ART & CULTURE INTERNATIONAL NEWS

UNWTO dan Dewan Eropa Promosikan Rute Budaya

MADRID, bisniswisata.co.id: Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) dan Dewan Eropa akan bekerja sama untuk mengembangkan peluang yang ditawarkan pariwisata kepada masyarakat lokal  untuk meningkatkan pengalaman wisata di sepanjang Rute Budaya kawasan Eropa.

Dalam siaran pers UNWTO disebutkan tindakan bersama akan ditujukan untuk mengakui nilai tambah yang ditawarkan rute budaya untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan, perlindungan warisan budaya dan dialog antarbudaya.

Kolaborasi ini juga akan lebih menyoroti potensi rute untuk memajukan pembangunan sosial, ekonomi dan budaya, menguntungkan Eropa dan negara-negara mitranya dengan memperkuat ikatan budaya dan sejarah.

Tahun Ekonomi Kreatif Internasional 2021

Kedua organisasi akan berkolaborasi pertama di bidang pariwisata kreatif, untuk menunjukkan praktik yang baik sejalan dengan Tahun Ekonomi Kreatif Internasional 2021, dan selanjutnya mempromosikan tujuan yang dicakup oleh Perjanjian Sebagian yang Diperbesar tentang Rute Budaya (EPA) Dewan Eropa .

“Sepanjang Rute Budaya, pariwisata memiliki kekuatan untuk mendukung pekerjaan dan menciptakan peluang pembangunan lainnya bagi masyarakat. Ini juga merupakan kesempatan untuk melindungi dan mempromosikan warisan budaya dan untuk merayakan kreativitas.” kata Zurab Pololikashvili, Sekretaris Jenderal UNWTO.

Sekretaris Jenderal Dewan Eropa Marija Pejčinović Buri menambahkan bahwa program Rute Budaya memainkan peran penting dalam mempromosikan warisan budaya Eropa yang kaya, selain menjadi alat yang efektif untuk mendorong dialog antarbudaya dan kerjasama transnasional.

“Kami senang bahwa Organisasi Pariwisata Dunia PBB akan menyumbangkan keahliannya untuk program Rute Budaya berdasarkan Nota Kesepahaman ini.” kata Marija.

Meningkatkan aksesibilitas

Kemitraan ini juga akan melihat UNWTO dan Dewan Eropa memanfaatkan keahlian individu dan kemampuan teknis mereka untuk lebih mengembangkan Rute Budaya, melalui penelitian, pelatihan dan pembuatan kebijakan.

Perhatian khusus akan diberikan pada pemetaan Rute Budaya dan untuk mempromosikan aksesibilitas yang lebih besar bagi penyandang disabilitas dan persyaratan akses khusus.

 

Arum Suci Sekarwangi