Home INDEX Ternyata, Obyek Wisata di Bali Ada yang Sepi Turis

Ternyata, Obyek Wisata di Bali Ada yang Sepi Turis

0
257
Blue Lagoon Sambangan Bali (Foto: Travelingyuk.com)

DENPASAR, bisniswisata.co.id: Pariwisata Bali memang amazing. Salah satu gerbang utama bagi wisatawan mancanegara (wisman) selalu identik ramai dikunjungi pelancong asing. Beberapa destinasi wisata di Pulau Dewata memang nampak selalu padat, ramai dan hiruk pikuk lalu lalang wisatawan lokal, nasional hingga internasional.

Kemacetan di Denpasar, kuta, Bedugul serta beberapa kawasan lainnya selalu menjadi momok bagi wisatawan, yang berharap mendapatkan ketenangan saat menginjakkan kakinya di Pulau sejuta Pura. Kondisi ini belum ditambah masalah beberapa orang yang mengendarai motor secara serampangan, parkir kendaraan seenaknya. Juga badan jalan dipakai jualan.

Karenanya jangan kaget, jika ada obyek wisata di Bali yang belum terlalu ramai para pelesir. Meski sepi kunjungan bukan berarti tak diminati atau kurang laku dijual. Namun suasana sepi itu dapat memberikan sensasi tersendiri. Liburan makin tenang tanpa distraksi yang terlalu banyak.

Namun tidak semua kawasan di Bali menjadi padat dikunjungi wisatawan, masih ada beberapa tempat di luar kawasan Bali Selatan, misalnya yang jauh lebih manusiawi. Mengutip CNN Travel dan Travelingyuk.com, Kamis (07/02/2019) berikut adalah destinasi wisata di Bali yang masih sepi wisatawan. Antara lain:

#. Balian

Bali bagian barat memang jarang ‘disentuh’ oleh wisatawan, mengingat letaknya yang cukup jauh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Namun bagi wisatawan yang gemar surfing, perjalanan mencari pantai yang ombaknya menggoda adalah sebuah kewajiban. Balian adalah salah satu pantai yang kerap menjadi tujuan para surfer, namun jangan harap bisa bersantai-santai di pantai ini. Wisatawan harus menempuh jalur yang cukup membuat hati berdebar.

#. Sidemen

Sidemen, sebuah desa yang berada di kawasan lembah di Kabupaten Karangasem. Untuk mencapai tempat ini, diperlukan perjalanan berjam-jam dengan kendaraan bermotor melewati jalur yang menantang. Jelas realita ini bukan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Setibanya di Sidemen, beragam pemandangan menarik dan akomodasi siap memanjakan selera wisatawan untuk bersantai.

#. Munduk
Bali tak melulu perkara pantai semata, salah satu kawasan yang menarik untuk dikunjungi adalah pegunungan yang ada di Pulau Dewata bernama Munduk. Sebuah desa yang masih asri juga memiliki banyak potensi wisata. Berada di Munduk bisa membuat siapapun melupakan kepenatan dan juga kebutuhan akan pendingin udara. Berjalan kaki di pagi hari adalah pilihan yang tepat untuk menikmati sejuknya kawasan yang tidak riuh ini. Lansekap perbukitan di desa ini juga menjadi pemandangan yang indah dengan bermacam bunga di sekelilingnya. Juga terdapat tiga air terjun di Desa Munduk. Air jernih dan debit air yang deras membuat cuaca khas perbukitan semakin terasa.

#. Nusa Penida
Tak hanya pulau Bali sebagai pulau utama, provinsi Bali juga memiliki beberapa pulau kecil. Salah satu yang cukup ramah untuk dikunjungi ketika sedang bosan dengan kegaduhan adalah Nusa Penida. Untuk menuju tempat ini, akses satu-satunya adalah dengan menggunakan perahu.

#. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat (TNBB) adalah satu-satunya kawasan taman nasional yang yang berada di Provinsi Bali. Terletak di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana, TNBB memiliki luas sekitar 77,7 hektare yang terdiri atas kawasan Suaka Margasatwa Bali Barat, Cagar Alam, Hutan Lindung, dan perairan pantai. Tak hanya sebagai kawasan konservasi, TNBB juga kerap dijadikan lokasi rekreasi sebagian orang khususnya mereka yang menggemari olahraga minat khusus seperti diving.

#. Secret Beach Nusa Ceningan
Sesuai namanya, lokasi pantai tropis ini cukup tersembunyi. Tempatnya masih tergolong sepi dari pengunjung dan benar-benar bersih. Dengan garis pantai sepanjang 50 meter, pantai ini seolah-olah menjadi pantai pribadimu. Tapi hati-hati ya, ombak pantai ini tergolong liar. Jadi lebih baik kamu hanya bermain di bibir pantai saja. Secret Beach terletak tidak jauh dari Blue Lagoon dan searah dengan spot yang biasa digunakan untuk cliff jumping.

#. Air Terjun Tukad Cepung
Untuk mencapai lokasi Tukad Cepung kamu perlu melewati beberapa rute yang berundak, menyisir tepian sungai, dan menuruni tebing yang memiliki bebatuan seperti ngarai. Air terjun yang berada pada Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, memiliki jatuhan yang rapi dan mengalir di batu dengan bentuk seperti dinding. Matahari hanya mengenai bagian air terjun saja, sehingga bagian jatuhan lebih terang dari sisi-sisi yang lain.

#. Blue Lagoon Sambangan

Blue Lagoon termasuk salah satu destinasi wisata yang masih sepi di Desa Sambangan. Di sini kamu dapat menemukan laguna dengan air berwarna biru jernih. Serta terdapat sungai kecil dengan aliran air yang jatuh ke laguna. Walaupun memiliki lansekap yang indah, tempat tersembunyi ini belum banyak dijamah oleh pengunjung. (NDY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here