Industri MICE Thailand Siap Bangkit 

0
10

Bangkok International Trade & Exhibition Centre atau BITEC, salah satu venue MICE. ( Foto: Expo Stars)

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Pemerintah Thailand telah mengizinkan industri MICE di negri itu  memulai kembali tanpa batasan ukuran dan kehadiran di bawah tahap keempat kelonggaran dari langkah-langkah lockdown.

Untuk mendorong industri MICE Thailand di era New Normal maka Thailand Convention and Exhibition Bureau ( TCEB) dan Departemen Kesehatan (DOH) di bawah Kementerian Kesehatan Masyarakat  sebelumnya sudah melakukan inspeksi ke Bangkok  International Trade & Exhibition Centre (BITEC).

Mengutip TravelDailyNews , Inspeksi di BITEC diikuti kunjungan ke IMPACT, tempat utama bisnis konvensi lainnya di Bangkok. Kunjungan ke tempat-tempat MICE lainnya termasuk fasilitas hotel di sekitar Bangkok akan menyusul.

Langkah-langkah kesehatan baru di tempat-tempat konvensi Thailand adalah bagian dari Pedoman Kebersihan MICE Venue, yang telah dikembangkan TCEB bekerja sama dengan asosiasi pemangku kepentingan utama di negri itu seperti, Asosiasi Insentif dan Konvensi Thailand (TICA), Asosiasi Pameran Thailand (TEA) dan Asosiasi Manajemen Acara (EMA), sebagai persiapan  untuk pembukaan kembali bisnis MICE.

Pedoman ini sejalan dengan arahan dari Departemen Pengendalian Penyakit dan Departemen Kesehatan dan memenuhi kriteria Pusat Administrasi Situasi COVID-19 (CCSA).  Dengan demikian, industri MICE Thailand telah mendapatkan persetujuan pemerintah untuk memulai kembali tanpa batasan ukuran dan kehadiran maksimum yang sudah efektif  sejak 15 Juni 2020.

Supawan Teerarat, Wakil Ketua TCEB mengatakan Industri MICE dan acara bisnis di Thailand sedang memasuki periode transformasi yang signifikan.  TCEB, sebagai badan nasional yang mengawasi industri MICE akan membantu para pengusaha untuk mereset operasi sehingga mereka daakanmemulai bisnis lagi.

“MICE Venue Hygiene Guidelines adalah salah satu inisiatif biro untuk memastikan pemerintah bahwa MICE dapat beroperasi dengan cara yang dapat meminimalkan risiko infeksi penyakit dan memastikan operator layanan, kebersihan dan keselamatan pengunjung di tempat tersebut,” ungkap  Supawan Teerarat.

Kolaborasi dan dukungan di antara para pemangku kepentingan untuk mempraktikkan pedoman kesehatan dan langkah-langkahnya sangat penting untuk menciptakan dan meningkatkan kepercayaan dalam bisnis MICE Thailand dan memastikan bahwa industri dapat bergerak majuduntuk menggerakkan perekonomian nasional, tambahnya.

Pemerintah dan Departemen Kesehatan mengakui pentingnya industri MICE sebagai salah satu sektor utama yang mendorong ekonomi dan pembangunan negara, kata Dr. Panpimol Wipulakorn, Direktur Jenderal Departemen Kesehatan, Kementerian Kesehatan Masyarakat.

Dia  mengatakan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan jaringan mitra rekanan untuk meningkatkan standar higiene bagi industri MICE untuk memungkinkan keselamatan tempat dan peralatan mereka serta langkah-langkah perlindungan bagi staf, penyelenggara acara, dan peserta acara. 

Departemennya juga telah memantau, membimbing, dan memberikan rekomendasi tentang praktik kebersihan untuk sektor bisnis ini mengatasi normal baru.  Ini akan meningkatkan kepercayaan diri pengusaha dan peserta acara untuk melakukan kegiatan ekonomi bersama dengan perlindungan kesehatan, ujarnya.

Panittha Buri, Managing Director Bangkok International Trade & Exhibition Centre atau BITEC, mengatakan telah siap melayani sebagai penyedia layanan MICE terkemuka di Asia-Pasifik selama lebih dari 2 dekade dengan Standar Tempat MICE Thailand bersertifikat.  

Untuk meningkatkan standar terhadap pandemi COVID-19, BITEC telah mengambil 6 langkah pencegahan: 1. mengadopsi aplikasi pemerintah Thailand-Chana, untuk check-in dan check-out, 2.  menempatkan titik penyaringan di area akses, 3. membatasi 1 orang per 4 meter persegi, 4. menyemprotkan kuman di aula, 5. menyiapkan langkah-langkah jarak fisik, 6. PR semua tindakan dalam organisasi sebelum dibuka kembali.

“Kami menerapkan konsep yang disebut “Zona ANTI COVID” dengan menggunakan inovasi UVC yang maju secara teknologi yang dapat membunuh kuman dan bakteri COVID-19 di permukaan udara.  Pengunjung dapat memastikan kebersihan dan keselamatan di area BITEC karena kami secara ketat melakukan pedoman sesuai denganKprotokol kesehatan, ” tambahnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.