Silver Discoverer Cruise Singahi Simeulue Aceh

0
159
Kapal Pesiar Silver Discoverer (Foto: Repro Google)

BANDAACEH, bisniswisata.co.id: Kapal Pesiar Silver Discoverer membawa puluhan wisatawan mancanegara akan singgah kembali di daerah Simeulue Aceh untuk membawa para tamunya menikmati keindahan alam di Kabupaten Simuelue pada 11 Maret 2019.

“Ini merupakan kunjungan ketiga kapal pesiar Silver Discoverer dengan membawa tamu asing singgah ke Simeulue,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simeulue, Abdul Karim di Simeulue, seperti dilansir Antara, Ahad (10/03/2019).

Saat tiba di Simeulue, lanjut dia, puluhan turis asing yang berasal dari negara Filiphina, Australia, Selandia Baru, Inggris dan turis dari sejumlah negara Eropa lainnya, akan dibawa untuk mengunjungi salah satu destinasi perkampungan wisata yang berada di Kecamatan Teupah Barat.

“Wisatawan mancanegara ini akan disuguhi atraksi seni budaya lokal, panorama alam, kegiatan masyarakat di sana dan sebelum turun dari atas kapal pesiar mereka akan menyaksikan atraksi perahu naga di Teluk Sinabang,” katanya.

Menurut dia puluhan wisatawan asing tersebut akan singgah di kabupaten tersebut dari pukul 09:30 WIB hingga pukul 11:30 WIB dan selanjutnya akan melanjutkan kembali perjalannya.

Pihaknya berharap program kunjungan kapal pesiar tersebut dapat lebih lama lagi waktu singgah di daratan sehingga akan banyak lokasi wisata yang dapat dikunjungi dan juga akan memberikan dampak untuk perekonomian masyarakat sekitar.

Ia menambahkan Kapal pesiar Silver Discoverer yang membawa wisatawan mancanegara tersebut pertama kali singgah di Kabupaten Simeulue pada Maret tahun 2017, tahun 2018 dan kembali menyambangi kabupaten itu pada 2019.

Simeulue Aceh memiliki obyek wisata bahari yang keren. Bahkan destinasi wisata Pulau Simeulue justru sangat terkenal di Mancanegara bahkan belahan dunia yang mengenal keindahan Pulau yang ada di wilayah barat Indonesia ini. Lucunya destinasi wisata Simeulue tidak terkenal namanya di Indonesia bahkan diabaikan dan jarang ada wisatawan nusantara (wisnus) yang berwisata.

Hal ini karena tak ada orang Indonesia, apalagi pemerintah pusat mempromosikan dan mempublikasikan obyek wisata Pulau Simeulue ini. Bebeberapa destinasi wisata di pulau ini antara lain:

#. Pantai Mincau

Pantai Mincau terletak di Teupah Selatan Simeulue. Biasanya pantai Mincau ini tempat yang paling favorit dan sering dikunjungi turis. Di samping air lautnya jernih dan pemandangannya sungguh indah serasa berfoto di luar negeri dan sangat cocok untuk para pecinta selfie karena panoramanya luar biasa indah.

#. Pantai Alus-alus

Pantai Alus-alus terletak di kawasan masih di Teupah Selatan. Pantai ini sebagai tempat peselancar karena ombaknya tinggi dan pantai tidak ada karangnya. Terbukti loh Pantai Alus-alus ini menjadi salah satu tuan rumah di kejuaraan peselancar internasional dan peserta yang mengikutinya berasal dari berbagai negara dan dihadiri dari 70 negara setiap tahunnya.

#. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar memiliki sejarah yang menarik. Konon kata Peri Bumi alias orang sana, dulu batunya terletak di tengah-tengah laut dan setiap orang melihat dari kejauhan batunya seperti berlayar di tengah percikan ombak-ombak. Semenjak terjadi tragedi gempa dan tsunami di Aceh, air lautnya jadi surut sehingga batu berlayarnya bisa kita datengi dengan berjalan kaki.

#. Wisata bahari pantai lainnya.

Ada wisata Pasir Tinggi, Pantai Ganting dan Pantai Busung. Pantai Labuhan Bakti. Pantai Thailand. Pantai Nancala. Pantai Tunggul Indah. Pantai Kuala Makmur. Pantai Sigulai

#. Danau Lembah Air Terjun Putra Jaya

Danau ini terdapat di wilayah kampung air Simeulue. Wisata ini sangat unik dan juga airnya dingin banget. Susunan batu lembahnya seperti kue lapis dan tertata rapi. Juga warna airnya hijau banget.

#. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar terkenal dengan airnya yang begitu tenang dan sangat jernih, alias kita bisa ngaca dan dikelilingi oleh lembah maupun bukit yang indah.

#. Wisata Pulau
Pulau Tepi merupakan pulau kecil dan bagian dari kepulauan Simeulue. Selain pulau Simeulue terdapat pulau-pulau lainnya yaitu pulau Siumat, pulau Panjang, pulau Batu Berlayar, pulau Teupah, pulau Mincau, pulau Simeulue Cut, pulau Pinang, pulau Dara, pulau Langeni, pulau Linggam, pulau Leukon, pulau Silaut Besar dan Silaut kecil (terluar), pulau Tepi, pulau Ina, pulau Alafulu, pulau Penyu, pulau Tinggi, pulau Kecil, pulau Khalak-khalak, pulau Asu, pulau Babi, pulau Lasia dan pulau-pulau lainnya. Kepulauan ini di kelililngi oleh Samudra Indonesia dan berbatasan langsung dengan perairan internasional.

#. Batu siambong-ambong alafan

Batu ini menjorok ke laut ini telah menjadi objek wisata baru di Simeulue seiring dengan akses jalan yang sudah dapat di lalui kenderaan roda dua maupun roda empat. Tiga jam perjalan dari Kota Sinabang, tak membuat lelah, karena sepanjang perjalanan yang dilewati adalah pantai yang indah, kehidupan desa yang alami dan hamparan sawah serta perbukitan.

#. Batu sudaya balung
Keindahan Pulau Simeulue tidak akan pernah ada habisnya. Salah satunya adalah batu besar yang terletak di tepian pantai Desa Bunon, Simeulue. Batu tersebut dinamai oleh masyarakat setempat yaitu Batu Sudaya Balung yang artinya Batu Sarang Camar, penamaan batu tersebut dikarenakan dulu banyak burung camar yang bersarang disitu.Empat pohon kelapa yang berada diatasnya menambah eksotis batu tersebut dan sayang jika tidak berkunjung. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.