Pulau Umang Resort Dilalap Api

0
365
Pulau Umang terbakar (Foto: Liputan6.com)

PANDEGLANG, bisniswisata.co.id: Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, resort eksklusif di Pulau Umang Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, dilalap si Jago Merah. Akibatnya, kerugian ditaksir mencapai Rp4 miliar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Asap gelap warna hitam pekat membumbung ke udara terlihat dari seberang Pulau Umang, atau tepatnya di Dermaga Legon, Kampung Legon, Desa Sumber Jaya, Pandeglang. Para nelayan yang menyaksikan kebakaran itu tak berkutik, hanya bisa menyaksikan dari jauh,

Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.45 WIB. Api diduga berasal dari ruang genset dan membakar ruang ABK dan restoran sehingga menyebabkan kebakaran yang besar di bagian utama resort.

Beruntung, pada saat kejadian 17 orang berhasil menyelamatkan diri menggunakan speadboot. Delapan orang merupakan tamu hotel sedangkan sembilan orang lainnya karyawan.

Kemudian karyawan dan anggota Polsek Sumur bersama warga mendatangi TKP berusaha memadamkan api dengan alat pemadam yang tersedia dan dengan cara manual. Api berhasil dipadamkan pukul 12.30 WIB.

“Hasil pemeriksaan para saksi sementara kebakaran tersebut diduga akibat konsleting listrik di ruang genset. Kami mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati dalam menggunakan listrik,” kata Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono, Selasa (18/12/2018).

Resort di tengah pulau itu berdiri sejak 2004, berada di tengah perairan antara Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Tanjung Lesung, Pulau Panaitan, Pantai Carita dan beberapa pulau kecil lainnya. “Betul (terbakar), puji syukur teman-teman di lapangan selamat, dan para tamu sudah dievakuasi,” kata Christiani Halim, pemilik resort Pulau Umang, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya.

Pulau Umang berlokasi di dekat Taman Nasional Ujung Kulon, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sebuah resort eksklusif yang menampilkan panorama keindahan alam di Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here