HOTEL KULINER

7 hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pemesanan 'Room Service Di Masa Pandemi

NEW YORK, bislniswisata. co.id: Beberapa orang menyukai layanan kamar atau room service. Makanan akan diantarkan kepada Anda tanpa harus meninggalkan kenyamanan kamar Anda.

Tetapi room service sering diketuk karena terlalu mahal, kadang-kadang terlambat dan kadang-kadang tidak terlalu enak.

Room service  benar-benar terpukul selama pandemi, meskipun bahkan sebelum COVID-19, beberapa hotel mulai menghapusnya secara bertahap. 

Hilton Midtown New York City membuat gelombang tahun lalu ketika mengumumkan akan mengganti room service  dengan opsi ambil dan pergi, dan sejak itu kami telah melihat lebih banyak hotel mulai mengikuti tren itu.

Namun, masih mungkin untuk makan malam dengan segelas anggur di kamar Anda di banyak hotel, bahkan di masa COVID-19.

Baik Anda baru dalam memesan room service atau belum patut mempertimbangkannya akhir-akhir ini karena pandemi, inilah yang perlu Anda ketahui tentang memesan layanan kamar saat ini.

Bagaimana cara memesan room service selama pandemi?

Dilansir dari Thepointsguy.com, banyak hotel dengan room service memiliki menu hotel yang berlokasi strategis di kamar Anda, biasanya di dekat televisi, tempat tidur, atau meja Anda. Anda kemudian akan menghubungi nomor room service khusus di telepon di kamar Anda dan melakukan pemesanan.

Namun, karena pandemi, beberapa menu fisik telah diganti dengan kode QR yang dapat Anda pindai untuk melihat menu di ponsel Anda. Beberapa hotel juga sekarang memungkinkan para tamu untuk memesan secara online tanpa menelepon staf dapur atau receptionist. Begitulah cara saya memesan room service selama menginap di hotel Thailand baru-baru ini.

Kapan waktu terbaik untuk memesan room service? 

Kapan memesan tergantung pada hotel tempat Anda menginap, ketersediaan, dan staf. Namun umumnya, room service untuk sarapan tersedia antara pukul 6 pagi hingga 11 pagi, sebelum dapur beralih ke layanan makan siang dan makan malam untuk sisa hari itu.

Beberapa hotel menawarkan menu makan sepanjang hari, yang terpisah dari layanan makan malam. Anda akan sering menemukan makanan pokok seperti sandwich dan salad di menu ini.

Perhatikan bahwa banyak hotel tidak menawarkan opsi room service 24 jam. Saya menemukan ini selama menginap di sebuah hotel di Phuket selama musim panas. 

Setelah lebih dari satu hari terbang, saya langsung tidur sambil berpikir saya akan memesan sembari memiliki waktu lebih untuk istirahat. Saya bangun larut malam itu berharap untuk memesan room service, hanya untuk menemukan dapur ditutup sampai hari berikutnya.

Untuk menghindari kesalahan yang sama, saya sarankan untuk memesan room service Anda jauh-jauh hari sebelumnya. Ini sangat penting saat ini, karena banyak hotel tidak memiliki staf yang banyak karena pandemi dan bekerja dengan kru yang terbatas.

Akibatnya, mungkin perlu waktu lama sebelum Anda benar-benar menerima makanan. Jadi, jika Anda ingin bermalas-malasan di tempat tidur di pagi hari, Anda mungkin ingin memesan di meja depan pada malam sebelumnya. 

Jika Anda akan makan di kamar untuk makan malam, jadwalkan pesanan Anda segera setelah Anda tahu apa yang Anda inginkan.

Terakhir, jika Anda memiliki alergi makanan atau berencana melakukan pemesanan yang rumit, Anda harus memesan jauh-jauh hari agar dapur memiliki waktu yang cukup untuk mengakomodasi permintaan Anda.

Jenis makanan apa yang disajikan?

Terkecuali jika Anda menginap di properti dengan banyak restoran di sekitar lokasi, Anda mungkin ingin mengurangi ekspektasi Anda. 

Menunya mungkin hanya menu-menu biasa. Meskipun tidak selalu demikian, Anda biasanya akan menemukan menu yang lebih sedikit pada room service versus apa yang mungkin Anda dapatkan saat bersantap di restoran hotel.

Namun, Anda mungkin dapat menemukan hidangan dan minuman lokal di area tersebut. Misalnya, ketika saya tinggal di sebuah hotel di Mexico City tepat sebelum pandemi, saya memiliki makanan room service yang cukup lengkap dari chilaquiles, makanan pokok sarapan tradisional Meksiko, churros, dan kopi Meksiko. 

Itu berarti layanan kamar bisa menjadi cara yang baik (tapi mahal) untuk mencoba masakan yang berbeda, terutama jika Anda memiliki rencana perjalanan singkat atau tidak berencana untuk sering meninggalkan hotel.

Apakah saya harus menggunakan masker?

Beberapa hotel telah menghapus pengiriman makanan Anda di kamar Anda, dan sebaliknya, akan meninggalkan pesanan Anda di luar pintu Anda. Jika makanan Anda sedang diantar ke kamar Anda, kenakan masker selama waktu itu untuk menjaga keamanan diri Anda dan staf hotel.

Umumnya, Anda tidak akan menerima room service di properti atau motel dengan layanan terbatas. Properti ini biasanya hanya menawarkan pilihan sarapan kontinental, ambil dan pergi.

Berapa biaya room service?

Sudah pasti lebih mahal dan saya mengetahui hal tersebut ketika saya memesan room service untuk pertama kalinya selama perjalanan kerja dan pengembangan profesional ke Minneapolis. Jika Anda akrab dengan kota, hampir semua pusat kota tutup pada malam hari, jadi tidak banyak pilihan makanan.

Pada saat itu, ide makan di tempat tidur adalah konsep baru, jadi saya memesan semuanya. Saya memesan burger, dan saya memesan pancake. Saya memesan jus. 

Saya bahkan memesan kue. Tanpa sepengetahuan saya, harga pada menu tidak termasuk biaya, jadi saya disajikan dengan tagihan $200 saat checkout

Jangan melakukan kesalahan yang sama seperti yang saya lakukan, dan selalu ingat bahwa biaya layanan dan pengiriman ditambahkan secara terpisah.

Umumnya, Anda dapat mengharapkan untuk membayar sekitar $25 untuk sarapan (pikirkan: telur, roti panggang, dan yogurt). Makanan pembuka Amerika seperti burger dan kentang goreng atau steak dapat berharga masing-masing $40. 

Bahkan sandwich klub mungkin berharga dua kali lipat dari yang Anda bayar di toko makanan lokal. Bir dan anggur sering ada di menu, dan Anda dapat mengharapkan untuk membayar sekitar $15 untuk segelas. 

Anda dapat memesan satu item, seperti soda, di banyak hotel, meskipun untuk opsi ini saya sarankan tetap menggunakan minibar, yang mungkin sudah tersedia di kamar Anda (dan juga mahal).

Bahkan dengan biaya yang lumayan, saya menganggap room service suatu keharusan ketika berlibur dan biasanya akan berbelanja secara royal untuk sarapan dan mimosa di tempat tidur selama satu hari.

Tidak ada yang lebih santai daripada makan frittata sambil menonton Netflix dengan jubah mandi atau menyeruput koktail di balkon. Beberapa rantai bahkan menawarkan sarapan gratis melalui layanan kamar untuk anggota elit tingkat atas mereka, yang merupakan keuntungan yang fantastis.

Haruskah saya memberi tip?

Selama baru-baru ini tinggal di Miami’s The Confidante, saya perhatikan properti menambahkan biaya $9 (yang bukan tip) agar room service dikirimkan ke pintu Anda dibandingkan mengambilnya sendiri.

Biaya pengiriman yang Anda lihat biasanya dibayarkan kepada juru masak, pencuci piring, dan anggota staf dapur lainnya, seperti yang dilaporkan oleh kontributor TPG Brooke Porter Katz pada tahun 2019.

Jika persen belum ditambahkan ke tagihan Anda (yang merupakan kemungkinan, jadi lihat item baris pada tanda terima Anda), beri tip antara 15% dan 20% dari makanan Anda seperti biasanya. 

Ingat, ini adalah pekerja penting yang industrinya sangat terpengaruh oleh pandemi, jadi beri tip dengan murah hati dan bersabarlah saat memesan room service.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)