Tips Tetap Produktif Saat Liburan

0
143
Persiapan raveling

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Liburan dengan melancong tenang tanpa ada pikiran pekerjaan adalah hal yang diinginkan semua pekerja. Tapi, apa boleh buat, terkadang kita masih harus tetap bekerja saat sedang liburan. Namun, hal itu bukan lagi masalah, dilansir di CNN, Kamis (14/03/2019) inilah delapan tips untuk tetap produktif saat liburan.

#. Buat Perencanaan Matang

Buat jadwal yang jelas soal kegiatan yang akan dilakukan saat liburan. Jika ada jam kosong, maka manfaatkan waktu itu untuk mengerjakan tugas kantor. Pastikan akomodasi selama berlibur sudah jelas. Jangan sampai Anda masih harus mencari akomodasi saat sedang liburan, hal itu akan sangat menyita waktu.

#. Jaga Kesehatan

Sering bepergian, khususnya terbang jauh, bisa membuat sistem kekebalan tubuh rentan terhadap penyakit. Cobalah tetap menjaga kesehatan untuk memaksimalkan tingkat produktivitas Anda. Jika merasa penat terbang dan tak bisa tidur, beberapa gerakan olahraga bisa membantu mengatasinya. Lalu ketika makan, mungkin lebih mudah memesan makanan cepat saji saat liburan, tapi itu bisa membuat perut terasa kembung dan cepat lelah. Pilihlah camilan dan makanan yang sehat, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Hindari kafein, alkohol, dan tembakau yang berlebihan. Hal itu bisa membuat Anda merasa cepat lesu.

#. Rutinitas Tidur

Tubuh perlu waktu untuk beradaptasi dengan zona waktu dan lingkungan yang berbeda. Beberapa hari sebelum memulai perjalanan, samakan waktu pada jam tangan atau ponsel sesuai dengan waktu tempat tujuan Anda. Dengan ini Anda bisa beradaptasi dengan waktu sebelum mulai terbang dan tiba di destinasi pilihan.

#. Berikan Waktu Luang

Luangkan waktu untuk menjelajahi destinasi Anda. Mempelajari budaya setempat bisa memberi pengalaman baru. Selain itu bisa merangsang kreativitas dan bahkan dapat memicu ide-ide baru yang dapat diterapkan pada pekerjaan. Selain mengambil foto, sempatkan juga untuk membuat video di setiap destinasi. Liburan tenang tanpa ada pikiran pekerjaan adalah hal yang diinginkan semua pekerja. Tapi, apa boleh buat, terkadang kita masih harus tetap bekerja saat sedang liburan. Namun, hal itu bukan lagi masalah, dilansir di CNN, inilah delapan tips untuk tetap produktif saat liburan.

#. Manfaatkan Peluang Tambah Jaringan

Sebisa mungkin, di mana pun berada, tambahlah daftar jaringan Anda. Ketika sedang di bandara, hotel, atau di tempat wisata, sempatkan waktu bertemu orang baru dan berkenalan. Tidak ada yang tahu mereka bisa menguntungkan Anda dalam hal profesional, apalagi jika mereka bekerja di bidang yang sama.

#. Tetap Update dengan Kabar dan Tren Terbaru

Ikuti perkembangan berita dan tren yang bisa muncul dipemberitahuan ponsel Anda. Hal ini penting untuk memastikan hal yang sedang Anda kerjakan adalah sesuatu yang terbaru dan relevan.

#. Dengarkan Podcast
Jika liburan banyak memakan waktu di jalan, kamu tidak akan punya kesempatan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Manfaatkan waktu ini untuk mendengar //podcast// yang edukasional dan menginspirasi seperti TED Talks Daily. Mendengar wawasan orang lain berdasarkan pengalaman kehidupan pribadi atau profesional mereka, bisa sangat berharga serta merangsang secara emosional ketika Anda berada di jalan.

#. Menyerahkan Pekerjaan

Ini hal yang paling penting. Ketika sudah bener-benar tidak bisa mengerjakan tugas Anda saat liburan, serahkan tugas itu kepada delegasi Anda untuk melakukannya. Dengan begitu, tugas-tugas Anda tetap rampung tepat waktu meski dengan bepergian. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.