HALAL KOMUNITAS

Rasakan Pengalaman Wisata Halal di Era COVID-19 & Selanjutnya

              Mehmet Akkurt pendiri dari HalalTravels.com ( Foto: Halaltimes.com)

LONDON, bisniswisata.co.id: Negara-negara di seluruh dunia menghadapi satu tahun lagi penurunan pariwisata.  Tantangan pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya telah memukul sektor ini dengan keras.  

Dilansir dari halaltimes.com, ekonomi yang bergantung pada pariwisata telah menyusut secara signifikan dan, pariwisata halal tidak terkecuali dalam hal ini.  Namun, salah satu perusahaan di bisnis pariwisata Halal sedang serius “menanam benih” untuk kembalinya pelancong Muslim segera.

Baru-baru ini, halaltines.com mewawancarai Mehmet Akkurt pendiri dari HalalTravels.com.  Dia dengan jujur ​​​​berbagi pemikirannya tentang keadaan industri perjalanan halal saat ini dan strategi yang mereka adopsi untuk menarik wisatawan Muslim secara global.

Bisakah Anda menceritakan sedikit tentang diri Anda dan bagaimana memulai perjalanan Anda sebagai operator perjalanan Halal.

Perjalanan dimulai dengan menyadari bahwa ada kebutuhan yang jelas yang tidak terpenuhi.  Apa yang tersedia tidak mengenali, apalagi berusaha memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim dalam hal akomodasi bebas alkohol, makanan halal, dan privasi.  

Sebagai perusahaan berbasis data dalam pengambilan keputusannya, para pendiri HalalTravels melakukan penelitian ekstensif untuk menghasilkan serangkaian solusi yang akan memenuhi dan memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi saat ini.

Didirikan di London, Inggris, HalalTravels.com telah berkembang dari startup kecil menjadi salah satu pemain utama dalam industri perjalanan Halal.  Dianugerahi sebagai The Most Innovative Online Muslim Travel Agency pada tahun 2020, HalalTravels.com berupaya memberikan solusi inovatif untuk proses pemesanan online bagi wisatawan Muslim. 

Tim kami terdiri dari profesional perjalanan Halal yang berkualifikasi tinggi dengan pengalaman luas dalam industri perjalanan dan perhotelan.  Kami bersemangat dan berdedikasi untuk menyediakan pelanggan kami dengan pengalaman perjalanan yang sangat baik.

Bagaimana Anda mendefinisikan misi perusahaan Anda?

 Visi HalalTravels terbukti, dan itu adalah untuk mendorong umat Islam bepergian tanpa mengorbankan nilai-nilai agama mereka.  Dengan kata sederhana, misi kami adalah membuat perjalanan dapat diakses oleh semua Muslim.

Pariwisata adalah kontributor signifikan bagi perekonomian negara mana pun.  Banyak negara menyadari hal ini dan telah menyusun protokol perjalanan untuk menghidupkan kembali industri ini dan membuat para pelancong merasa aman.

Misalnya,Turki telah mengembangkan kriteria keamanan yang ketat untuk layanan terkait perjalanan seperti hotel dan restoran.  Mereka juga memberdayakan wisatawan untuk memverifikasi apakah entitas tertentu mematuhi semua kriteria keselamatan atau tidak.  Tentu saja, ini di samping upaya vaksinasi.

HalalTravels, sebagai pelaku industri, menerapkan berbagai strategi yang memungkinkan wisatawan memesan dengan percaya diri.

Apakah Anda menargetkan segmen tertentu dari pelanggan Muslim atau Anda beroperasi sebagai operator tur Halal umum yang melayani semua jenis wisatawan Muslim?

Kami di sini untuk melayani semua wisatawan Muslim.  Namun, kami memahami bahwa kebutuhan mereka terletak pada spektrum yang berkisar dari wisatawan yang mencari halal sepenuhnya hingga beberapa dengan sedikit persyaratan kriteria halal. 

Saat ini kami fokus untuk memenuhi kebutuhan keluarga Muslim,pasangan  Muslim, dan Muslim Solo Traveler.  Ketiga kelompok ini memiliki kebutuhan yang berbeda dan kami ingin memastikan bahwa kami siap untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan keunggulan.

Apa saja yang termasuk dalam paket wisata Anda?

Saat ini kami menyediakan pilihan akomodasi ramah Muslim seperti Hotel, Villa, dan Resort.  Pada akhirnya, tujuan kami adalah menjadi toko serba ada dan memenuhi semua kebutuhan perjalanan wisatawan Muslim di bawah satu atap.

Kami sedang berupaya untuk menambahkan penerbangan, penyewaan mobil, tour & aktivitas, dan layanan terkait perjalanan lainnya.

Apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda yang menawarkan layanan wisata Halal serupa?

Tiga faktor utama yang membedakan HalalTravels dari para pesaingnya, pertama adalah pendekatan berorientasi kepuasan pelanggan kami.  Kami telah membuat saluran yang memungkinkan pelanggan kami menghubungi agen untuk mengajukan pertanyaan saat memesan.  

Hal Ini menjadi lebih penting sekarang dengan pandemi saat ini karena pelanggan dapat menghubungi kami kapan saja.  Dengan demikian, kami dapat secara efisien mengatasi masalah/kekhawatiran apa pun yang mungkin mereka miliki dalam perencanaan/selama atau setelah perjalanan mereka.  Kami telah menerima banyak umpan balik positif untuk layanan ini.

Point kedua adalah tujuan kami untuk menciptakan platform bagi wisatawan Muslim untuk membuat suara mereka didengar dan menciptakan komunitas di mana mereka dapat berbagi pengalaman perjalanan mereka.  

Oleh karena itu, kami meluncurkan Blog battuta, mengundang blogger tamu Muslim untuk berbagi pengalaman mereka, dan meluncurkan majalah battuta, e-majalah perjalanan halal, untuk menciptakan representasi bagi wisatawan Muslim dan bisnis Muslim.

Hal ketiga adalah kami beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu. 

Mengapa calon pelanggan harus menggunakan layanan wisata Halal Anda daripada pergi ke tempat lain?

Kami ingin proses pemesanan menjadi pengalaman yang menyenangkan.  Kami membuatnya semudah mungkin, sehingga wisatawan tidak stres atau khawatir tentang liburan mereka.  

Pelanggan kami memiliki agen langsung yang siap membantu mereka selama proses pemesanan.  Mereka siap untuk menjawab setiap pertanyaan dan kekhawatiran yang mungkin muncul di setiap titik dalam perjalanan.

Bagaimana tanggapan dari target pelanggan Anda sejauh ini?

Responnya sangat baik.  Saat ini kami memiliki 5 Bintang di Ulasan Google dan 4.4 Bintang di Trustpilot.  Ulasan pelanggan kami menekankan kepuasan mereka dengan pendekatan mengutamakan pelanggan kami.

Bagaimana Anda menjangkau audiens target Anda?

Kami memanfaatkan saluran media sosial kami, kolaborasi, pemasaran email, iklan google, pemasaran influencer, media cetak, dan strategi pemasaran lainnya.  Rencana pemasaran kami untuk tahun mendatang lebih beragam dan memperluas strategi ini.

Apakah Anda berencana untuk memperluas ke pasar lain juga?

 Fokus kami saat ini adalah menjadi toko serba ada bagi wisatawan Muslim untuk semua kebutuhan terkait perjalanan mereka.  Namun, tim kami yang muda dan dinamis selalu siap menghadapi tantangan baru.

 

 

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)