Bupati Lombok Barat Sambat Sepi Wisatawan

0
114
Pantai Nambung Lombok Barat (Foto: Yumantoko)

LOMBOK BARAT, bisniswisata.co.id: Bupati Lombok Barat sambat kunjungan wisatawan ke Lombok Barat saat ini masih sangat sepi, belum menunjukkan kenaikan signifikan pascagempa. Juga low season pada awal tahun 2019. Rendahnya kunjungan wisatawan nasional maupun internasional ke Lombok Barat membuat tingkat okupansi kamar hotel di Lombok Barat ikut terdampak.

“Saya mendapatkan laporan dari beberapa GM (general manager) hotel di Lombok Barat saat ini kunjungan memang masih di bawah 30 persen tingkat okupansinya,” ujar Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahad (10/3).

Salah satu penyebab, lanjut bupati, masih minimnya kunjungan wisatawan ke Lombok Barat karena tingginya harga tiket pesawat. “Banyak sebab, di samping akibat bencana gempa walaupun kita sudah pulih, juga karena tingginya harga tiket, sehingga wisatawan terutama domestik enggan datang. Ini sangat menyedihkan, entah sampai kapan,” lontarnya serius.

Fauzan berharap pemerintah pusat memiliki jalan keluar atas persoalan tiket pesawat yang membuat industri pariwisata melesu. Seharusnya pemerintah pusat bisa melakukan semacam intervensi kepada manajemen maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat agar menggairahkan sektor pariwisata Lombok Barat.

“Makanya kami juga meminta kepada seluruh maskapai untuk bisa merasionalisasi harga tiket dan kami juga memohon bantuan pemerintah pusat untuk melakukan semacam intervensi,” kata Fauzan seperti dikutip laman republika.co.id, Ahad (10/3).

Pemkab Lombok Barat sudah berupaya maksimal melakukan percepatan pemulihan sektor pariwisata dengan menggelar sejumlah promosi dan juga kegiatan di sejumlah destinasi wisata. “Bagaimanapun cara kita melakukan promosi atau semacamnya, tapi kalau harga tiket masih seperti ini tentu tidak akan bisa maksimal,” jelas dia.

Lombok barat dikenal sebagai tujuan wisata yang menarik. Pulau lombok barat dikelilingi perairan laut sangat indah. Bahkan banyak tempat wisata dijadikan syuting sinetron karena pesona wisatanya yang begitu indah dan menawan. Beberapa destinasi wisata Lombok Barat antara lain:

#. Pantai Senggigi
Tempat wisata bahari ini sangat terkenal, tak hanya di dalam negeri juga luar negeri. Letak pantai tak jauh dari ibukota Nusa Tenggara Barat yaitu Mataram. Jarak pantai ini dari bandara Ampenan akan memakan waktu selama setengah jam perjalanan. Pantai ini memiliki nuansa laut yang sangat indah. Hamparan pasir putih yang indah dio sepanjang pantai membuat pantai ini semakin menawan. Warna lautnya yang biru dan batu karang yang dangkal membuat pantai ini menarik wisatawan untuk bermain dengan air lautnya.

Di sepanjang Pantai Senggigi ini banyak berdiri hotel berkelas dan berbintang. Sehingga wisatawan tidak perlu bingung untuk mencari tempat tinggal selama berwisata ke sini. Pantai Senggigi luasnya memang tidak seluas dengan Pantai Kuta Bali namun ketika banyak wisatawan ke sini banyak wisatawan yang akan mengira nuansa di Pantai Senggigi seperti Kuta Bali.

Wisata bawah lautnya juga memanjakan wisatawan dikarenakan banyak terumbu karang dan hewan laut berada di bawah laut. Ombak besar juga ada namun karena terumbu karang yang besar berada di tengah laut maka hal tersebut yang menyebabkan ombak besar akan pecah di tengah laut dan menghantam batu karang tersebut. Pantai ini menghadpa ke bagian selat Lombok.

Selat ini akan menghubungkan pulau Lombok dengan Pulau Balu. Kontur pasir Senggigi tergolong landai. Sehingga ak akan membahayakan wisatawan yang ingin bermain-main di sepanjang pantai. Pantai Senggigi sangat eksotis dikarenakan pohon-pohon kelapa yang begitu banyak karena panoramanya begitu bagus, sunsetnya pun juga sangat bagus apabila dilihat dari pantai Senggigi.

#. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu tempat wisata di lombok barat yang juga menarik untuk dikunjungi hal ini dikarenakan lokasi wisatanya yang unik dan antik. Letak lokasi tempat wisata ini sekitar 10 km dari arah timur ibukota Nusa Tenggara Barat Mataram. Tempat wisata ini meniru dari gunung Rinjani. Pada wal abad ke 19 raja yang bernama Raja Anak Agung membuat persembahyangan bernama Pura Suci Narmada. Setiap melakukan persembahyangan di Pura Suci Narmada dipimpin oleh seorang pendeta sehingga ketika melakukan sembahyang tidak perlu langsung ke Gunung Rinjani melainkan hanya di pura tersebut saja.

Pada saat ini taman tersbut terbuka untuk umum, sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk rekerasi bersama teman, sahabat maupun keluarga. Taman Narmada selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat weekend dan musim liburan tiba. Di dalam taman tersebut terdapat mata air, menurut sejarahnya mata air tersebut dipercaya berguna untuk membuat seseorang yang membasuh muka di mata air tersebut awet muda dan panjang umur, bahkan mata air tersebut disebut dengan mata air awet muda. Asal usul taman narmada adalah taman yang pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat beristirahat dan mandi bagi keluarga raja. Di taman ini memiliki kolam renang dan pura Hindu.

#. Taman Mayura
Tempat wisata di lombok barat ini memiliki jarak sekitar beberapa meter saja dari pusat perbelanjaan Kota Mataram. Tempat wisata ini juga dinilai sebagai tempat wisata yang kaya akan seni, budaya dan juga sejarah. Semua sejarah kerajaan Hindu seolah terekam di tempat wisata ini. Kerajaan Hindu berjaya di pulu Lombok sekitar beberapa abad silam. Dilihat dari namanya, Taman Mayura bisa diibaratkan sebagai taman burung merak. Mayura berarti burung merak. Pemberian nama tersebut erat kaitannya dengan sejarah berdirinya taman tersebut. Sebelum dibangun taman, dahulunya tempat tersebut adalah hutan lebat yang memiliki banhyak ular berbisa dan sangat berbahaya. Karena hal tersebut banyak raja memiliki rencana untuk meminta sahabatnya yang berasal dari Pakistan untuk mengusir ular-ular tersbut. Orang Pakistan yang dimintai pertolongan sang raja memutuskan untuk mengusir ular-ular tersebut menggunakan burung merak. Karena itulah tempat wisata ini diberi nama Taman Mayura yang artinya taman burung merak.

#. Hutan Lindung Sesaot

Merupakan tempat wisata yang berada di desa Sesaot. Oleh sebab itu tempat wisatanya disebut dengan Hutan Lindung Sesaot. Hutan lindung ini berada di sebelah ujung timur kecamatan Narmada. Hutan lindung ini memiliki sungai yang berukuran jernih dan dingin. Di sana memiliki banyak lesehan yang menawarkan banyak makanan khas lombok yang menggugah selera. Lesehan tersebut didirkan diantara sela-sela pohon, sehingga kesannya begitu atraktif dan menarik. Banyak wisatawan yang ingin menikmati makanan khas lombok di lesehan ini. Hutan lindung ini memiliki kesan yang begitu sejak dan tenang. Namun untuk datang ke tempat ini harus menggunakan kendaraan roda dua.

#. Bukit Malimbu

Bukit malimbu adalah dataran tinggi yang dijadikan sebagai terusan dari Pantai Senggigi, lokasi wisata ini letaknya di kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Di lokasi ini memiliki pasir putih sepanjang bukit. Jika kita berada di atas bukit, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang Indah dan mempesona. Matahari terbenam atau sunset akan terlihat jelas dari puncak atas. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, wisatawan harus membawa bekal makanan agar tidak lapar selama berwisata disini, hal ini disebabkan karena belum ada penyewaan maupun restaurant di lokasi wisata ini.

#. Taman Suranadi
Lokasi wisata ini adalah andalan wisata yang ada di pulau Lombok. Memang tidak ,mengherankan karena hal ini dikarenakan pemandangannya yang begitu indah dan menawan. Untuk menuju ke lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar sepeuluh menit dari bandara. Taman ini terletak di kecamatan Narmada. Suasana sejuk, asri dan indah akan dirasakan oleh wisatawan selama berada di taman ini. Tidak hanya itu saja namun wisatawan juga akan dimanjakan dengan makanan khas lombok yang dijual di depan lokasi wisata.

#. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani merupakan lokasi wisata yang sudah diresmikan oleh pemerintah Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya dijadikan sebagai lokasi wisata saja namun gunung ini dijadikan sebagai taman nasional. Ekosistem di Gunung Rinjani sangat dijaga oleh pemerintah Nusa Tenggara Barat. Yang bisa dijadikan sebagai lokasi wisata adalah pemandangan Gunung Rinjani yang asri dan sejuk. Kawah yang ada di gunung tersebut juga menjadikan wisata di Gunung Rinjani semakin menarik dan banyak disukai oleh wisatawan yang berkunjung di sana. Gunung Rinjani ini merupakan gunung yang masih aktif, sehingga saat wisatawan ingin kesini namun kondisi gunung sedang siaga maka lokasi wisata ini akan di tutup sebab gas belerang dari kawah akan sangat tercium dan berbahaya.

#. Rumah Adat
Rumah Adat Dusun Sade Lombok Lokasi wisata ini terletak pada kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat yang menghuni rumah ini adakah Suku Sasak yang merupakan suku asli pulau Lombok. Dengan berkunjung ke lokasi wisata ini, wisatawan akan tahu bagaimana rumah adat yang ada di Dusun Sade.

#. Pura Lingsar
Tempat wisata di Lombok Barat ini merupakan pura yang digunakan sebagai tempat untuk beribadah. Pura ini digunakan untuk masyarakat yang beragama Hindu dan umat islam wetu telu sebagai tempat ketika merayakan hari besarnya dan menjalankan peribadatannya. Islam wetu telu adalah agama islam yang belum sempurna karena disebabkan oleh penyebaran agama islam yang saat itu belum sempurna masuk ke daerah Lombok Barat. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.