NEWS

Qatar Telah Dibuka Kembali Tanpa Karantina Untuk Kedatangan yang Divaksinasi. 

DOHA,  bisniswisata.co.id: Adanya Piala Dunia FIFA 2022 mendatang, resor dan atraksi mewah baru, dan kini kebijakan  kedatangan bebas karantina, Qatar berusaha menjadi bintang pariwisata.

Dilansir dari Travel and Leisure Asia, Qatar sekarang mengizinkan pengunjung yang divaksinasi penuh dengan vaksin tertentu yang disetujui untuk memasuki negara itu tanpa karantina. 

Setelah membagi seluruh dunia berdasarkan risiko COVID, Qatar mengizinkan pendatang yang tidak divaksinasi dari negara-negara yang terdaftar untuk melakukan “karantina rumah” selama lima hari. 

Pemegang paspor dari hampir separuh negara di dunia berhak untuk mengunjungi tanpa visa.Pembukaan kembali yang terkendali adalah bagian dari dorongan Qatar untuk mendapatkan kembali momentum kenaikan pra-pandemi mereka untuk menjadi pemain utama dalam pariwisata.

Generasi masa lalu telah melihat negara ini benar-benar mengubah dirinya sendiri, dan jauh dari sekadar menjadi pusat transit (meskipun Bandara Internasional Hamad yang futuristik adalah definisi terbang mulus).

Qatar telah menjadi tujuan tersendiri bagi para pecinta budaya, petualang, kemewahan. pelancong, pemundur spa, dan penggemar olahraga.

Tahun ini menjanjikan pembukaan Zulal Wellness Resort by Chiva-Som, tempat peristirahatan kelas atas yang menawarkan pengobatan tradisional Arab dan Islam dengan filosofi kesehatan dan kesejahteraan holistik. 

Ini akan menjadi ekspansi internasional pertama dari resor kesehatan terkenal Thailand Chiva-Som, bergabung di Qatar merek lain yang berbasis di Thailand dengan penawaran spa yang kuat, Anantara, yang menjalankan Banana Island Resort Doha.

Tahun depan membawa Piala Dunia FIFA 2022, Piala Dunia pertama dalam sejarah yang negara tuan rumah telah berjanji untuk membuat karbon netral. Sebagai bagian dari janji itu, salah satu tempat utama, Stadion Ras Abu Aboud di tepi pantai, akan dibuat dari 974 (kode negara Qatar) kontainer pengiriman baja daur ulang dan menjadi stadion Piala Dunia pertama yang pernah dibangun dengan tujuan yang jelas untuk dibongkar. setelah acara.

“Tempat berkapasitas 40.000 tempat duduk dapat dibongkar seluruhnya dan diangkut untuk dibangun kembali di negara lain; atau Anda bisa membangun dua tempat berkapasitas 20.000 tempat duduk,” Mohammed Al Atwan, manajer proyek untuk Ras Abu Aboud mengatakan kepada CNN

“Sungguh, semua bagian dapat disumbangkan ke negara-negara yang membutuhkan infrastruktur olahraga. Inilah keindahan stadion – peluang warisan tidak terbatas.”

Apa lagi yang harus dilakukan? 

Museum Seni Islam, yang dirancang oleh I.M. Pei, menjadi ikon baik untuk arsitektur tradisional baru maupun koleksi menarik di dalamnya. Tersesat di pasar  Souq Waqif yang seperti labirin; melihat flamingo saat berkayak di hutan bakau Al Thakira; memperbesar, memperkecil, dan melintasi lautan pedalaman bukit pasir .

Berjalan-jalan di Doha Corniche atau naik perahu dhow untuk melihat pemandangan cakrawala ultramodern ibu kota yang fantastis. Dengan langit cerah dan visibilitas yang sangat baik, Qatar juga bagus untuk astrowisata. 

Awal tahun ini, dewan pariwisata meluncurkan portofolio pengalaman menatap bintang yang ajaib, termasuk glamping di padang pasir di tenda bergaya kerajaan Arab.

Adapun syarat untuk memasuki wilayah Qatar tanpa karantina sebagai berikut:

1.Surat Keterangan Negative RT –PCR COVID-19 72 jam sebelum tanggal keberangkatan.

2.Pendatang harus mendaftar ke pihak berwenang melalui The Ehteraz website paling tidak 12 jam sebelum rencana keberangkatan menuju Qatar : www.ehteraz.gov.qa.

3.Harus divaksinasi lengkap setidaknya 14 hari sebelum kedatangan di Qatar, Vaksin berikut ini disetujui untuk mengunjungi Qatar tanpa karantina,:

  1. Pzifer
  2. Moderna
  3. AstraZenica
  4. Johnson & Johnson
  5. Sinofram

Ada satu pengecualian sebagaimana dicatat yaitu hanya untuk wisatawan datang dari negara dengan daftar hijau, mereka yang datang dari daftar negara kuning dan merah diharuskan melakukan pemesanan hotel karantina dan mengambil hasil tes pada saat kedatangan.

4.Unduh dan aktifkan the Ehteraz mobile app, yang membutuhkan kartu SIM lokal Qatari

5.Untuk anak dibawah 18 tahun, autran vaksinasi dan karantina berbeda tergantung dengan umur dan negara keberangkatan sebelumnya ke kedatangan di Qatar 

6.Lebih dari 85 warga negara berhak mendapatkan visa bebas masuk dengan pengecekan terhadap aturan kenegaraan sebelum merencanakan travel.

7.Untuk mengetahui informasi dan aturan lebih lanjut, kunjungi website Kementrian Kesehatan Qatar di www.moph.gov.qa.

 

Evan Maulana