Sosok Perintis Budaya Arab Ini Calon Sekjen UNWTO

0
41
Al-Khalifa mencalonkan diri sebagai Sekretaris Jenderal UNWTO ( Foto: Abouther.com)

BAHRAIN, bisniswisata.co.id: Namanya Shaikha Mai binti Mohammed Al Khalifa. Dia telah memegang beberapa posisi penting, termasuk Asisten Wakil Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional dan Menteri Kebudayaan Bahrain.

Dia juga wanita Bahrain pertama yang menjadi Menteri Informasi.  Dikenal luas sebagai sosok perintis dalam kancah budaya Arab, Shaikha Mai telah berada di balik berbagai inisiatif budaya dan pariwisata tahunan, termasuk Musim Semi Budaya dan Festival Musim Panas Bahrain.

Kini dia akan menantang incumbent, Zurab Pololikashvili, untuk peran sekretaris jenderal Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Pololikashvili ditunjuk untuk peran tersebut pada 2017 dan akan mencari mandat tiga tahun kedua selama pertemuan dewan eksekutif badan tersebut di Madrid, Spanyol, markas UNWTO bulan ini.

Al-Khalifa saat ini berada di ibu kota Spanyol untuk acara tersebut, mempresentasikan pencalonannya untuk peran tersebut.

Selama dia tinggal, Khalifa telah bertemu dengan banyak perwakilan dari negara anggota untuk menjelaskan visinya untuk masa depan sektor pariwisata.

Tahun lalu adalah tahun yang sangat menantang untuk pariwisata, dengan kedatangan internasional turun 72 persen selama sepuluh bulan pertama tahun 2020 akibat pandemi global COVID-19.

Sektor ini dilanda pembatasan perjalanan, kepercayaan konsumen yang rendah, dan perjuangan global untuk menahan penyebaran virus COVID -19, yang semuanya berkontribusi pada tahun terburuk dalam sejarah pariwisata.

Menurut data pariwisata terbaru dari UNWTO, destinasi menyambut 900 juta lebih sedikit turis internasional antara Januari dan Oktober jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

Ini berarti hilangnya pendapatan ekspor sebesar US$ 935 miliar dari pariwisata internasional, lebih dari sepuluh kali lipat kerugian pada tahun 2009 akibat dampak krisis ekonomi global.

Menjelang pertemuan, Al-Khalifa berkata bahwa dia menikmati kota Madrid yang indah, dan kunjungannya sejauh ini sangat sukses.

 “Saya dengan percaya diri mendekati mayoritas pemenang berdasarkan komitmen dari mereka yang percaya bahwa inilah saatnya untuk perubahan paradigma untuk sektor pariwisata.” kata  Al-Khalifa yang menjanjikan kepemimpinan UNWTO yang dinamis dan transparan.

Dalam pernyataan visinya, dia menyatakan bahwa dalam dua belas bulan pertama masa jabatannya dia akan mendengarkan setiap keadaan anggota organisasi dan menyusun strategi berdasarkan apa yang dibutuhkan anggota.

Dia juga berjanji untuk bekerja tanpa lelah untuk mengamankan sumber daya yang dibutuhkan untuk mewujudkan aspirasi tersebut.

“Saya yakin bahwa sektor pariwisata akan pulih dari krisis ini karena telah pulih dari banyak krisis sebelumnya.

Saya percaya bahwa kita perlu bekerja sama secara erat dalam masalah protokol perjalanan, selain bekerja dengan pemerintah dalam skema dukungan fiskal ” tambahnya.

Saat ini sangat sulit karena pembatasan perjalanan untuk bepergian ke negara-negara anggota dan bertemu langsung dengan organisasi pariwisata nasional;  tetapi dia telah melakukan yang terbaik yang dapat  dilakukan mengingat keterbatasan waktu dan keadaan pandemi.

“Saya berterima kasih atas komitmen yang saya terima dari begitu banyak negara dan berharap untuk memulai era baru. Kami sekarang yakin kami memiliki mayoritas pemenang untuk melaksanakan mandat ini.” kata Al Khalifa.

Dewan Menteri Pariwisata Arab sebelumnya dengan suara bulat menyetujui pencalonan Al-Khalifa untuk peran tersebut.

Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) akan mengadakan sesi ke-113 dari Rapat Dewan Eksekutif di Madrid pada 18 dan 19 Januari minggu depan.

Pemilihan untuk masa jabatan Sekretaris Jenderal UNWTO mulai tahun 2022 menjadi agenda.  Pemilu dipindahkan dari Mei ke Januari oleh pimpinan UNWTO saat ini meskipun situasi perjalanan tidak aman di dunia.

Sekretaris Jenderal saat ini Zurab Pololikashvili dari Republik Georgia akan bersaing dengan Yang Mulia Shaika Mai Al Khalifa dari Kerajaan Bahrain untuk posisi teratas di badan yang berafiliasi dengan PBB yang mewakili pariwisata dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.