Tiket Penerbangan Domestik Mahal, Turis Milenial RI Pilih Ke Korea dan Thailand

0
136

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Penjualan tour domestik anjlok dititik terendah dan ini sangat berpengaruh bagi travel agent  didaerah yang domainnya tour dalam negeri, ungkap Djohari Somad, Managing Director Multi Tours, hari ini.

“Harga penerbangan tiket domestik yang mahal bahkan tanpa bagasi berpengaruh pada penjualan paket wisata dalam negri, sebaliknya paket outbound justru laris,” tambahnya.

Meski harga tiket penerbangan mulai turun namun belum mendorong penjualan paket-paket wisata dalam negri seperti Bali Nusa Penida all in seharga Rp 2,6 juta minimal 4 orang yang ditawarkan Multi Tours bisa diminati masyarakat terutama kalangan milenial.

“Paket ke luar negri terutama Korea Selatan yang dipasarkan sejak Januari 2019 justru laris. Demam K-Pop dan idola artis-artis Korea menjadi daya tarik yang kuat sehingga kalangan milenial suka berwisata ke Korea bersama keluarga atau komunitasnya,” jelas Djohari Somad yang juga ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI).

Paket wisata ke Korea sudah laris dari tahun ke tahun dan pihaknya mengemas paket-paket kekinian yang digemari oleh kalangan milenial yang menjadi booming akibat mereka menyukai film dan lagu lagu korea.

Paket yang banyak diminati turis milenial RI

“Mengemas paket wisata untuk milenial pilih  paket – paket yang instagramable. jika dulu wisatawan indonesia menjadi raja shopping, kini bertambah menjadi raja shopping dan upload media sosial ( medsos),”

Menurut dia paket paket backpaker lebih digemari. Asal murah dan peserta tour bisa upload di media sosial sesering mungkin dan belanja oleh oleh, maka paket laris apalagi jika peserta datang dari satu komunitas, maka dijamin perjalanannya tambah seru.

“Harga paket ke Korea 5 hari/ 3 malam cuma Rp 8.350.000. Sudah biaya semuanya kecuali visa dan tip untuk guide. Paket ini reguler hingga bulan Juni 2019. Kalau Maret, udaranya masih dingin kapan lagi selfie pakai jacket dan sepatu booth,” kata Djohari Somad menggoda.

Tiba di Seoul, ibukota Korea Selatan destinasi yang dituju adalah Nami island, pulau romantis  yang sering menjadi lokasi shooting drama-drama korea yang sangat populer, seperti Winter Soneta yang pernah tayang di TV swasta di tanah air.

“Rute lainnya ke Gunung Sorak atau  Mt. Seoraksan National Park, peserta naik cable car lihat patung budha, klenteng, Benteng dan pemandangan indah lainnya,”

Biasanya yang paling seru di hari ke empat karena rombongan ke Istana  Gyeongbokgung Palace, semua memakai baju tradisional Korea, Hanbok dan mengunjungi tempat pembuatan Kimchi, tambah Djohari.

“Jujur saja, sejak awal tahun tour-tour ke luar negri yang laku. Ke Bangkok Pataya 4 hari 3 malam cuma Rp 3.550.000/orang sudah termasuk tiket, hotel, makan jalan jalan dengan pesawat Air Asia tanpa bagasi, seat in coach. tanpa tour leader dari Jakarta. Paket yang dijuall hingga 25 Juni 2019 setelah Lebaran ini juga laris,” tuturnya.

Agar kalangan milenial dan wisatawan domestik mau berwisata di dalam negri maka selain obyek wisata yang dituju punya spot instagramable juga tiket penerbangannya sebagai komponen utama dalam paket tour juga harus bisa bersaing.

“Saat ini untuk berwisata di dalam negri justru lebih mahal ketimbang ke Bangkok, Oleh karena itu harus ada upaya dari pemerintah Dan penerbangan untuk merebut pasar wisata domestik lagi,” tandas Djohari Somad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here