Uncategorized

Enam tren perjalanan besar untuk tahun 2024

        Foto: Unsplash.com/Cameron Stewart

LONDON, bisniswisata.co.id: Perjalanan adalah tentang perencanaan – dan sering kali pemesanan – terlebih dahulu. Jadi mari kita lihat beberapa tren perjalanan besar yang diprediksi pada tahun 2024. 

Jika Anda adalah merek perjalanan atau liburan yang ingin meningkatkan pemesanan, penting untuk mengetahui tren yang akan datang dan saat ini. Hal ini memungkinkan Anda merencanakan kampanye dengan iklan yang sangat bertarget dan relevan yang akan menarik orang-orang yang aktif mencari waktu istirahat. 

Kita tahu bahwa tingkat konversi untuk iklan yang relevan lebih tinggi. Sebaliknya, iklan dingin yang disebarkan secara acak memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih rendah. Jadi, mengetahui apa yang dicari orang (dan memilih untuk dipesan) adalah hal yang penting. 

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bekerja sama dengan mitra periklanan terprogram, seperti Crimtan, yang memiliki teknologi dan akses terhadap data sah dan disetujui untuk menjalankan iklan yang sangat bertarget kepada audiens yang dikurasi. 

Oleh karena itu, mari kita lihat enam tren perjalanan besar yang perlu Anda waspadai di tahun 2024. 

1) Peningkatan pemesanan otomatis

Mungkin tidak mengherankan, mengingat ketergantungan kita pada teknologi semakin meningkat, salah satu tren terbesar yang diprediksi dalam sektor perjalanan pada tahun 2024 adalah pemesanan otomatis. 

Pemesanan otomatis (online dan aplikasi) dalam perjalanan bukanlah hal baru, namun diperkirakan akan mengalami pertumbuhan dramatis dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai gambaran, pada tahun 2020 pasar pemesanan perjalanan online bernilai $432 miliar.

 Pada tahun 2025, jumlah ini diperkirakan meningkat menjadi $833 miliar . Beriklan di tempat yang dicari pelanggan Anda untuk liburan mereka sangatlah penting; mulai dari orang-orang yang baru memulai riset hingga mereka yang siap melakukan pemesanan.

Penggunaan terprogram memungkinkan Anda menyesuaikan pesan Anda dengan lokasi pelanggan Anda di corong dan mengarahkan mereka ke tombol ‘pesan’ tersebut. 

2) Pemesanan seluler lebih cepat

Selain peningkatan pemesanan otomatis, terdapat pula peningkatan penggunaan ponsel. Diperkirakan sebanyak 70% dari kita menggunakan ponsel cerdas untuk memesan liburan . Dan kami bertindak cepat; 72% pemesanan seluler terjadi dalam dua hari setelah pencarian Google.

Lalu apa dampaknya bagi pengiklan? Pertama, penting agar Anda tidak hanya menjangkau calon pelanggan melalui ponsel mereka, namun iklan Anda menarik perhatian mereka secara efektif

Dan kedua, Anda hanya memiliki waktu singkat mulai dari pencarian hingga pemesanan. Jadi, Anda harus dapat menargetkan ulang pelanggan secara efektif dengan iklan bergambar yang sesuai, berdasarkan aktivitas dan keterlibatan mereka sebelumnya. Jika tidak, Anda berisiko kehilangan penjualan kepada pesaing yang mampu melakukannya. 

3) Lebih banyak personalisasi

Menurut penelitian McKinsey , 71% konsumen mengharapkan perusahaan memberikan interaksi yang dipersonalisasi. Dan 76% merasa frustrasi jika hal ini tidak terjadi. 

Jadi, jika Anda ingin menarik dan mengonversi pelanggan, Anda perlu memastikan interaksi mereka dengan merek Anda dipersonalisasi dan sebisa mungkin disesuaikan dengan minat, perilaku, dan pengalaman mereka. 

Dari acara olahraga untuk penggemar sepak bola, istirahat ski untuk pecinta olahraga musim dingin, serta treks dan safari untuk pencari petualangan. 

Iklan Anda juga harus mengakui interaksi pelanggan sebelumnya dengan Anda. Jadi jika mereka telah melihat hari libur, mereka akan disuguhi iklan dengan tanggal dan harga untuk lokasi tersebut. 

Atau jika mereka sudah memesan, mereka akan diperlihatkan iklan sewa mobil atau asuransi untuk tujuan tersebut. Dan jangan mengambil risiko mengasingkan pelanggan Anda dengan iklan liburan yang telah mereka pesan…

Semakin Anda dapat mempersonalisasi iklan Anda, berdasarkan data yang sah dan disetujui, semakin tinggi tingkat konversi Anda dan semakin besar niat baik jangka panjang yang dihasilkan merek Anda. 

4) Perjalanan liburan yang lebih besar

Seperti namanya, perjalanan bleisure adalah kaburnya batas antara perjalanan bisnis dan liburan. Pada dasarnya ini melibatkan perpanjangan atau penggabungan perjalanan kerja dengan perjalanan rekreasi hanya untuk diri sendiri, atau bersama teman dan keluarga. 

Jadi, Anda dapat memesan liburan kota beberapa hari sebelum atau sesudah konferensi, atau menghabiskan waktu seminggu di pantai setelah pertemuan besar di negara lain. 

Perjalanan bleisure mulai semakin populer pada tahun 2023 seiring dengan pelonggaran lockdown, dan menjadi sangat populer sehingga diperkirakan akan mengambil alih perjalanan bisnis , dengan lebih dari 89% orang berencana menambahkan waktu liburan pribadi ke dalam perjalanan bisnis mereka. 

Sebagai pengiklan, hal ini merupakan peluang besar untuk menjaring orang-orang yang sudah melakukan riset dan merencanakan waktu istirahat kerja, serta mempromosikan aktivitas rekreasi dan destinasi yang mudah dijangkau untuk bepergian guna menggoda mereka agar memperpanjang waktu istirahat dan membawa keluarga. 

5) Lonjakan pariwisata berkelanjutan

Ketika perjalanan menjadi sorotan karena kerusakan lingkungan, tidak mengherankan jika semakin banyak orang mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan. 

Menurut laporan dari World Travel and Tourism Council (WTTC) dan Trip.com Group, 69% wisatawan secara aktif mencari opsi perjalanan berkelanjutan pada tahun 2023 – dan tidak ada tanda-tanda tren tersebut akan melambat.

Jadi, ketika merencanakan kampanye iklan Anda, ada baiknya menyoroti destinasi dan tindakan yang diambil untuk mempromosikan keberlanjutan dan ekowisata. 

Dan, jika pelanggan mempertimbangkan etika dan pertimbangan lingkungan saat memesan perjalanan, Anda perlu memastikan penawaran Anda memberikan apa yang mereka cari. 

6) Perjalanan yang lebih transformasional

Salah satu tren yang kami laporkan pada tahun 2023 yang masih populer adalah liburan kesehatan , atau perjalanan transformasional. 

Banyak wisatawan saat ini tidak ingin kembali dari liburannya dengan kondisi yang kurang sehat dan bugar dibandingkan saat mereka berangkat – mereka ingin kembali ke versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri. 

Akibatnya, terdapat tren yang berkembang untuk mencari liburan dan perjalanan yang menggabungkan pengalaman yang meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, dan bahkan pengetahuan kita. Pikirkan retret yoga atau meditasi, perjalanan budaya, eksplorasi ke luar, dan liburan memasak.

Sekali lagi, di sinilah akses terhadap data yang benar menjadi sangat berharga. Karena saat merencanakan kampanye iklan, Anda ingin memastikan bahwa Anda menayangkan iklan untuk jenis jeda yang sesuai kepada orang yang tepat. 

Seorang pecinta kebugaran yang mengharapkan liburan petualangan, misalnya, tidak akan tertarik dengan iklan resor pantai lengkap. Demikian pula, pemuja matahari yang menyukai bar koktail gratis tidak akan tertarik dengan retret yoga hening yang bebas alkohol!

Pastikan iklan Anda mempromosikan tujuan yang sempurna

Yang menarik dari tren ini adalah orang-orang melakukan perjalanan karena berbagai alasan dan ekspektasi yang sangat berbeda mengenai apa yang menjadikan liburan ‘sempurna’. Hasilnya, masa-masa iklan umum dan statis yang mempromosikan liburan universal telah berakhir. 

Di pasar perjalanan yang lebih canggih saat ini, Anda diharapkan mampu menarik banyak tipe wisatawan sekaligus.

Hal ini berarti akses ke data yang tepat, ditambah kemampuan untuk langsung membuat materi iklan yang mencerminkan posisi seseorang dalam perjalanan pelanggan Anda – dan jenis jeda yang ingin mereka pesan. 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)