NEWS TEKHNOLOGI TRANSPORTASI

Siap Lepas Landas. Apa Yang Dibutuhkan "Turis" Luar Angkasa?

SINGAPURA, bisniswisata.co.id:  Wisata luar angkasa lebih dekat menjadi kenyataan daripada kemungkinan.  Sekarang perusahaan kedirgantaraan memulai misi untuk mengirim manusia dalam penerbangan ruang angkasa komersial

Dilansir dari havehalalwilltravel.com, kita mungkin hanya dapat menyaksikan turis luar angkasa berkeliling orbit atau bahkan bulan dalam hidup ini.  Penasaran ingin tahu seperti apa wisata luar angkasa itu?  Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!

 Apa itu wisata luar angkasa?

Wisata luar angkasa adalah perjalanan antariksa manusia yang memungkinkan Anda menjelajahi ruang angkasa yang luas untuk tujuan rekreasi atau bisnis.  

Anda tidak akan benar-benar mendarat di bulan, tetapi ada beberapa pengalaman wisata luar angkasa yang menawarkan penerbangan sub-orbital, orbital, dan di luar orbit Bumi.

Siapa yang memimpin penawaran  pariwisata luar angkasa?

 Virgin Galactic, Space X, dan Blue Origin memimpin penawaran  pariwisata luar angkasa.  Menurut Business Wire, pasar pariwisata ruang angkasa global akan mencapai US$1,7 miliar pada tahun 2027, jadi perjalanan ruang angkasa komersial sangat memungkinkan!

Virgin Galactic

 Virgin Galactic adalah Spaceline komersial pertama di dunia yang mengoperasikan kendaraan luar angkasa yang memberikan peluang bagi individu dan peneliti pribadi untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Perusahaan ini didirikan oleh pendiri Virgin Group Richard Branson dan insinyur kedirgantaraan Burt Rutan

Pada bulan Maret 2021, Virgin Galactic meluncurkan VSS Imagine, SpaceShip III pertama mereka yang dirancang dengan tampilan seperti cermin menggambarkan lingkungan sekitar dan mengubah penampilan saat melakukan perjalanan dari bumi ke luar angkasa.

Pada Mei 2021, Virgin Galactic menyelesaikan penerbangan luar angkasa manusia pertamanya dari Spaceport America, New Mexico.

 SpaceX

SpaceX adalah perusahaan kedirgantaraan yang merancang, memproduksi, dan meluncurkan roket dan pesawat ruang angkasa canggih.

Perusahaan ini didirikan oleh pendiri Tesla Elon Musk. Selain mengangkut astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, SpaceX juga menawarkan penerbangan komersial dari bumi ke orbit bulan.

SpaceX akan meluncurkan penerbangan luar angkasa komersial mengelilingi bulan pada tahun 2023. Miliarder Jepang Yusaku Maezawa akan menjadi turis luar angkasa pertama untuk misi bulan ini.

 Blue Origin

Blue Origin adalah produsen kedirgantaraan dan perusahaan layanan penerbangan luar angkasa sub-orbital.

Perusahaan ini didirikan oleh pendiri Amazon Jeff Bezos. Pada 2012, Blue Origin meluncurkan New Shepard, kendaraan peluncuran suborbital komersial yang dinamai Alan Shepard, astronot Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Penumpang pertama yang menaiki New Shepard adalah Jeff Bezos dan saudaranya, Mark.

Berapa biaya untuk menjadi turis luar angkasa?

Perjalanan Ini akan memakan banyak biaya!  Ketty Maisonrouge, seorang profesor sekolah bisnis membayar US$$250.000 untuk perjalanan 5 menit di Virgin Galactic guna merasakan seperti apa rasanya di luar atmosfer bumi.  

Selebriti lain seperti Justin Bieber dan Leonardo DiCaprio juga telah membeli tiket.  Namun, penerbangan ruang angkasa komersial Virgin Galactic ditunda hingga 2022 setelah serangkaian penundaan uji terbang.

Pada Juni 2021, Blue Origin melelang kursi pertamanya di New Shepard seharga US$28 juta, dan penawar tertinggi akan duduk bersama Jeff Bezos. 

New Shepard memungkinkan Anda menikmati pengalaman penerbangan luar angkasa selama 11 menit lengkap dengan tempat duduk dekat jendela.  Karena kendaraan akan sepenuhnya otonom, tidak akan ada pilot di dalamnya – hanya penumpang.

Bagaimana cara menjadi turis luar angkasa?

Persyaratan bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain.Jika Anda menaiki Virgin Galactic’s SpaceShipTwo, tidak ada batasan usia kecuali wisatawan luar angkasa harus berusia 18 tahun ke atas, sebagaimana diatur oleh Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat.  Namun, kursi akan memiliki batas berat atas.

Setelah Richard Branson menjadi miliarder pendiri perusahaan luar angkasa pertama yang pergi ke luar angkasa, ia mengumumkan kemitraannya dengan Omaze untuk memberikan dua kursi di salah satu Penerbangan Virgin Galactic pertama ke luar angkasa.  

Di samping itu mewujudkan impian astronot Anda, Anda juga akan bergabung dengan Richard Branson dalam tur VIP ke Spaceport America dan menginap di hotel. Klik di sini untuk bergabung dalam kontes undian.

Bagi mereka yang mendaftar ke New Shepard Blue Origin, wisatawan luar angkasa memerlukan pelatihan satu hari sebelum penerbangan, yang mencakup tinjauan kendaraan, pengarahan keselamatan, dan simulasi misi.

Sementara ranah luar angkasa tetap menjadi misteri bagi kita semua, ini jelas merupakan masa depan yang kita nantikan karena pariwisata luar angkasa semakin dekat untuk menjadi kenyataan dalam hidup kita.

Bawa impian Anda ke tingkat yang lebih tinggi dan lihatlah bagaimana para astronom dan cendekiawan Islam kuno serta ilmuwan dan astronot Muslim modern telah menghormati perbatasan akhir yang membingungkan dan memikat.

 

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)