Saat 2020 Berakhir, Pariwisata Maju Dengan Satu Tekad

0
11

MADRID, Spanyol, bisniswisata.co.id: Kita hampir berada di akhir tahun yang paling menantang dalam sejarah pariwisata. Hampir dalam semalam, pandemi membuat pariwisata global terhenti total. Jutaan orang melewatkan kesempatan untuk menjelajahi berbagai tempat dan merangkul budaya dan adat istiadat yang berbeda. 

Dunia kehilangan peluang pariwisata untuk menciptakan lapangan kerja, mendukung bisnis, memulai pembangunan, dan untuk melindungi serta melestarikan hal-hal yang kita tinggalkan untuk dilihat dari rumah kita, kata Sekjen UNWTO, Zurab  Pololikashvili.

Namun, dalam menghadapi penurunan seperti itu, pariwisata mengakhiri tahun dengan lebih bersatu dan ditentukan dari sebelumnya. Komite Krisis Pariwisata Global UNWTO, yang dibentuk pada Maret segera setelah pandemi diumumkan, baru-baru ini bertemu untuk terakhir kalinya pada tahun 2020.

Platform lintas sektor yang unik ini mengoordinasikan upaya internasional dan telah terbukti sangat penting dalam memandu tanggapan kami terhadap COVID-19 dan menginformasikan langkah-langkah dan alat untuk mengurangi dampaknya terhadap pekerjaan dan bisnis.

Terlepas dari perkembangan pandemi yang baru dan sedang berlangsung, Komite diarahkan untuk mempercepat dimulainya kembali pariwisata, dengan selalu mempertimbangkan situasi terkini dari kesehatan global.

Protokol perjalanan yang selaras dan konsisten sangat penting untuk memulihkan kepercayaan dalam perjalanan internasional dan membuat pariwisata bergerak kembali. UNWTO akan mempertahankan momentum yang kita peroleh di tahun 2020 hingga tahun baru.

“Selama beberapa bulan terakhir, kami telah membuat para pemimpin politik dan bisnis mendengarkan dan menjadikan pariwisata sebagai bagian dari rencana mereka. Kami telah menekankan relevansi pariwisata untuk setiap bagian dari masyarakat kami, yang terakhir diperkuat melalui kemitraan kami dengan CNN,” kata Zurab Pololikashvili.

Kemitraan ini diperkuat melalui kunjungan langsung tingkat tinggi ke negara anggota termasuk Portugal, Tunisia, Namibia, Brasil, Uruguay, Mesir, Italia, Prancis, Belgia, dan Arab Saudi.

Pendekatan gabungan ini berkontribusi untuk memastikan pariwisata telah mendapatkan dukungan finansial dan niat baik politik yang sangat tinggi serta dihargai dengan pengakuan publik. 

Komisi Eropa telah memimpin jalan dalam mengubah kata-kata yang menggembirakan menjadi tindakan tegas, terutama dengan dukungan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pariwisata pada masa genting ini.

Melalui kunjungan langsung ke para pemimpin di Amerika, Afrika dan Eropa, dan menyambut Wakil Presiden Komisi Eropa, Margaritis Schinas, untuk menyampaikan pertemuan terbaru Komite Krisis Pariwisata Global, kami sekarang menyerukan kepada pemerintah untuk berbuat lebih banyak. 

Hal ini  untuk menunjukkan bahwa perjalanan internasional yang aman tidak hanya mungkin tetapi juga penting mengingat manfaat sosial dan ekonomi yang hanya dapat diberikan oleh pariwisata, kata Zurab

Tanpa ragu, berita tentang vaksin melawan virus COVID-19 memberi kita alasan untuk optimisme yang berhati-hati. Namun, dimulainya kembali pariwisata – dan jutaan orang yang bergantung padanya – tidak sabar menunggu vaksinasi massal menjadi kenyataan.

Sekarang saatnya untuk memikirkan kembali aturan karantina bagi wisatawan. Untuk merangkul inovasi dan solusi baru untuk menguji pelancong sebelum atau sesudah perjalanan mereka. 

Bersamaan dengan ini, pembatasan perjalanan harus dikurangi atau dicabut dengan cara yang bertanggung jawab dan terkoordinasi segera setelah aman dan memungkinkan.

Langkah penting yang dilakukan untuk memastikan koordinasi yang lebih baik dan menolak diam, menjadi prekursor untuk mempersiapkan tahun baru 2021 yang bisa menjadi tahun kritis untuk memulai kembali pariwisata, tetapi hanya jika kita melanjutkan jalur ini.

“Fondasinya ada untuk ini menjadi titik balik. Ini adalah momen untuk mengarahkan sektor kita menuju keberlanjutan dan inklusivitas yang lebih besar dan menyadari potensinya yang sangat besar untuk memberikan pembangunan yang langgeng dan perubahan untuk semua. Kita tidak bisa menyia-nyiakan kesempatan ini,” tegas Zurab Pololikashvili.

Sekarang, saat kita berhenti sejenak dan merenung, saya mengirimkan ucapan selamat dari Madrid. Dimanapun Anda berada, dan bagaimanapun Anda merayakannya, saya berharap Anda semua mendapatkan periode perayaan Natal & Tahun baru ( Nataru)  yang aman dan tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.