Surga Tersembunyi Kepulauan Togean Diminati Investor China

0
278
Kepulauan Togean Sulawesi Tenggara (Foto: Plesir! - Spektakel.id)

PALU, bisniswisata.co.id: Kepulauan Togean benar-benar surga tersembunyi. Destinasi wisata di wilayah Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, namanya lebih dikenal di mancanegara karena memang memiliki panorama alam yang luar biasa. Aroma petualangan alam bawah laut jadi tantangan baru bagi para diver. Keunggulan nuansa laut dan pantainya, dilengkapi sejumlah goa di pulau-pulau kecil begitu indah.

Ditambah lagi ada air terjun tersembunyi yang tidak boleh dilewatkan. Poin pentingnya kawasan coral triangle merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut dunia. Bahkan, termasuk kawasan konservasi paling utama yang di bawah naungan langsung WWF (World Wide Fund for Nature).

Ada empat tipe terumbu karang: Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef). Terdata, sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 family, tersebar di kepulauan ini. 7 Spesies diantaranya adalah spesies endemik Kepulauan Togean. Semua karang tersebut menjadi rumah bagi ratusan spesies ikan di Kepulauan Togean.

Inilah kehebatan Pulau Togean. Lebih hebat lagi, wisatawan tidak perlu susah-susah menyelam menikmati karang-karang itu. Dari tepian pantai, terumbu karang yang indah itu bisa dilihat. Jernihnya air yang bak kristal, sangat mendukung hal itu. Bahkan, terumbu-terumbu karang itu bisa dilihat di bawah rumah penduduk Togean. Keren kan.

Begitu kerennya, Investor asal China melirik dan meminati potensi Kepulauan Togean untuk memananamkan modalnya dengan mengembangkan wisata bahari. “Belum lama ini, investor asal China sudah bertemu dengan Pak Bupati Tojo Unauna di Jakarta membahas ketertarikan mereka untuk berinvestasi di Kepulauan Togean,” kata Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Tojo Unauna Manuwar Mapu dihubungi dari Palu, Sabtu (3/3/2018).

Dia mengatakan, tertariknya investor asal China itu berinvestasi di Kepulauan Togean, karena wilayah itu memiliki keindahan laut dan sudah dikenal oleh turis mancanegara. Dalam pertemuan investor dengan bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay pada 27 Februari, banyak membahas sejumlah keunggulan dan rencana pengembangan sektor pariwisata di Kepulauan Togean.

Dilanjutkan, Investor tertarik karena wilayah Togean punya potensi besar dalam hal keindahan pulaunya, seperti laut, pulau-pulau kecilnya serta alam dan keindahan lainnya. “Kepuluan Togean merupakan daerah yang memiliki keindahan pariwisata karena banyak pulau-pulau kecil, keindahan alam bawah lautnya serta alamya yang masih alami,” jelasnya

Ivestor asal China itu, kata dia, berencana berinvestasi dengan membangun destinasi wisata berupa cottage. Pemerintah Tojo Unauna sendiri, sudah memberi perhatian untuk meningkat promosi wilayah itu, melalui berbagai macam kegiatan, seperti Pesona Lipuku dan Tour de Central Celebes.

Rencananya, seperti dilansir laman Antara, investor itu akan bangun hotel berbintang di Ampana (ibu kota Tojo Unauna), bahkan dalam waktu dekat pihak investor akan melakukan survei lokasi dan data-data pendukung lainnya. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.