Yogyakarta Tawarkan Wisata Lihat Sunset dari Berbagai Spot

0
33
Melihat sunset di Candi Prambanan (Foto: IDNTimes.com)

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Bulan September merupakan waktu terbaik untuk melihat sunset di Yogyakarta. Itu karena cuaca musim kemarau cenderung cerah sehingga ufuk barat akan terlihat ketika momen matahari terbenam.

Yogyakarta pun memiliki banyak obyek wisata yang menyajikan keindahan panorama sunset. Bisa dibilang menikmati keindahan sunset sangat mudah dilakukan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Ada beberapa spot obyek wisata di wilayah Yogyakarta untuk menyaksikan sunset yang sangat unik dan menarik, antara lain:

#. Tanjung Kesirat, Gunungkidul

Menikmati keindahan matahari terbit di tepi laut tentu merupakan aktivitas menarik untuk dilakukan. Keindahan itu pun kian tersaji di pesisir selatan Yogyakarta, salah satunya adalah Tanjung Kesirat yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Obyek wisata ini bukanlah pantai pasir seperti Parangtritis, melainkan terdiri dari tebing vertikal yang ada di tepi laut. Meski demikian, hal itu malam membuat lanskap Tanjung Kesirat begitu eksotis. Saat sore hari yang cerah, wisatawan akan disajikan oleh keindahan panorama matahari terbenam di ufuk barat. Jika cuaca benar-benar cerah, matahari akan terlihat seolah tenggelam di lautan.

#. Laut Bekah, Gunungkidul
Masih di tepi laut. Kali ini obyek wisata bisa dibilang cukup terpencil sehingga pas bagi mereka para pencinta ketenangan. Laut Bekah menjadi nama obyek wisata ini. Lokasi Laut Bekah berada di Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. Sama dengan Tanjung Kesirat, Laut Bekah bukanlah pantai pasir. Lanskap obyek wisata ini terdiri dari tebing vertikal yang berbatasan dengan lautan. Wisatawan pun bisa menikmati gagahnya tebing tepi laut yang begitu memukau. Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbenam di ufuk barat. Itu karena sisi barat Laut Bekah yang terbuka sehingga momen sunset bisa disaksikan dengan menawan saat cuaca cerah.

# Puncak Kayangan Surocolo, Bantul

Tidak mesti berkunjung ke tepi laut untuk bisa menyaksikan indahnya sunset yang berpadu dengan lautan. Panorama itulah yang tersaji di obyek wisata bernama Puncak Kayangan yang ada di Desa Seloharjo. Puncak Kayangan Surocolo memang berada 2,5 kilometer dari pesisir selatan Yogyakarta. Namun, keindahan laut selatan masih bisa disaksikan dengan begitu indah dari ketinggian. Saat sore hari yang cerah, keindahan laut selatan akan berpadu dengan syahdunya matahari terbenam. Nikmati pula kesejukan angin laut yang akan membawa terbang semua lelah dan penat.

# Puncak Becici, Bantul
Salah satu lokasi terbaik untuk melihat keindahan sunset tentu ada di kawasan pegunungan. Puncak Becici menjadi salah satu obyek wisata di kawasan pegunungan Kabupaten Bantul yang menyajikan keindahan panorama matahari terbenam. Obyek wisata ini memang menawarkan kesejukan dan keasrian hutan pinus. Keindahannya bahkan sampai membuat Mantan Presiden AS, Barrack Obama turut mengunjunginya. Saat sore hari, sisi barat Puncak Becici akan menampilkan keindahan matahari terbenam. Seolah belum cukup, pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian hingga Gunung Sumbing seolah menjadi bonus yang semakin melengkapi keindahan di sore hari itu.

#. Pintu Langit Dahromo, Bantul
Obyek wisata selanjutnya berlokasi tidak begitu jauh dari Puncak Becici. Nama obyek wisata itu adalah Pintu Langit Dahromo yang sama-sama berada di kawasan pegunungan Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Sesuai namanya, obyek wisata ini menampilkan ornamen pintu dengan latar belakang hamparan terbuka ke arah barat. Sore hari yang cerah pun menjadi waktu terbaik untuk datang ke sana karena keindahan panorama sunset-nya. Usai matahari terbenam, jangan langsung pulang. Gemerlap lampu Yogyakarta dari ketinggian akan menjadi sajian selanjutnya usai hari gelap.

#. Watu Goyang, Bantul
Obyek wisata Watu Goyang juga masih berada di Kabupaten Bantul. Bedanya, Watu Goyang berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo yang berbatasan dengan Kecamatan Imogiri. Watu goyang juga berada di ketinggian. Selain menyajikan pemandangan menawan dari atas, pengunjung juga akan merasakan sejuknya semilir angin di sana.Tidak ketinggalan, sisi barat yang terbuka dan tanpa halangan menjadikan sunset bisa disaksikan dengan jelas. Tentu momen matahari terbenam paling pas dilihat saat cuaca cerah.

# Puncak Suroloyo, Kulon Progo
Kabupaten Kulon Progo seolah tidak mau ketinggalan untuk ikut menyajikan keindahan panorama matahari terbenam. Salah satu obyek wisata terbaik untuk melihat sunset di Kulon Progo adalah Puncak Suroloyo. Tak hanya sekadar menyajikan panorama dari ketinggian, Puncak Suroloyo juga merupakan salah satu titik tertinggi Pegunungan Menoreh. Sunset yang tersaji bersandingan dengan hamparan pegunungan menjadi panorama yang tersaji saat sore hari nan cerah. Pemandangan matahari terbenam bukan menjadi satu-satunya atraksi yang bisa ditemukan di Puncak Suroloyo. Pengunjung pun bisa melihat salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur dari ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

#. Candi Ijo, Sleman
Jika tujuh obyek wisata sebelumnya terlalu jauh, maka lokasi ke-8 ini tidaklah jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Obyek wisata ini adalah Candi Ijo yang berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sisi barat kawasan Candi Ijo yang terbuka membuat sunset tampak begitu indah. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke sana pada sore hari. Panorama Kota Yogyakarta dan lalu-lalang pesawat di Bandara Internasional Ado Sutjipto juga membuat suasana sore semakin sempurna. Selain menyajikan keindahan panorama matahari terbenam, Candi Ijo ini juga merupakan candi tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

#. Candi Prambanan, Yogyakarta
Siapa bilang melihat sunset yang indah harus di laut? Candi Prambanan adalah salah satu tempat yang pas untuk melihat sunset. Bagi kamu yang suka hunting foto, Prambanan memiliki pesona sunset yang indah dengan bentuk candinya yang begitu khas. Tak begitu lama setelah matahari terbenam, kamu bisa langsung menikmati sendratari Ramayana di kompleks candi ini.

#. Candi Ratu Boko, Yogyakarta
Selain Prambanan, kita juga bisa ke Candi Ratu Boko yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Karena letaknya yang di atas bukit, jadi pemandangan sunset dari Candi Ratu Boko sangat magis. Sudah pernah ke sana, belum?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.