Home DAERAH Sungai Mahoni, Destinasi Wisata Baru Wonogiri

Sungai Mahoni, Destinasi Wisata Baru Wonogiri

0
244
Sungai Mahoni obyek wisata baru Wonogiri Jawa Tengah (Foto: Kompas.com)

WONOGIRI, bisniswisata.co.id: Wonogiri, Jawa Tengah kini memiliki destinasi wisata baru, namanya Sungai Mahoni. Berlokasi di Sumberejo, Jatisrono, Wonogiri. Obyek wisata ini baru beberapa waktu lalu diresmikan. Tepatnya tanggal 10 April 2019.

Di Wisata Sungai Mahoni pengunjung bisa berfoto-foto di lokasi top selfie, yang memang disediakan sebagai ajang untuk berfoto. Barisan bunga-bunga ditata cantik, terdapat pula jajaran payung-payung yang digantung sehingga membuat lokasi ini, makin instagramable, makin cantik dan makin enak dipandang mata.

Nama Sungai Mahoni lantaran di lokasi ini terdapat aliran sungai yang mengairi persawahan warga dan adanya pohon-pohon mahoni di sekitar lokasi wisata. Dengan kata lain, wisata Sungai Mahoni cukup asyik digunakan untuk berkumpul bersama keluarga, pasalnya pohon-pohon mahoni yang ada di tempat ini cukup banyak sehingga memberikan kesan teduh menaungi.

Selain ajang foto selfie, setiap hari minggu terdapat acara dangdut yang kerap kali digelar di sana. Ada pula menara doyong yang bisa digunakan untuk menikmati Sungai Mahoni dari sisi atas, serta becak air untuk menyusuri sungai.

Untuk masuk ke area Sungai Mahoni, pengunjung cukup membayar Rp 3.000 saja. Tempat wisata ini buka setiap hari dari sekitar pukul 08.00 WIB hingga malam hari. Datang kemari, jangan lupa mencicipi aneka makanan yang dijajakan warga sekitar di warung-warung di dalam area Sungai Mahoni. Nantinya, di lokasi ini juga dibangun Taman Bunga Celosia yang rencananya akan selesai sebelum Idul Fitri.

Wisata Sungai Mahoni merupakan ide dari Agus Supriyanto. Ia mengaku mendapat ide pembuatan wisata Sungai Mahoni usai mengunjungi wisata Pinus Kragilan. Kemudian mengajak beberapa warga untuk membuat wisata Sungai Mahoni. “Ke depan wisata Sungai Mahoni bisa bermanfat untuk warga sekitar,” harap Agus seperti dilansir laman Kompas.com, Kamis (09/05/2019).

Tercatat ada 37 obyek wisata di wilayah Wonogiri Jawa Tengah. Mulai wisata pantai, alam, perbukitan, waduk, budaya, kuliner, wisata sungai, museum hingga wisata buatan. Antara lain:

#. Wisata Bahari Pantai

Kurang pas rasanya jika berkunjung ke Wonogiri, jika tak mengunjungi wisata bahari pantai yang eksotis. Pantainya sangat alami yang memiliki hamparan pasir putih sangat bersih. Sapuan ombak menyapu batu batuan karang menjadi daya tariknya. Bukit pinggir pantai yang menarik perhatian. Dan batu karangnya asyik untuk dijajaki. Wisata pantai di Wonogiri antara lain Pantai Nampu, Pantai Sembukan. Pantai Banyutowo. Pantai Puyangan. Pantai Klotok. Pantai Pringjono. Pantai Banyutowo. Pantai Waru. Pantai Karang Bang. Pantai Karang Payung. Pantai Junjungan dan Pantai Dadapan.

#. Wisata Air Terjun

Lantaran topografinya sebagian besar merupakan pegunungan, Wonogiri juga memiliki banyak air terjun. Bahkan karakteristiknya pun beragam, mulai dari yang dangkal hingga kedalaman belasan meter. Ada yang sudah tersohor sebagai kawasan wisata andalan, ada juga yang masih belum banyak dijamah pengunjung. Namun berwisata sambil bermain air terjun dengan suasana yang private dan nyaman, memang sangat mengasyikkan dan menjadi pengalaman tersendiri. Air terjun di Wonogiri antara Air Terjun Kalimas. Air terjun Seloresi. Air Terjun Girimanik. Air Terjun Binangun Watu Jadah. Air Terjun Karangtalun Semagar. dan Air Terjun Kahyangan Tirtomoyo.

#. Wisata Bukit atau Puncak

Obyek wisata puncak maupun bukit di Wonogiri sangat beragam, Dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apalagi kini menikmati di atas bukit sedang naik daun dan hits. Bahkan wisata puncak banyak sekali diburu oleh para traveller dari berbagai macam daerah mulai dari daerah Jawa Timur dan juga wilayah lainnya yang berjauhan. Tempat ini menjadi spot yang paling indah untuk mengabadikan momen wisata anda sambil menunggu indahnya pemandangan matahari terbenam. Bagi traveller yang gemar dengan olahraga yang memacu adrenalin seperti paralayang, dapat menyaksikan kegiatan paralayang yang bertaraf internasional. Obyek wisata itu antara lain Puncak Joglo. Bukit Jonambang. Menara Pandang Soko Gunung. Puncak secokro. Bukit Cumbri. Taman Wisata Tunggangan. Puncak Gantole.

#. Waduk Gajah Mungkur

Waduk yang satu ini adalah waduk yang menjadi salah satu ikon wisata Wonogiri. Sehingga tempat ini juga sangat wajib untuk dimasukkan ke dalam rencana perjalanan anda di Wonogiri. Walaupun waduk ini merupakan waduk buatan namun pemandangan yang ada pada lokasi wisata yang satu ini tidak kalah eksotisnya. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai bareng keluarga dan juga teman karena suasananya yang sangat nyaman. Selain iu bagi traveller yang gemar mencoba permainan air juga dapat menikmati fasilitas yang sudah disediakan seperti jet ski, boat, beberapa fasilitas menarik lainnya. Bagi para pemburu spot foto keren juga dijamin akan terpuaskan karena disini anda dapat menjumpai spot foto yang sangat instagramable.

#. Sendang Asri Wonogiri

Jika sudah mampir ke Waduk Gajah Mungkur, maka sempatkan juga untuk mampir ke tempat ini. Sendang Asri letaknya berdekatan dengan Waduk Gajah Mungkur dan juga tempat ini dapat melengkapi rangkaian perjalanan para traveller. Di tempat ini traveller dapat menjumpai wahana atau hiburan tambahan yang lebih lengkap mulai dari kolam renang, dan juga waterboom, kereta kelinci, hingga taman satwa. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pedagang pedagang kuliner khas Wonogiri dan Jawa Tengah lainnya yang siap menggoyang lidah dan perut para traveller agar tidak keroncongan selama perjalanan.

#. Wisata Gua

Sebagai salah satu negara yang masuk kedalam lingkar gunung api dunia. Bukan hal aneh jika Wonogiri juga memiliki tiga destinasi wisata gua. Wisata jelajah gua tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan wisata yang lain. Tiga wisata gua di Wonogiri ada Goa Putri Kencono. Gua Ngantap dan Gua Maria

#. Hutan Pinus Bukit Suwondo

Wisata Hutan pinus Gumuwang Wuryantoro Wonogiri terletak di desa Suwondo. Tempat wisata ini memang mungkin belum seterkenal hutan pinus yang ada di magelang atau yang ada di Jogja tetapi tempat ini sebetulnya juga tidak kalah dengan hutan pinus yang sudah sayasebutkan tadi, ditempat ini biasa juga dijadikan pilihan untuk foto priwedding banyak sekali yang sudah melakukannya dan tidak di pungut biaya juga. Disini cukup menjaga lingkungan agar tetap bersih udara segar,apalagi disiang hari terasa sejuk .

#. Cagar Alam Danalaya

Objek wisata cagar alam ini merupakan hutan jati. Kayu jati di hutan ini khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta. Apabila Raja Surakarta membutuhkan kayu jati untuk membangun atau memperbaiki kraton, maka diambilah kayu dari hutan jati Danalaya ini. Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang mempunyai latar belakang minat khusus atau pecinta alam selain itu banyak hal yang bisa dieksplor dari tempat ini seperti berfotoria. Lokasi dari wisata ini yaitu berada diKecamatan Slogohimo, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah. (NDY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here