Wisata Bawah Laut Olele Diserbu Wisatawan Penyelam

0
399
Diving (Foto: http://www.frenchiesdivingbelize.com


GORONTALO, bisniswisata.co.id:
Keindahan kekayaan bawah laut Olele mulai diminati para penyelam dari berbagai kalangan. Destinasi wisata olele merupakan wisata bawah laut populer di Gorontalo yang memiliki keunggulan kekayaan alam bawah laut serta keindahan terumbu karang yang memanjakan mata. Dalam setiap bulannya tidak kurang seribu orang mengunjungi pantai Olele.

Pantai Olele yang berpasir putih sangat dekat dengan permukiman warga. Tapi jarak yang dekat tersebut tidak membuat perairan di sekitarnya tercemar. Airnya jernih, terumbu karangnya padat dan terjaga dengan baik. Ini membuktikan bahwa warga sekitar masih peduli dan mengerti potensi kekayaan yang ada di daerah mereka.

Karang yang warna-warni dengan bentuk beragam menyambut siapapun yang menceburkan diri ke perairan Taman Laut Olele. Di kedalaman dua meter, hamparan koral terlihat jelas. Perairan disini cukup tenang karena berada di sebuah teluk, yakni Teluk Tomini. Jadi aman untuk menyelam sampai dasar atau snorkeling.

Di taman laut ini banyak spot penyelaman dengan karakteristik yang berbeda. Spot itu adalah Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive. Dan yang menjadi favorit para penyelam adalah Jinn Cave. Di taman laut ini terdapat sponge coral endemik yang tidak ditemukan di perairan manapun.

Bagi para penyelam yang menyukai binatang kecil dan fotografi makro, banyak jenis nudibranchda shrimp yang menggemaskan seperti anemone shrimp, saron shrimp. Semua kekayaan bawah laut Olele masih terjaga dengan baik, masyarakat bahkan pemerintah daerah menyadari jika laut Olele maka wisatawan akan hengkang. Karena itu aset wisata bahari ini tetap dijaga, tetap lestari.

Rian Lagili, salah seorang wisatawan domestik mengatakan, sangat bangga dengan kekayaan bawah laut Olele yang tidak jauh bedanya dengan taman laut lainnya. “Kita tidak lagi buang-buang duit untuk datang ke Bunaken Manado dan juga Raja Ampat, hanya berjarak 20 kilometer dari Kota Gorontalo kita sudah bisa menikmati itu,” ungkapnya seperti dilansir Liputan6.com. Selasa (01/01/2019).

Dilanjutkan selain nyaman dan cocok untuk keluarga, di pinggir pantai kita dapat menikmati pondok-pondok kecil yang disediakan khusus untuk pengunjung. Namun yang membanggakan, kondisi bawah laut terjaga dan tidak tercemar oleh sampah maupun kerusakan lingkungan. “Ini yang harus dijaga, agar objek wisata ini tetap bersih. Keindahan alam bawah laut yang sungguh menakjubkan, ditambah terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik harus tetap dipertahankan,” sarannya.

Keunikan lain yang dimiliki Taman Laut Olele adalah bunga karang yang bernama Salvador Dali Sponge yang hanya bisa ditemukan di tempat ini. Bahkan Taman Laut Bunaken di Sulawesi saja tidak memilikinya. “Inilah yang menjadi alasan kenapa tempat ini sayang dilewatkan saat liburan ke Gorontalo,”

Salah satu pengelola taman laut Olele, Sulema mengatakan, setiap hari libur, pengunjung pun meningkat. “Libur natal dan tahun baru memang puncaknya. Banyak juga yang sewa perahu untuk melihat bawah laut sampai harus antri,” kata dia.

Bagi wisatawan belum menguasai teknik menyelam, tak usah cemas karena tetap mampu melakukan snokerling di areal yang dangkal. Juga keindahan termbu karang beraneka warna menghiasi taman laut ini. Bahkan di Taman Laut Olele ada Goa Jin, Coral Pole serta Salvador Dali. Goa Jin mempunyai gerbang masuk vertical tegak ke bawah dengan berkedalaman sampai-sampai 22 meter serta menyimpan keindahan yang sulit terlukiskan.

Gorontalo menjadi daerah wisata bahari yang jarang dikunjungi orang. Maklum saja, kota yang satu ini masih sedikit asing di telinga kita. Padahal, Gorontalo memiliki keindahan wisata bahari yang luar biasa, antara lain:

#. Pantai Bolihutuo

Pantai yang ada di Gorontalo tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Contohnya, Pantai Bolihutuo yang terletak di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Pantai ini belum banyak dikenal karena letaknya yang tersembunyi. Maka tidak heran ya kalau pantai ini masuk dalam daftar tempat wisata hidden spot yang ada di Indonesia. Keunikan pantai ini adalah hamparan lautnya yang luas dan pasir putihnya yang indah. Berjemur dan menikmati indahnya deburan ombak menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Belum lagi pepohonan dan bukit-bukit tinggi yang akan Anda temukan di sepanjang jalan menuju Pantai Bolihutuo.

#. Pantai Botu Barani

Berbeda dengan pantai-pantai di Indonesia pada umumnya, Pantai Botu Barani memiliki sekelompok ikan hiu dan paus yang sangat besar. Anda dapat melihat ikan hiu dan paus dengan mata telanjang. Keberadaan ikan-ikan ini dipercaya menjadi daya tarik utama pantai ini, ditambah keindahan hamparan lautnya yang bersih.

#. Pantai Kurenai
Pantai kurenai lokasinya tidak jauh dari pusat kota Gorontalo. Tempat ini menjadi favorit tujuan wisata karena berada tidak jauh dari pusat kota dan mempunyai pemandangan yang indah. Juga ada lebih dari 20 dive spot bagi pecinta diving. Sekitar 80 % lokasi diving bisa dicapai dengan kendaraan serta tidak jauh dari tepi pantai (shore dive). Eksplorasi lokasi diving di Gorontalo dimulai sekitar tahun 2000. Lokasi diving bisa disebut kelas dunia karena memiliki temperatur perairan relatif hangat serta arusnya tak terlalu kuat. Bahkan tipikal karang terbentuk cukup bervariasi, mulai terumbu karang yang slope, jurang (drop off) dan lainnya.

#. Pantai Dunu

Gorontalo juga menyimpan pantai indah dan menarik. Pantai Dunu yang berlokasi di Kec Monano Kab. Gorontalo Utara, misalnya. Ciri khas pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dengan pasir pantai warna putih dikelilingi bukit di sekitaran pantai. Bahkan Pantai berombak ramah ini dimanfaatkan wisatawan untuk berenang, main pasir, bercengkrama, foto-foto, atau sekedar duduk menunggu sunset tiba. Di Pantai Dunu ini belum ada fasilitas apapun. Akses menuju Pantai Dunu gampang. Pantai ini gak jauh dari Kota Gorontalo, cuma berjarak sekitar 1,5-2 jam perjalanan.

#. Wisata Pantai lainnya

Ada Pantai Mananggu dengan karakteristik pantai cukup menarik dan batu karang di pantai. Ada antai Tenilo dengan kondisi air pantai yang dangkal dan luas. Ada Pantai Bolihutuo yang memiliki keindahan menyerupai hamparai mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu yang dengannya gulungan ombak yng berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya biru akan memanjakan mata untuk menikmati keindahan pantai ini. Di tempat pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yng menjulang tinggi serta rindang, makin menambah sejuknya suasana.

#. Teluk Tomini

Gorontalo menjadi tempat wisata yang menyuguhkan banyak pilihan tempat. Selain pantai, Gorontalo juga memiliki teluk yang sangat indah bernama Teluk Tomini. Teluk ini sudah sangat populer di mata dunia. Sangkin populernya, Menteri Kelautan dan Perikanan kita pernah mengadakan acara nasional di lokasi ini. Teluk Tomini menjadi tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi menjelang liburan akhir tahun, juga di hari-hari besar. Walaupun begitu, keindahan dan kebersihan dari teluk ini tetap terjaga. Airnya juga masih sangat bersih, membuat para pengunjung ingin cepat-cepat menyelam.

#. Pulau Cinta

Nama pulau ini tidak asing lagi di telinga para traveler. Pulau ini diberi nama “Pulo Cinta” karena terdapat gundukan pasir putih menyerupai bentuk hati di tengah-tengah pulau. Pulo Cinta menjadi tempat wisata yang sangat wajib dikunjungi. Maladewa versi Indonesia ini sungguh memukau dan cantik. Jarak tempuh ke pulau ini sangatlah dekat. Cukup 20 menit berkeliling di kapal, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Pulau ini juga memiliki hotel mengapung yang bisa Anda coba. Harga penginapannya terbilang mahal, tapi biayanya sesuai dengan apa yang bakal didapatkan. Pulau Cinta bukan hanya menyuguhkan wisata pantai, namun juga dapat menyewa penginapan yang romantis. Pulau ini sangat cocok di jadikan sebagai tempat honeymoon. Karena menyajikan pemandangan laut lepas dengan sejuta pesona keindahan unik dan menarik serta laut yang tenang.

#. Pulau Diyonumo
Lokasinya i Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini Amat indah serta masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah serta penat lantaran belum terjamah oleh tidak sedikit orang. Bukit-bukit indah di pulau ini adalah satu dari sekian banyaknya daya tarik dari wisata bahari. Pulau ini masih alami, belum ada fasilitas pendukung.

#. Pulau Saronde
Sebuah pulau kecil terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau seluas mencapai 1 Kilometer ini, dikelilingi keindahan alam mengagumkan berupa pasir putih, batu karang serta hamparan air laut biru indah dan tenang. Pulau ini dikenal menjadi lokasi yang tenang serta indah, beragam fasilitas pun telah tidak sedikit tersedia. Pulau ini selain menyuguhkan pemandangan pantai juga terdapat penginapan yang menarik dan cocok sebagai tempat untuk honeymoon. Bahkan di Pulau ini, bisa untuk snorkeling serta diving. Keindahan taman bawah laut menyimpan beragam terumbu karang yang bagus.

#. Wisata Hiu Paus
Wisata menyaksikan hiu pasu terletak di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Gorontalo. Wisata ini terbilang cukup ekstrem karena pengunjung diperbolehkan berinteraksi dengan mamalia air yang sangat besar ini. Pernah sempat ditutup untuk memberikan aturan dan penyuluhan kepada pengelola kawasan ini agar tetap terjaga kebersihan serta keamanan pengunjungnya. Namun kini sudah dibuka lagi agar wisatawan dapat melihat dari dekat hiu paus tutul yang terdapat di laut ini. Sebelum diberlakukan aturan pemerintah, wisata ini memperbolehkan pengunjung untuk menyelam dan menyentuh langsung hiu paus serta berfoto. Karena alasan untuk keselamatan hiu paus dan pengunjungnya, pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihat hewan ini dari perahu pengunjung yang disediakan pengelola saja.
([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.