Tour de Banten, Upaya Siapkan Destinasi Wisata Sambut Lebaran.

0
42

SERANG, bisniswisata.co.id: Hari pertama kunjungan kerja Menparekraf Sandiaga Uno di Provinsi Banten dimanfaatkan untuk tour de Banten, sekaligus mempersiapkan destinasi wisata untuk menghadapi limpahan kunjungan wisatawan domestik sambut Lebaran.

“Pagi hari saya lakukan tour de Banten untuk siapkan destinasi wisata dan berkordinasi dengan berbagai pihak. Saya pesan juga agar satgas Toilet siaga. Semua destinasi wisata harus menyiapkan protokol kesehatan termasuk kebersihan toilet,” ujarnya saat mengunjungi Kota Serang, Selasa (6/4/2021).

Sandiaga paparkan jadwal siangnya adalah ke Cikeusik dimana juga ada desa wisatanya sehingga wisatawan  bisa berkunjung ke desa-desa wisata yang ada di Provinsi ini. Desa wisata agar dioptimalkan mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan.

“Desa wisata bisa kita tingkatkan karena harus ada alternatif jika memang beberapa destinasi wisata melebihi kapasitas. Kita bisa mengarahkannya,” kata Sandiaga.

Menurut Manparekraf larangan mudik Lebaran diyakininya akan membawa hikmah kebangkitan pariwisata Banten. “Dengan peniadaan mudik maka destinasi-destinasi wisata di Provinsi Banten akan banyak menerima limpahan kunjungan wisatawan lokal.

Selain Cikeusik yang dikembangkan menjadi kawasan agrowisata, dia juga mengunjungi kawasan ekonomi khusus ( KEK) Tanjung Lesung dimana 1-2 tahun ke depan sudah ada tol sehingga masalah aksesibilitas menjadi lebih mudah.

Sandiaga memang menaruh harapan  besar untuk kebangkitan pariwisata Banten. Pada webinar Peringatan Hari Pers Nasional ( HPN) Febuari lalu bersama Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI)  dia menegaskan agar pariwisata di kawasan Carita dan Anyer hidup kembali seperti tahun 80-an.

Dia mengaku akrab dengan kawasan Anyer, sekitar 20 tahunan lalu saat baru memiliki keluarga kecil kerap berkunjung ke kawasan ini dan menginap di Hotel Marbella. 

“Kami berharap Banten akan terus menyiapkan destinasi-destinasi wisatanya. Mengedepankan wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Apalagi mudik ditiadakan. Tempat-tempat wisata yang ada di Banten pasti akan kedatangan banyak pengunjung dari daerah sekitar,” ujarnya.

Untuk menekan angka penyebaran  COVID-19 semua pihak harus berkolaborasi. “Kita sama-sama buktikan bahwa pariwisata bukanlah bagian dari masalah, melainkan solusi bangsa ini keluar dari pandemi dan bangkit dari masa sulit,”

Di Banten bisa temukan banyak sekali tempat wisata mulai dari objek wisata pantai, pegunungan, air terjun, hingga objek wisata berjenis edukasi semisal kampung wisata Badui dan Tanjung Lesung yang kita menjadi tujuan staycation.

Pantai Anyer, Pantai Carita, Gunung Krakatau,  Pantai Sawarna, Pulau Umang, Pantai Tanjung Lesung, Kampung Badui, Kampung Agrinex, Sungai Ciberang,  Pulau Burung, Pulau Sangiang, Masjid Agung Banten hanyalah sebagian kecil tujuan wisata di provinsi Banten yang dulu menyatu dengan provinsi Jawa Barat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.