Global Tourism Plastics Initiative Menyambut 26 Penandatangan Baru

0
20

MADRID, bisniswisata.co.id: Global Tourism Plastics Initiative telah menyambut 26 penandatangan baru, termasuk bisnis dan organisasi dari setiap bagian rantai nilai pariwisata global.

Dipimpin oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) dan the United Nations Environment Programme (UNEP) bekerja sama dengan Ellen MacArthur Foundation, berinisiatif menyatukan sektor pariwisata di balik tujuan bersama untuk mengatasi akar penyebab polusi plastik.

Penandatangan baru a.l termasuk Booking.com, G Adventures, The Hongkong and Shanghai Hotels, Inkaterra, TUI Care Foundation, deSter part of gategroup, dan International Aviation Waste Management Platform.

Mereka menampilkan pemasok fasilitas tamu, platform pengemasan saat bepergian dan pengelolaan limbah, serta penyedia akomodasi (baik grup besar maupun UKM), platform pariwisata online terkemuka, operator tour, dan asosiasi yang bekerja di tingkat tujuan.

Global Tourism Plastics Initiative diluncurkan pada Januari 2020 dan sekarang memiliki 46 penandatangan, yang menggambarkan bagaimana pengurangan polusi plastik dalam pariwisata tetap menjadi prioritas meskipun ada tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19.

Keberagaman penandatangan menyoroti potensi Global Tourism Plastics Initiative untuk mempromosikan solusi sistemik yang dapat diterapkan secara lokal dan ditingkatkan secara global.

Penanganan polusi plastik tetap menjadi prioritas sektor

Inisiatif Plastik Pariwisata Global dapat mengarah pada pengurangan polusi dan limbah di semua bagian sektor pariwisata dan mendukung pemulihan yang bertanggung jawab dari COVID-19 yang mengarah pada keberlanjutan dan ketahanan yang lebih baik.

Dalam konteks pandemi COVID-19 saat ini, pendekatan melingkar untuk pengelolaan barang dan kemasan plastik dapat menghindari peningkatan penggunaan plastik sekali pakai untuk tujuan kebersihan.

Hal ini juga dapat mengurangi tekanan pada infrastruktur pengelolaan limbah dan mendorong rantai pasokan yang lebih berkelanjutan. Dalam pengertian ini, ekonomi sirkular untuk plastik sangat penting bagi sektor pariwisata untuk melestarikan dan melindungi destinasi dan untuk pulih secara bertanggung jawab dari krisis saat ini.

“Bergerak menuju ekonomi melingkar adalah pendekatan strategis untuk sektor pariwisata. Inisiatif Plastik Pariwisata Global dapat mengarah pada pengurangan polusi dan limbah di semua bagian sektor pariwisata dan mendukung pemulihan yang bertanggung jawab dari COVID-19 yang mengarah pada keberlanjutan dan ketahanan yang lebih baik. ” kata Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili.

Elisa Tonda, Head of the consumption and production unit of UNEP menambahkan bahwa pandemi COVID-19 telah meningkatkan kebutuhan akan tindakan segera terhadap krisis iklim, alam dan polusi serta limbah yang didorong oleh konsumsi dan produksi yang tidak berkelanjutan, tetapi juga diberikan kesempatan untuk memprioritaskan keberlanjutan sebagai bagian dari pemulihan hijau.

Grup baru penandatangan Global Tourism Plastics Initiative ini mencerminkan komitmen berkelanjutan dari rantai nilai pariwisata untuk meningkatkan sirkel dalam sistem plastik dan mempertahankan ambisi mereka untuk mengatasi polusi plastik dan bergerak maju pasca-COVID. ”

Rekomendasi menginformasikan rencana pemulihan

Awal tahun ini, serangkaian rekomendasi bagi sektor pariwisata  untjk terus mengambil tindakan terhadap polusi plastik selama pandemi telah dirilis.

Ini berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan rencana pemulihan COVID-19, merevisi prosedur operasi standar, dan menentukan strategi pengelolaan plastik. Rekomendasi sekarang tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Arab, Cina, dan Rusia.

Gerald Naber, Manajer Program, Komitmen Global Ekonomi Plastik Baru, Ellen MacArthur Foundation, menambahkan bahwa para penandatangan Komitmen Global membuat kemajuan awal yang menggembirakan dalam menyampaikan target mereka menuju ekonomi melingkar, tetapi percepatan kemajuan yang substansial akan dibutuhkan untuk mencapainya target 2025. ”

Inisiatif Plastik Pariwisata Global merupakan bagian dari kerangka kerja yang lebih besar dari Komitmen Global Ekonomi Plastik Baru. Secara khusus, Inisiatif bertindak sebagai antarmuka sektoral ke Komitmen Global Ekonomi Plastik Baru, yang baru-baru ini merilis Laporan Kemajuan untuk tahun 2020.

Tentang Global Tourism Plastics Initiative

Inisiatif Plastik Pariwisata Global menyatukan sektor pariwisata di balik visi bersama untuk mengatasi akar penyebab polusi plastik. Dikembangkan dalam kerangka Program Pariwisata Berkelanjutan dari jaringan One Planet.

Inisiatif ini dipimpin oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Pariwisata Dunia, bekerja sama dengan Ellen MacArthur Foundation.

Program Pariwisata Berkelanjutan jaringan One Planet

Program Pariwisata Berkelanjutan One Planet meningkatkan dampak pembangunan berkelanjutan dari sektor pariwisata pada tahun 2030, dengan fokus khusus pada praktik konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Program Pariwisata Berkelanjutan adalah bagian dari jaringan One Planet, kemitraan multipihak untuk mengimplementasikan SDG 12 tentang Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan.

Program Lingkungan PBB

Program Lingkungan PBB adalah suara global terkemuka tentang lingkungan. Ini memberikan kepemimpinan dan mendorong kemitraan dalam merawat lingkungan dengan menginspirasi, menginformasikan dan memungkinkan negara dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka tanpa mengorbankan generasi mendatang.

Tentang Organisasi Pariwisata Dunia

Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertanggung jawab untuk mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan dan dapat diakses secara universal.

Sebagai organisasi internasional terkemuka di bidang pariwisata, UNWTO mempromosikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan inklusif dan kelestarian lingkungan serta menawarkan kepemimpinan dan dukungan kepada sektor tersebut dalam memajukan pengetahuan dan kebijakan pariwisata di seluruh dunia.

Tentang Ellen MacArthur Foundation

Ellen MacArthur Foundation diluncurkan pada tahun 2010 dengan tujuan mempercepat transisi ke ekonomi sirkuler. Sejak didirikan, badan amal tersebut telah muncul sebagai pemimpin pemikiran global, menempatkan ekonomi melingkar dalam agenda para pembuat keputusan di seluruh dunia.

Pekerjaan amal itu berfokus pada tujuh bidang utama: wawasan dan analisis; bisnis; institusi, pemerintah, dan kota; inisiatif sistemik; desain melingkar; belajar; dan komunikasi.

Tentang Komitmen Global Ekonomi Plastik Baru

Komitmen Global Ekonomi Plastik Baru menyatukan bisnis, pemerintah, dan organisasi lain di belakang visi dan target bersama untuk mengatasi limbah plastik dan polusi pada sumbernya.

Penandatangan termasuk perusahaan yang mewakili 20% dari semua kemasan plastik yang diproduksi secara global, serta pemerintah, LSM, universitas, asosiasi industri, investor, dan organisasi lain.

Komitmen Global Ekonomi Plastik Baru dipimpin oleh Ellen MacArthur Foundation, bekerja sama dengan Program Lingkungan PBB.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.