlihat pada desain kapal ini, tim desainer mengatakan [bentuk] ikan hiu sudah cukup mewakili ia sebagai ‘kaisar laut.’ Kapal ini dirancang sedemikian rupa sehingga bentuknya menyerupai gigi dan hidung predator laut.

Terdiri dari enam dek, bagian atas Prodigium dibuat tertutup yang berfungsi sebagai ruang tamu utama. 

Kedua sisi kapal dilengkapi dengan dua sirip besar yang bisa dibuka sehingga dapat berfungsi sebagai ruang teras tambahan. Prodigium, yang dilengkapi dengan tiga mesin jet dan mesin listrik kembar, mampu melaju dengan kecepatan sekitar 22 knot, menurut Lazzarini Design Studio.

Kapasitas kapal pesiar mewah ini  lumayan besar. Ia bisa menampung 40 tamu sekaligus. Selain itu kapal ini juga juga didesain dengan fasilitas tiga hanggar helikopter dan dua garasi penuh dengan water toys. Jadi, banyak aktivitas yang dapat membuat para tamu terhibur.

Semua kamar suite berada di area lambung bawah dekat dengan gym. Di sana juga ada satu kolam renang tertutup.

Prodigium merupakan desain kedua dari enam konsep yang dibuat desainer Italia Pierpaolo Lazzarini. Semua desain terinspirasi oleh alam. Pierpaolo baru saja menyelesaikan desain pertama berkonsep Avanguardia yang berbentuk angsa.

Meskipun proyek ini masih dalam fase awal proses desain, Lazzarini memperkirakan kapal akan dapat dirampungkan setidaknya dalam 28 bulan sejak ia dibawa ke galangan kapal.

Lahirnya konsep-konsep desain kapal pesiar mewah yang tidak bisasa tak lepas dari permintaan superyacht yang terus tumbuh. Data dari Superyacht Group menunjukkan jumlah armada global meloncak dari 3,906 di 2009 menjadi 5,646 kapal pada 2019. 

Nilai pasar diproyeksikan akan mencapai 10,2 miliar dollar AS pada 2025 seiring dengan rampungnya  sejumlah yacht berukuran lebih dari 24 meter yang saat ini tengah dipesan. Para desainer berusaha sebisa mungkin menarik minat calon pemilik kapal dan memastikan desain merekalah yang lebih baik dari pesaingnya.

“Era dimana semua kapal pesiar nampak besar dan bentuknya nyaris sama, sudah berlalu,” kata editor Boat International Stewart Campbell kepada CNN Travel tahun lalu.

“Para pemilik yachts kini lebih memperhatikan style dan menantang galangan kapal serta desainer untuk membuat kapal yang benar-benar unik.”

Contoh terbaru termasuk Ultra2, superyacht yang panjangnya 95 meter hasil rancangan T. Fotiadis Design yang berbasis di Berlin. Kapal ini memiliki safe room dalam kapal.

Sementara itu, designer Red Yacht Design dan arsitek Dykstra Naval Architects bersama-sama merancang Ice Kite, sebuah konsep superyacht ramah lingkungan yang dapat ditarik oleh layang-layang seluas 1.700 kaki persegi.

 

 

Rin Hindryati

Megayacht rancangan desainer Italia berwujud mirip hiu (foto: CNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.