NASIONAL

Wisata Bahari Gorontalo Luar Biasa, Sayang Promosi Kurang

GORONTALO, bisniswisataco.id: DPRD Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo memdesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lebih mengoptimalkan promosi wisata bahari yang dirasakan sangat kurang. Pasalnya, wisata bahari Gorontalo semakin diminati investor yang tertarik mengembangkannya maupun wisatawan nusantara serta mancanegara yang ingin berkunjung menikmati wisata bahari.

“Jika minim anggaran untuk promosi pariwisata khususnya objek-objek wisata bahari, silakan mengajukan anggaran. DPRD khususnya Badan Anggaran pasti akan menyetujuinya, karena wisata bahari Gorontalo potensinya sangat luar biasa untuk dikembangkan lebih bagus lagi,” ujar Ketua DPRD, Nurjanah Yusuf di Gorontalo, Selasa (27/2/2018).

Kawasan wisata bahari di daerah itu, kata politisi Partai Golkar ini, tidak hanya terlihat pada deretan 54 pulau cantik yang dimiliki, namun 78 desa berada di kawasan pesisir, maka optimalisasi publikasi wisata bahari sangat diharapkan dilakukan.

“Gorontalo Utara memiliki peluang sangat besar melalui potensi wisata bahari yang dimiliki, apalagi beberapa pulau di antaranya Pulau Saronde telah dikenal dunia,” ujarnya seperti dilansir laman Antara.

Makanya, tidak hanya penguatan infrastruktur namun promosi dan publikasi terhadap keberadaan objek-objek wisata bahari di daerah ini perlu ditingkatkan. Gorontalo Utara kata Nurjanah, sangat strategis menjadi lokasi kunjungan pariwisata, sebab aksesnya dari Bandara Djalaluddin Gorontalo di Isimu, sangat dekat.

Serta berada di jalur lintas Sulawesi, sehingga memudahkan pengunjung atau wisatawan untuk berwisata ke daerah ini. “DPRD berharap, pemerintah daerah lebih berinovasi lagi khususnya mempromosikan wisata bahari serta objek-objek wisata lainnya yang ada di darat, seperti keberadaan situs Benteng Oranye yang ada di Kecamatan Tomilito,” ujarnya.

Wakil Bupati Gorontalo mengakui deretan pulau yang dimiliki serta pantai pasir putih di wilayah pesisir, menjadi modal utama yang bisa diciptakan sebagai destinasi wisata bahari baru di Gorontalo.

Seperti keberadaan Pulau Saronde, Raja dan Huha yang sangat diminati wisatawan nusantara, bahkan setiap bulan puluhan wisatawan mancanegara datang di Pulau Raja dan beberapa pulau lainnya, untuk menikmati keindahannya selama 5-7 hari.

Saat ini, selain terus menjalin komunikasi dengan investor yang serius membenamkan modalnya mengembangkan potensi pariwisata bahari di daerah ini, pemerintah daerah pun akan terus meningkatkan infrastruktur. “Paling utama adalah, akses transportasi laut memadai, didukung keberadaan dermaga yang akan mudah dan nyaman dijangkau wisatawan,” paparnya.

Pemkab juga mendorong pengelolaan sektor jasa transportasi laut yang belum optimal. Terbukti saat ini wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari khususnya berkunjung ke pulau-pulau, lebih banyak mengandalkan perahu mesin tempel bahkan kebanyakan memanfaatkan perahu nelayan, tambahnya.

Karenanya sektor jasa diupayakan lebih meningkat lagi. “Pemerintah daerah berharap, ada investor yang tertarik dan serius mengelolanya sebagai fasilitas utama yang akan mendorong peningkatan minat kunjungan pariwisata di daerah ini,” tandasnya

Diakuinya, dalam 2-3 tahun terakhir ini, minat kunjungan pariwisata ke Gorontalo cukup meningkat karena keberadaan beberapa objek wisata bahari diantaranya Pulau Saronde dan beberapa pulau yang dimiliki di kabupaten ini. Upaya-upaya meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana akan terus dilakukan pemerintah daerah agar target 12 ribu kunjungan wisatawan nusantara di tahun 2018 hingga 2019 bisa terwujud.

Ada beberpa wisata bahari Gorontalo yang ditawarkan wisatawan nusantara maupun mancanegara antara lain:

#. Wisata Hiu Paus

Wisata menyaksikan hiu pasu terletak di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Gorontalo. Wisata ini terbilang cukup ekstrem karena pengunjung diperbolehkan berinteraksi dengan mamalia air yang sangat besar ini. Pernah sempat ditutup untuk memberikan aturan dan penyuluhan kepada pengelola kawasan ini agar tetap terjaga kebersihan serta keamanan pengunjungnya. Namun kini sudah dibuka lagi agar wisatawan dapat melihat dari dekat hiu paus tutul yang terdapat di laut ini. Sebelum diberlakukan aturan pemerintah, wisata ini memperbolehkan pengunjung untuk menyelam dan menyentuh langsung hiu paus serta berfoto. Karena alasan untuk keselamatan hiu paus dan pengunjungnya, pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihat hewan ini dari perahu pengunjung yang disediakan pengelola saja.

#. Pulau Diyonumo

Lokasinya i Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini Amat indah serta masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah serta penat lantaran belum terjamah oleh tidak sedikit orang. Bukit-bukit indah di pulau ini adalah satu dari sekian banyaknya daya tarik dari wisata bahari. Pulau ini masih alami, belum ada fasilitas pendukung.

#. Pulau Cinta
Pulau Cinta bukan hanya menyuguhkan wisata pantai, namun juga dapat menyewa penginapan yang romantis. Pulau ini sangat cocok di jadikan sebagai tempat honeymoon. Karena menyajikan pemandangan laut lepas dengan sejuta pesona keindahan unik dan menarik serta laut yang tenang. Pemandangan sebuah pulau kecil berbentuk hati dengan hamparan pasir putih bersih di tengah laut lepas yng dikelilingi penginapan berbentuk resort terbuat dari kayu menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan berkunjung ke Pulau Cinta.

#. Pantai Kurenai

Pantai kurenai lokasinya tidak jauh dari pusat kota Gorontalo. Tempat ini menjadi favorit tujuan wisata karena berada tidak jauh dari pusat kota dan mempunyai pemandangan yang indah. Juga ada lebih dari 20 dive spot bagi pecinta diving. Sekitar 80 % lokasi diving bisa dicapai dengan kendaraan serta tidak jauh dari tepi pantai (shore dive). Eksplorasi lokasi diving di Gorontalo dimulai sekitar tahun 2000. Lokasi diving bisa disebut kelas dunia karena memiliki temperatur perairan relatif hangat serta arusnya tak terlalu kuat. Bahkan tipikal karang terbentuk cukup bervariasi, mulai terumbu karang yang slope, jurang (drop off) dan lainnya.

#. Pantai Dunu
Gorontalo juga menyimpan pantai indah dan menarik. Pantai Dunu yang berlokasi di Kec Monano Kab. Gorontalo Utara, misalnya. Ciri khas pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dengan pasir pantai warna putih dikelilingi bukit di sekitaran pantai. Bahkan Pantai berombak ramah ini dimanfaatkan wisatawan untuk berenang, main pasir, bercengkrama, foto-foto, atau sekedar duduk menunggu sunset tiba. Di Pantai Dunu ini belum ada fasilitas apapun. Akses menuju Pantai Dunu gampang. Pantai ini gak jauh dari Kota Gorontalo, cuma berjarak sekitar 1,5-2 jam perjalanan.

#. Taman Wisata Laut Olele

Taman wisata laut Olele di desa olele kecamatan Kabila Bone yang menyuguhkan wisata air laut juga pantai. Keindahan bawah laut dengan ciri khas biota lautnya menjadikan lokasi ini memberikan kesan spesial bagi wisatawan bersnokerling. Bahkan sebuah spot indah bagi orang-orang pecinta kegiatan menyelam serta aktivitas bawah laut. Bagi wisatawan belum menguasai teknik menyelam, tak usah cemas karena tetap mampu melakukan snokerling di areal yang dangkal. Juga keindahan termbu karang beraneka warna menghiasi taman laut ini. Bahkan di Taman Laut Olele ada Goa Jin, Coral Pole serta Salvador Dali. Goa Jin mempunyai gerbang masuk vertical tegak ke bawah dengan berkedalaman sampai-sampai 22 meter serta menympan keindahan yang sulit terlukiskan.

#. Pulau Saronde

Pulau Saronde adalah sebuah pulau kecil yng terdapat atau terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau seluas mencapai 1 Kilometer ini, dikelilingi keindahan alam yang mengagumkan yaitu pasir putih, batu karang serta hamparan air laut biru indah yng tenang. Pulau ini dikenal menjadi lokasi yang tenang serta indah, beragam fasilitas pun telah tidak sedikit tersedia. Pulau ini selain menyuguhkan pemandangan pantai juga terdapat penginapan yang menarik dan cocok sebagai tempat untuk honeymoon. Bahkan di Pulau ini, bisa untuk snorkeling serta diving. Keindahan taman bawah laut menyimpan beragam terumbu karang yang bagus.

#. Wisata Pantai lainnya ada Pantai Mananggu dengan karakteristik pantai cukup menarik dan batu karang di pantai. Ada antai Tenilo dengan kondisi air pantai yang dangkal dan luas. Ada Pantai Bolihutuo yang memiliki keindahan menyerupai hamparai mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu yang dengannya gulungan ombak yng berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya biru akan memanjakan mata untuk menikmati keindahan pantai ini. Di tempat pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yng menjulang tinggi serta rindang, makin menambah sejuknya suasana. (NDHYK)

Endy Poerwanto