Uncategorized

Top 3 Tujuan Pariwisata Halal Untuk 2023, Bali Termasuk

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Anda perlu mengenal pariwisata halal mengacu pada perjalanan yang sesuai dengan prinsip dan hukum Islam. Ini termasuk penyediaan makanan halal, pemisahan pria dan wanita di ruang-ruang tertentu, dan ketersediaan fasilitas shalat/doa. 

Dilansir dari thehalaltimes.com, pariwisata halal penting bagi pelancong Muslim karena memungkinkan mereka untuk sepenuhnya mempraktikkan agama mereka saat berlibur, tanpa harus berkompromi dengan keyakinan atau nilai-nilai mereka. 

Hal Ini juga membantu memastikan bahwa wisatawan merasa nyaman dan disambut di tujuan mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan pariwisata halal telah tumbuh secara signifikan, dengan semakin banyak tujuan di seluruh dunia mengakui pentingnya melayani pasar ini. 

Tren ini diperkirakan akan berlanjut di tahun-tahun mendatang, dengan industri pariwisata halal global yang diproyeksikan mencapai $ 300 miliar pada tahun 2026.

Top 3 Destinasi Pariwisata Halal

 1: – Dubai, Uni Emirat Arab 

Dubai adalah kota metropolitan yang berkembang dan tujuan populer bagi para pelancong dari semua jenis, termasuk mereka yang mencari pilihan ramah halal. 

Kota ini dikenal dengan infrastruktur modern, hotel-hotel mewah dan pusat perbelanjaan, dan beragam penawaran budaya. Ada banyak atraksi dan kegiatan ramah halal untuk dinikmati di Dubai. Beberapa contoh meliputi: 

  • Mengunjungi Burj Khalifa, bangunan tertinggi di dunia, dan menikmati pemandangan dari dek observasi yang terjadi pada safari gurun.
  • Anda juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan seperti Dunhing Bashing dan Camel Riding 
  • Shopping di Dubai Mall, di dunia terbesar di dunia, Mal terbesar di dunia, dan menemukan merek internasional serta suvenir emirati tradisional.
  • Belajar tentang sejarah dan budaya Dubai di Museum Dubai, yang bertempat di benteng abad ke-18 
  • Mengambil tur perahu Dubai Creek, di mana Anda dapat melihat rumah-rumah emirati tradisional dan mengunjungi pasar rempah-rempah dan emas Souk.

Ada juga banyak pilihan akomodasi untuk wisatawan halal di Dubai, mulai dari hotel mewah hingga pilihan ramah anggaran. Banyak hotel di Dubai menawarkan pilihan makanan halal, kolam renang terpisah dan fasilitas olahraga untuk pria dan wanita, dan ruang shalat. 

Beberapa hotel juga memiliki lantai khusus atau sayap untuk pelancong wanita, untuk memastikan bahwa mereka memiliki privasi tambahan. dan merupakan tujuan populer untuk wisatawan halal. 

 

2.Istanbul, Turki

0

Terletak di persimpangan Eropa dan Asia, Istanbul adalah rumah bagi campuran pengaruh Barat dan Timur, menjadikannya tujuan yang unik dan menarik. 

Ada banyak atraksi dan kegiatan ramah halal untuk dinikmati di Istanbul. Beberapa contoh meliputi: 

  • Mengunjungi Hagia Sophia, sebuah situs warisan dunia yang dulunya merupakan gereja dan sekarang adalah museum, dan mengagumi arsitekturnya yang indah dan mosaik yang rumit.
  • Menjelajahi Grand Bazaar, salah satu pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia, dan tawar-menawar untuk oleh-oleh dan barang-barang tradisional Turki.
  • Mengunjungi Istana Topkapi, kediaman utama dari Sultan Ottoman selama hampir 400 tahun, dan belajar tentang sejarah dan budaya Kekaisaran Ottoman.
  • Melihat Selat Bosphorus, yang memisahkan Eropa dan Asia, dan melakukan tour perahu untuk melihat kota dari air. Di tur, Anda dapat melihat cakrawala ikonik kota dan mengunjungi Kepulauan Pangeran yang menawan.
  • Mengunjungi Masjid Biru, masjid ikonik dengan ubin biru yang indah dan halaman besar, dan berpartisipasi dalam ritual doa Muslim tradisional (jika Anda tertarik).

Ada juga banyak pilihan akomodasi untuk wisatawan halal di Istanbul, termasuk hotel yang menawarkan makanan halal, fasilitas terpisah untuk Pria dan wanita, dan ruang shalat/doa. 

Beberapa hotel juga memiliki lantai khusus atau sayap untuk pelancong wanita, untuk memastikan bahwa mereka memiliki privasi tambahan.

3.Bali, Indonesia 

Bali adalah pulau Indonesia yang terletak di ujung barat Kepulauan yang lebih rendah, terletak di antara Jawa ke barat dan Lombok ke timur. Ini adalah tujuan populer bagi para pelancong dari semua jenis, termasuk mereka yang mencari pilihan ramah halal. 

Bali dikenal karena pantainya yang indah, hutan rimbun, dan budaya yang bersemangat. Beberapa contoh dari atraksi dan kegiatan ramah halal di Bali meliputi: 

  • Mengunjungi Kuil Tirta Empul, sebuah kuil musim semi suci yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan magis 
  • Melihat matahari terbit di Gunung Batur, gunung berapi aktif.
  • Mengunjungi Kuil Uluwatu, sebuah kuil yang menakjubkan bertengger di atas tebing yang menghadap ke lautan snorkeling atau menyelam untuk melihat kehidupan laut berwarna-warni di perairan Bali 
  • Mengunjungi desa tradisional Bali Tenganan, di mana Anda dapat melihat kehidupan desa tradisional dan berpartisipasi dalam kegiatan budaya

Ada banyak pilihan akomodasi untuk wisatawan halal di Bali, termasuk hotel yang menawarkan pilihan makanan halal, fasilitas terpisah untuk pria dan wanita, dan ruang shalat/doa. 

Beberapa hotel juga memiliki lantai khusus atau sayap untuk pelancong wanita, untuk memastikan bahwa mereka memiliki privasi tambahan. 

Kesimpulan 

Tiga tujuan pariwisata halal teratas adalah Dubai, Istanbul, dan Bali. Tujuan-tujuan ini menawarkan berbagai atraksi dan kegiatan ramah halal, serta pilihan akomodasi yang memenuhi kebutuhan pelancong Muslim. 

Dubai adalah kota modern dengan hotel-hotel mewah dan pusat perbelanjaan, serta budaya dan sejarah emirati tradisional. Istanbul adalah kota dengan sejarah dan budaya yang kaya, yang terletak di persimpangan Eropa dan Asia. 

Bali adalah pulau Indonesia yang dikenal karena pantainya yang indah, hutan rimbun, dan budaya yang bersemangat.

Kami mendorong para pelancong Muslim untuk mempertimbangkan tujuan-tujuan ini untuk liburan berikutnya. 

Mereka menawarkan kesempatan untuk sepenuhnya mempraktikkan agama Anda sambil menikmati semua tujuan yang beragam dan menarik ini. 

Apakah Anda tertarik dengan kemewahan atau petualangan, ada sesuatu untuk semua orang di tujuan pariwisata halal teratas ini.

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)