6 Taktik Mengapa Hotel di Swedia Tetap Buka Selama COVID-19  

0
3

Hotel di Swedia punya strategi memikat wisatawan lokal ( Foto: situs Hotel Kungsträdgården)

STOCKHOLM, bisniswisata.co.id: Di tengah krisis yang melanda industri perhotelan ketika negara-negara di seluruh dunia menerapkan larangan bepergian dan mobilitas, Swedia belum memerintahkan penutupan.  

Berlawanan tajam dengan negara-negara Eropa dan sekitarnya, Swedia hanya memberlakukan pembatasan yang relatif lunak, yang berarti sebagian besar hotel dan restoran tetap buka di tengah situasi COVID-19.

Di The Hotels Network, terungkap  banyak hotel di Swedia memahami pentingnya berfokus pada pasar domestik, mengamankan pemesanan langsung, dan mempertahankan Alternative Dispute Resolution (ADR).

Dengan kata lain, hotel beroperasi di dalam industri yang telah dibelokkan dengan serangkaian tantangan dan dinamika yang sama sekali baru;  tapi setidaknya hotel  tetap buka.

Jadi sekarang pertanyaannya adalah: apa yang bisa kita pelajari dari pengalaman hotel di Swedia ketika pembatasan mulai meningkat secara bertahap di pasar lain?

Sebelum kita menyelami taktik para pelaku bisnis perhotelan di Swedia yang telah bekerja untuk bertahan selama masa-masa ini, mari kita lihat lanskap perhotelan di Swedia dan bagaimana perbedaannya dengan beberapa pasar Eropa.

Memiliki batasan yang tidak sebatas negara-negara Eropa lainnya, dampaknya terhadap industri perhotelan Swedia telah diatasi sampai batas tertentu. 

Melihat perubahan mobilitas dari awal tahun hingga akhir kuartal pertama, Swedia telah melihat perbedaan paling sedikit dengan hanya penurunan -24% berbeda dengan Spanyol dan Italia yang telah menderita penurunan mobilitas -94%  

Tren pemesanan langsung menggunakan dataset The Hotels Network kita dapat melihat bahwa pada bulan Maret hotel-hotel yang berlokasi di Swedia tidak mengalami penurunan dramatis mendadak dalam pemesanan lalu lintas mesin dan pemesanan langsung yang terlihat di spanyol. 

Meskipun ada penurunan yang jelas, kurva lebih bertahap dengan volume pemesanan didukung terutama oleh pengunjung domestik, kemungkinan besar karena mobilitas mereka yang lebih tinggi.  

Tingkat konversi di Swedia juga menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada awal April, membantu meningkatkan sedikit volume pemesanan kanar-kamar hotel.

Sebuah studi baru-baru ini oleh Benchmark Alliance yang melihat dampak krisis COVID-19 menunjukkan bahwa ADR di kota-kota seperti Stockholm tetap relatif stabil, menunjukkan bahwa hotel telah menyadari bahwa memangkas suku bunga mereka tidak akan menguntungkan di  jangka panjang.  

Banyak hotel di Swedia mengambil pendekatan yang lebih proaktif untuk membentuk rencana strategis mereka selama krisis.

Dalam lingkungan yang penuh tantangan saat ini, banyak hotel di Swedia telah beralih ke saluran pemesanan langsung mereka dan strategi komunikasi, berusaha untuk meningkatkan konversi online dengan para tamu, dan menempatkan diri mereka pada posisi yang menguntungkan untuk pemulihan.  

Berikut adalah enam strategi yang digunakan hotel-hotel Swedia sekarang yang dapat membantu menginspirasi rencana pemasaran serangan Anda ketika mobilitas mulai pulih di pasar Anda.

1. Memberikan ketenangan pikiran.                             Di dunia di mana sentimen perjalanan cukup sensitif, langkah pertama untuk menangkap pemesanan online harus meyakinkan pengunjung, dan melakukannya bermuara pada dua kata: komunikasi dan fleksibilitas.  

Anda mungkin pernah mendengar dan mengatakannya ratusan kali dalam beberapa minggu terakhir, tetapi ada alasan bagus mengapa perusahaan dan pakar terus menekankan pesan penting ini.  

Memastikan pengunjung daring Anda tahu bahwa Anda telah menerapkan kebijakan pemesanan tanpa khawatir dapat menginspirasi kepercayaan dan meningkatkan kemungkinan mereka bergerak maju dengan pemesanan.  

Ligula Hotel dengan cepat mengambil tindakan dengan menarik perhatian pengguna yang tiba di situs web mereka menggunakan Layer untuk menampilkan pesan seperti itu, menjamin pelanggan melakukan pemesanan yang aman berkat kebijakan pembatalan dan pemesanan ulang yang fleksibel.

2.Mempromosikan penginapan untuk menarik wisatawan lokal.                                                 Dengan perjalanan internasional yang masuk sangat terbatas tetapi mobilitas lokal relatif tinggi, hotel-hotel di Swedia memanfaatkan kesempatan untuk mempromosikan gagasan memiliki penginapan.

Hotel mewah kontemporer dan modern di pusat Stockholm, Hotel At Six oleh Nordic Hotels & Resorts, menyoroti pengalaman memikat yang dapat mereka tawarkan kepada penduduk setempat.  Membuat paket untuk tamu agar merasa dimanjakan, hotel ini menawarkan penginapan yang sempurna bagi mereka yang membutuhkan istirahat dari semua yang terjadi di rumah.

Menggunakan opsi penargetan dalam The Hotels Network tool, pesan Layer pada beranda hanya ditampilkan kepada pengunjung di Stockholm, memungkinkan hotel untuk menampilkan pesan pribadi untuk menarik pasar lokal mereka.

3.Mendorong para tamu untuk menginap lebih lama.                                                                      Karena peluang untuk melakukan perjalanan, terutama perjalanan internasional berkurang secara signifikan, mungkin sulit bagi hotel untuk meyakinkan pengunjung yang pindah akomodasi.

Ketika hotel dihadapkan dengan tingkat permintaan yang jauh lebih kecil, hotel mencari cara untuk meningkatkan nilai rata-rata setiap pemesanan yang mereka terima.  Taktik yang efektif untuk mendorong masa inap yang lebih lama adalah dengan menawarkan manfaat kepada tamu yang sudah memesan untuk memesan malam ekstra dengan Anda.  

Dengan pertimbangan ini, Hotel Kungsträdgården meluncurkan serangkaian Smart Notes dalam mesin pemesanan mereka yang menargetkan pengunjung yang memesan selama 2 malam.  

Pesan-pesan tersebut menyoroti manfaat dari tinggal satu atau dua malam ekstra secara eksklusif untuk para pengunjung, memberi mereka motif untuk memperpanjang pemesanan mereka.

Dengan menggunakan pesan yang ditargetkan, hotel-hotel di Swedia menjangkau tamu yang sudah cenderung berkonversi untuk meningkatkan nilai pemesanan mereka.

4.Mendorong pendapatan langsung melalui voucher hadiah.                                          Menyediakan voucher hotel bagi pengunjung adalah cara cerdas untuk menghasilkan pendapatan langsung sementara permintaan saat ini tetap rendah. 

Menggunakan alat Voucher Hotel kami, Hotel Kungsträdgården meluncurkan Layer dengan fitur voucher terintegrasi, mendorong para tamu untuk membeli voucher hadiah hari ini.  

Bertujuan untuk menarik calon tamu yang berpikir untuk bepergian setelah pembatasan telah dilonggarkan, mempromosikan voucher hotel Anda (terutama dengan harga diskon) akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan sambil memberikan insentif kepada pengunjung untuk tetap bersama Anda di masa depan.  

Bagi mereka yang belum dapat menawarkan voucher di situs web hotel mereka, The Hotels Network baru-baru ini merilis alat Voucher Hotel baru, yang memungkinkan pelaku bisnis perhotelan untuk dengan mudah membuat dan memamerkan opsi voucher mereka.

5.Memanfaatkan teknologi untuk membuat keputusan penetapan harga yang cerdas Menawarkan beberapa diskon atau promosi untuk merangsang permintaan potensial tentu saja sesuatu yang dapat Anda bangun ke dalam rencana tindakan Anda.  

Namun, menawarkan penjualan terselubung kepada semua pengunjung Anda mungkin bukan langkah yang paling cerdas.  Di Swedia, tampaknya para pelaku bisnis perhotelan telah memahami pentingnya menjaga strategi diskon mereka di bawah kendali untuk mempertahankan ADR yang tinggi.

Salah satu taktiknya adalah memanfaatkan teknologi AI, seperti produk pembelajaran mesin Jaringan Hotel Oraculo, sehingga Anda dapat mengelompokkan lalu lintas situs web hotel Anda secara real time.

Hal ini berdasarkan niat pembelian, mulai dari pengguna yang memiliki niat rendah (mereka yang tidak mungkin mengkonversi) menjadi tinggi  Pengguna -intent (mereka yang paling mungkin untuk mengkonversi).  

Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi pengalaman situs web secara otomatis untuk setiap pengunjung dengan pesan dan penawaran terkuat dan paling relevan. 

Hal Ini berarti bahwa Anda dapat memutuskan untuk hanya menampilkan penawaran kepada pengguna yang benar-benar membutuhkan insentif tambahan untuk melakukan pemesanan, menghasilkan penghematan dalam biaya promosi.  

Sebaliknya, alih-alih menawarkan diskon kepada pengguna berniat tinggi yang cenderung melakukan pemesanan, Anda dapat mengkomunikasikan pesan yang menarik seperti mempromosikan kategori kamar yang lebih tinggi atau tinggal lebih lama untuk meningkatkan nilai pemesanan rata-rata.

6.Membangun komunitas pengikut yang kuat. Selain memanfaatkan permintaan perjalanan apa pun yang ada untuk mendapatkan pemesanan langsung, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memikirkan bagaimana Anda dapat membangun kumpulan pelanggan setia yang kuat untuk masa depan.

Tidak mengherankan, di Swedia, tingkat konversi pemesanan situs web hotel telah terpukul beberapa minggu terakhir ini, meskipun sedikit lebih rendah daripada di pasar lain.  

Dengan meningkatnya ketidakpastian di benak pengunjung, banyak yang tidak siap untuk mengkonfirmasi reservasi hari ini, tetapi hotel menemukan cara lain untuk menghasilkan keterlibatan dengan pengunjung situs web mereka.  

Contoh di atas menunjukkan bagaimana Hotel C Stockholm memanfaatkan fitur berlangganan The Hotel Network untuk meluncurkan Layer terintegrasi  menangkap email dan menumbuhkan basis pelanggan buletin mereka.  

Dengan situasi saat ini, masuk akal untuk mengumpulkan pelanggan yang ikut serta agar pengunjung dapat diperbarui melalui email tentang perkembangan di hotel Anda atau penawaran eksklusif. 

Dengan terus memelihara pelanggan  dengan cara ini, Anda diharapkan dapat mengubah lebih banyak pengunjung situs web menjadi pendukung brand yang loyal.

Banyak yang dapat dipelajari dari pengalaman hotel Swedia pada saat properti terbuka meski pembatasan perjalanan masih berlaku. Sadar akan gambaran yang lebih besar, mereka telah membentuk rencana strategis mereka dengan tujuan spesifik dalam pikiran. 

Terlepas dari penurunan saat ini dalam perjalanan dan permintaan internasional, hotel-hotel ini telah menyesuaikan taktik pemasaran mereka untuk membantu mereka menghadapi badai.

Tidak pernah terlalu dini untuk mulai merencanakan langkah Anda selanjutnya.  Tidak masalah jika properti Anda ditutup atau masih terbuka untuk bisnis.

Situs web Anda selalu ada sebagai jendela terpenting untuk berkomunikasi dengan tamu dan calon tamu, dengan kontennya yang berpotensi perlu diperbarui setiap hari. 

Sekarang adalah waktu untuk memastikan Anda siap untuk mengaktifkan kampanye pemasaran yang dibuat dengan hati-hati, begitu Anda memiliki konfirmasi kapan pintu hotel Anda akan dibuka kembali 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.