Proyek Infrastruktur Pariwisata Melonjak, Kebutuhan Alat Berat Juga Terdongkrak

0
26
Infrastruktur pembangunan tol dukung kemajuan pariwisata (Foto: Kementrian PURR)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Proyek infrastruktur seperti jalan, bandara, pelabuhan, jembatan, hotel dan fasilitas umum lainnya termasuk pembangunan pariwisata saat ini mengalami peningkatan, seiring upaya pemerataan pembangunan pariwisata termasuk penanganan 10 Bali Baru. Kondisi ini menyebabkan sektor konstruksi dan alat berat juga terdongkrak.

PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, mengenalkan teknologi Cat® MineStarTM System, sebuah solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia. Dengan tagline mengusung teknologi terdepan, teknologi ini mengintegrasikan sejumlah rangkaian kemampuan yang memungkinkan pelanggan untuk menskalakan sistem sesuai kebutuhan.

“Teknologi Cat® MineStarTM System dapat membantu pelaku industri dalam mengelola rantai pekerjaan mulai infastruktur sektor pariwisata juga pertambangan, mulai pelacakan material, manajemen armada, identifikasi kesehatan alat berat, hingga sistem peralatan otonom, dan lainnya,” papar Mining Product Lifecycle Manager Trakind Kiswanto pada acara Mining & Construction Indonesia 2019 yang digelar di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Dilanjutkan, Industri pertambangan merupakan salah satu sektor yang memiliki sumbangsih besar bagi pembangunan negeri. Dalam operasionalnya, beragam tantangan perlu dihadapi para pelaku industri pertambangan; mulai dari kondisi geografis, keselamatan pekerja, hingga efisiensi kerja. Pelaku industri selalu membutuhkan cara baru untuk mendorong produktivitas sambil mengurangi biaya operasional.

Rangkaian fitur dari Cat® MineStarTM System dapat digunakan dalam sebuah kombinasi fitur komprehensif maupun secara terpisah. Fitur FLEET membantu pelanggan dalam melakukan manajemen armada dengan kemampuan untuk pelacakan dan penugasan terhadap semua jenis unit yang bekerja di banyak lokasi dengan dilengkapi data dan analisis yang detil secara real time.

TERRAIN menggunakan teknologi pemanduan canggih berguna lakukan manajemen unit berbasis data sistematis yang tepat waktu. Fitur ini efektif untuk aplikasi pengeboran, dragline, perataan, dan pemuatan dengan tingkat presisi yang tinggi. “Juga DETECT meningkatkan kewaspadaan operator terhadap keselamatan berkendara; dilengkapi sensor canggih, fitur ini mampu meningkatkan deteksi pada daya pandang yang terbatas di sekitar unit yang bergerak maupun tidak bergerak,” ungkapnya.

Selain itu, ada Fitur HEALTH memantau kesehatan mesin secara komprehensif, memberi laporan data kerja unit secara terus menerus sehingga dapat mengidentifikasi potensi masalah dari unit tersebut sebelum terjadinya kerusakan. COMMAND memungkinkan pengendalian penambangan jarak jauh, baik secara semi-otonom, atau otonom penuh, dengan teknologi revolusioner membantu bekerja dengan aman dan produktif di berbagai lingkungan yang menantang.

Pengaplikasian Cat® MineStarTM System ditujukan menjadi solusi tepat untuk mendorong produktivitas serta meningkatkan keselamatan kerja di pertambangan. “Penerapan teknologi pada alat berat di industri pertambangan dapat memberikan beragam kemudahan, sekaligus meningkatkan kualitas pekerjaan, sehingga pelaku industri memiliki daya saing tinggi,” ujar Lalak Budiman selaku Mining Product Engineer Senior Specialist Trakindo.

Lokasi Trakindo di acara Mining & Construction Indonesia 2019 berada di Hall C2, no. 22. Outdoor Space, JIEXPO Area. Selain teknologi, Trakindo juga menghadirkan beragam unit yang sesuai untuk pekerjaan pertambangan dan pendukung infrastrukturnya, seperti: hydraulic mining shovel Cat 6015, soil compactor Cat CS11GC, hydraulic excavator Cat 320 Next Generation, mini hydraulic excavator Cat 304E2 CR, backhoe loader 426f2, lift truck DP35NT, engine C27, dan motor grader 120 Next Generation.

Beragam penawaran menarik turut dihadirkan dalam acara kali ini, meliputi penyewaan dan pembelian berbagai unit alat berat baru serta alat berat purna pakai, suku cadang, juga layanan pendukung seperti laboratorium Scheduled Oil Sampling (S•O•S?). Pengunjung juga dapat mencoba mengoperasikan alat berat melalui alat simulator yang disediakan.

“Demi menjamin kemudahan pelanggan dalam memperoleh produk, layanan dan solusi alat berat terbaik, Trakindo juga didukung dengan fasilitas kelas dunia berteknologi terdepan. Jaringan dukungan Trakindo berada di lebih dari 60 lokasi siap melayani pelanggan di seluruh Indonesia,” sambung Kiswnto. (ens)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.