Stand Wonderful Indonedia Di Toulous Bukukan Transaksi Rp 1,6 Milyar

0
156
Partisipasi Indonesia pada Salon du Tourisme et des Activités Nature Toulouse tahun 2018

Partisipasi RI di Salon du Tourisme et des Activités Nature Toulouse, Prancis

TOULOUS, Perancis, bisniswisata.co.id: Stand Wonderful Indonesia menjadi primadona dalam pameran pariwisata internasional Salon du Tourisme et des Activités Nature Toulouse yang berlangsung selama tiga hari bisa membukukan transaksi sebesar 100.000 euro (sekitar 1.6 milyar rupiah).

Eka Moncarre, Ketua Visit Indonesia Tourism Officer (Vito) Perancis mengatakan kegiatan berlangsung pekan lalu dari tanggal 9 – 11 Februari 2018.  Jean-Louis Guilhaumon, Wakil Ketua bidang Pariwisata Dewan Regional Occitanie (setara DPRD tingkat I) dan beberapa anggota DPRD lainnya yang mengunjungi sangat terkesan dengan keindahan Indonesia dalam bahan promosi di stand pameran tersebut.

“Promosi dalam event selama 3 hari ini juga telah berhasil mengunci kedatangan seratus lebih wisatawan Prancis ke Indonesia dengan nominal total transaksi sebesar 100.000 euro (sekitar 1.6 milyar rupiah),” ungkapnya hari ini.

KJRI Marseille berkolaborasi dengan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis mengisi rangkaian kegiatan dengan presentasi Wonderful Indonesia selama 4 hari berturut-turut, dimulai dari presentasi di depan para travel agent/tour operator Toulouse yang diselenggarakan sehari sebelum pameran.

Stand Indonesia menyajikan brosur, kuis berhadiah, merchandise, dan menampilkan berbagai video promosi pariwisata Indonesia, termasuk diantaranya video “It’s a Wonderful World” yang menyabet penghargaan dalam pertemuan UNWTO tahun 2017.

Indonesia juga menampilkan tarian tradisional Punjari Banyuwangi dan paduan suara lagu tradisional dan perjuangan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Toulouse yang diapresiasi secara antusias oleh seluruh penonton.

Berbagai lagu tradisional dan perjuangan Indonesia dibawakan PPI Toulouse, mulai dari Ampar-Ampar Pisang, Sajojo, hingga Indonesia Tanah Airku

Dalam pameran berformat B2C (business to consumer) ini, KJRI Marseille dan VITO Prancis menggandeng dua travel agent/tour operator Salaun Holidays dan La Française des Circuits yang secara eksklusif menawarkan paket wisata ke Indonesia, baik untuk grup maupun perorangan.

Selama pameran, kedua perusahaan ini telah bertemu dengan ratusan calon wisatawan dan berhasil mengunci transaksi sebanyak seratus lebih calon wisman. Setelah pameran, kedua perusahaan ini akan terus mengejar ratusan orang lainnya yang telah menyatakan minatnya untuk berlibur ke Indonesia.

“Saya senang sekali atas capaian paket wisata ke Indonesia selama pameran yang jauh melewati target yang dicanangkan sebelumnya!” ujar Selma Zamouri, wakil dari La Française des Circuits. Diperkirakan capaian yang diperoleh dari stand Indonesia di pameran akan berlipat ganda dalam beberapa bulan mendatang.

Tarian Punjari dari Bayuwangi berhasil membuat seluruh penonton berdecak kagum akan kebudayaan Indonesia

Indonesia juga dalam berbagai kesempatan menjelaskan mengenai kondisi terkini Gunung Agung di Bali yang sempat membuat ragu calon wisatawan. Dijelaskan bahwa otoritas di Indonesia telah menurunkan tingkat status Gunung Agung dari level 3 (radius 6 km) menjadi level 4 (radius 3 km) sehingga meningkatkan rasa aman bagi calon wisatawan Prancis.

Selain itu, stand Wonderful Indonesia juga memperkenalkan 10 destinasi wisata “Bali Baru” dengan empat lokasi prioritas yakni Yogyakarta, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sepanjang tahun 2017, total wisatawan Prancis ke Indonesia mencapai 268.989 orang, meningkat sebanyak 7.20% dibandingkan tahun sebelumnya. Prancis merupakan negara Eropa kedua terbesar penyumbang wisman ke Indonesia setelah Inggris.

“Dengan gencarnya promosi di Prancis yang digabungkan dengan transaksi bisnis, bukan tidak mungkin wisman Prancis akan dapat melewati Inggris pada tahun 2018,’ kara Eka optimistis.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.