Home INDEX Tips Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan

Tips Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan

0
18
Liburan Tahun Baru

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Libur panjang Natal dan Tahun Baru segera tiba. Meski kurang sebulan lagi, namun persiapan perencanaan sudah dilakukan sejak dini secara matang. Memang. liburan identik dengan menghabiskan dana yang tidak sedikit. Selalu saja ada hal-hal yang membuat pengeluaran pasti membengkak
Namun dengan langkah yang cerdas, tetap nyaman dan pengeluaran tetap terkendali sehingga liburan akan menyenangkan

Ada beberapa tips penting yang perlu disiapkan agar liburan berjalan dengan lancar, antara lain:

#. Menyusun rencana

Susun perencanaan, apakah mau liburan akhir tahun di dalam kota, atau keluar kota atau keluar negeri. Hal itu penting dilakukan jika traveler tidak memiliki waktu yang cukup fleksibel. Jikalau waktu liburan memerlukan perpanjangan waktu karena suatu hal, ini bisa disiasati. Jadi, perencanaan ini lebih terkait waktu liburan agar berjalan nyaman walau terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan.

#. Pesan tiket lebih awal
Kalau poin ini pasti traveler sudah tahu alasannya. Kenapa? Dapat dipastikan bahwa traveler akan kesulitan mendapat tiket jika membeli di hari keberangkatan karena volume penumpang yang meningkat pesat dibanding hari biasa.

#. Cari promo hotel

Juga memesan akomodasi jauh-jauh hari dinilai penting agar Anda bisa mendapatkan harga yang murah atau bahkan promo dan diskon. Sementara jika Anda memesan dekat dengan waktunya, maka umumnya harga akan melonjak. Mulailah memesan akomodasi 2 sampai 3 bulan sebelum Desember lebih bagus. Jika memesan perjalan saat peak seasson, maka harga akan melonjak. Ini karena peak season dimanfaatkan pengelola hotel untuk meningkatkan jumlah hunian dan pendapatan. Maka dari itu, memanfaatkan promo jauh-jauh hari penting untuk menghemat dana Anda

#. Teliti menghitung biaya

Sesuaikan perjalanan liburan dengan budget yang ada. Jadi traveler jangan asal belanja dan mengeluarkan uang saat liburan. Hal di atas untuk menghindari pengeluaran yang berlebih karena terlena saat liburan. Pastinya tidak baik pula jika Anda terlalu boros dalam membelanjakan uang saat liburan akhir tahun. Perlu diingat alokasi dana untuk liburan adalah 5 persen sampai 8 persen dari total gaji tahunan Anda. Alokasi dana ini haruslah disesuaikan dan diperkirakan secara detail agar tidak muncul biaya ekstra.

#. Jangan lupa perlengkapan pribadi

Persiapkan perlengkapan pribadi untuk liburan. Apa saja? Mulai dari obat sampai kosmetik Jika traveler memiliki masalah kesehatan jangan sampai dihiraukan. Sekecil apapun obat, harus dibawa supaya liburan akhir tahun berjalan lancar pula. Tujuannya agar tidak mengeluarkan uang lagi saat dalam perjalanan.

#. Jaga kesehatan
Tentu traveler tidak ingin liburan akhir tahun bersama orang tersayang malah terhambat. Dengan menjaga pola tidur dan makan yang teratur adalah poin pentingnya. Jadi petualangan traveler saat liburan akhir tahun akan semakin menyenangkan.

#. Siapkan uang tunai

Kartu debit ataupun kredit memang ringkas dan memudahkan dalam bertransaksi. Namun ada satu hal yang perlu traveler ketahui, apa itu? Tidak semua tempat yang traveler kunjungi terdapat fasilitas yang mendukung uang elektronik itu. Jadi persiapkan uang tunai pula ya!

#. Pilih destinasi anti mainstream

Kenapa traveler dianjurkan memilih destinasi anti mainstream? Jawabannya adalah bagi traveler yang terlalu suka keramaian pasti menemukan ketenangan saat liburan akhir tahun. Jauh dari hiruk pikuk akan menjauhkan traveler pula dari kemacetan.

#. Aktifitas liburan
Tidak kalah seru adalah aktivitas saat Anda berada di daerah tujuan. Jika Anda berencana untuk menghabiskan malam tahun baru, beberapa hotel menawarkan promo perayaan malam tahun baru sehingga Anda bisa lebih menghemat budget Anda tanpa perlu keluar hotel dan memakan biaya transportasi lagi.

#. Asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan sangat penting bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh. Menurut Budi, asuransi memiliki banyak kegunaan salah satunya meliputi permasalahan delay pesawat ataupun kejadian yang tidak diinginkan saat Anda berada dalam perjalanan. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.