ART & CULTURE TECHNO

Battle of Satria Dewa, Strategi Kenalkan Tokoh Pewayangan via eSport

JAKARTA, bisniswisata.co.id: ERA Digital cukup banyak generasi milenial tidak mengenal tokoh pewayangan, yang merupakan budaya tradisional. Karenanya untuk melestarikan sekaligus mengenalkan tokoh pewayangan pada anak-anak dan remaja, Semesta Satria Dewa akan masuk ke ranah eSport dengan menghadirkan game online bertajuk: Battle of Satria Dewa.

Game asli buatan anak Indonesia ini, digarap BANG Ideas Indonesia yang bekerja sama dengan salah satu pengembang game terbaik Indonesia, Semisoft, dan perusahaan animasi, Lumine. Dan ini menunjukkan pengembang lokal mampu unjuk gigi, dan mampu melahirkan game Online bertaraf internasional. Bahkan menjadi pesaing Mobile Legends.

Founder BANG Ideas Indonesia Ricky Wijaya mengatakan, game Battle of Satria Dewa tidak hanya sekadar permainan, tapi juga memiliki tujuan untuk mengembangkan industri kreatif sekaligus ikut menjaga kebudayaan Indonesia, terutama pewayangan.

“Melalui Battle of Satria Dewa, kami ingin kembali mengenalkan tokoh-tokoh pewayangan Indonesia kepada anak-anak dan remaja. Kami juga ingin mendukung industri kreatif dengan melibatkan kreator-kreator game Tanah Air untuk ikut dalam pengembangan giame mereka,” papar Ricky dalam keterangan tertulis diterima Bisniswisata.co.id, Jumat (31/01/2020).

Dilanjutkan, bukan hanya itu, Battle of Satria Dewa akan menjadi cikal bakal game yang menghadirkan IP legenda Indonesia pertama di dunia Multiplayer Online Battle Arena alias MOBA. Battle of Satria Dewa bergenre MOBA ini juga akan menawarkan gaya brawler.

Secara spesifik, game ini memiliki mekanisme permainan yang mirip dengan game Brawl Stars. Jadi pemain akan dihadapkan dengan situasi bertarung langsung di arena tanpa adanya sistem tower maupun creep. Ricky Wijaya menerangkan kalau akan ada empat mode permainan yang bisa dicoba pemain yaitu 3v3, 5v5, domination, dan team match.

“Untuk hero roles, ini akan jadi keunikan kita terutama ke penamaanya yang kita sekarang sedang mengembangkan dari cerita pewayangan Mahabrata, tapi roles-nya akan mengikuti yang sudah dikenal di dunia game seperti mage, tank dan lain-lain,” jelas Ricky.

Sehingga permainan ini akan lebih menyenangkan untuk dimainkan. Beberapa karakter tokoh pewayangan yang dihadirkan dalam permainan ini di antaranya adalah Gatotkaca, Arjuna, Yudhistira, Bima, Srikandi, Nakula-Sadewa juga Kurusetra.

“Pastinya akan unik sekali. Nantinya para gamer bisa memainkan karakter superhero khas Indonesia dengan kekuatan dan kesaktian mereka yang luar biasa di game ‘Battle of Satria Dewa’ ini,” ujar Henry William Winata, COO BANG Ideas Indonesia

Diakui, Genre MOBA brawler belum terlalu banyak dan yang terpenting lagi adalah game Battle Satria Dewa ini bisa dibilang game Indonesia yang pertama mengangkat karakter-karakter yang sudah melegenda dan game Battle of Satria Dewa ini adalah bagian dari sebuah universe yang terbesar di indonesia dan saling melengkapi,” ujar Ricky.

Bang Idea Indonesia juga membuka server fase closed beta dan mengundang beberapa gamers Indonesia untuk bisa mencoba game ini.”Game ini di dilaunching di Desember 2020 berdekatan film rilis tapi tanpa saling menggangu momentum masing-masing. Game ini sudah mulai didevelop dari tahun lalu, sekarang kita sedang ada di fase pengembangan karakter, game asset dan environment,” sambungnya. (redaksi@bisniswisata.co.id)

Endy Poerwanto