Home INDEX Sport Tourism, Destinasi Wisata Baru di Kotabaru

Sport Tourism, Destinasi Wisata Baru di Kotabaru

0
33
Paralayang (Foto: http://pesonabromo.com/)

KOTABARU KALSEL, bisniswisata.co.id: Pariwisata di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) memang terkenal dengan wisata baharinya. Ada pantai yang menawan, teluk dengan lengkungan indah. Juga wisata pulau yang membanggakan seperti Pulau Birah-birahan, Pulau Tanjung Kunyit, Pulau Sembilan, Pulau Samber Gelap, Pulau Denawan, Pulau Pamalikan dan Pulau Laut. Selain wisata bahari, Kotabaru memiliki wisata lainnya yakni wisata Goa Temuluang.

Kini, Kotabaru tengah mengembangkan obyek wisata baru sport tourism di Bukit Mamake, Pulau Laut. Kawasan pegunungan yang di kalangan wisatawan sering disebut Mamake Hill dengan ketinggian 222 mdpl merupakan obyek wisata berlokasi di antara dua desa yaitu Sarang Tiung dan Tirawan.

Dari atas puncak Bukit Mamake akan terlihat pemandangan alam yang mempesona 360 derajat berupa garis pantai dan laut, pegunungan Meratus dan pemandangan kota Pulau Laut di sisi lainnya. Kawasan wisata ini mulai dikembangkan sejak 2014, oleh kelompok pemuda sadar wisata desa setempat.

“Puncak Mamake Hill menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata wisatawan. Anginnya juga stabil, sehingga cocok untuk wisata olahraga paralayang, Juga akan dikembangkan wisata hiking atau pendakian, lari lintas alam, motor trail serta sepeda gunung ” papar Ketua Jasa Wisata Desa Sarang Tiung, Bahtiar, di Kotabaru, Kamis (19/9/2019)

Meski tergolong obyek wisata baru, lanjut dia, Bukit Mamake kini banyak didatangi pengunjung termasuk para tamu luar daerah yang datang ke Pulau Laut Kotabaru. Bahkan federasi olahraga paralayang sudah melakukan ujicoba di Bukit Mamake dengan hasil memuaskan. “Kita berencana menggelar kejuaraan paralayang internasional di Bukit Mamake ini sekaligus mempromosikan wisata yang ada di Kotabaru,” ujarnya.

Kawasan wisata alam Bukit Mamake sebelumnya masuk kawasan hutan lindung seluas 500 hektar telah mendapat izin pengelolaan lahan sekitar 45 hektar dengan status Hutan Kelola Masyarakat (HKM) dari Dinas Kehutanan Kalsel.

Saat ini berbagai fasilitas penunjang obyek wisata seperti jalan dan fasilitas umum lainnya sudah terbangun. Namun pihak pengelola obyek wisata Bukit Mamake juga tetap mempertahankan rute pendakian alami ke puncak Mamake bagi para pendaki termasuk rute atau track bagi pesepeda gunung dan motor trail.

“Kita mendorong kabupaten/kota di Kalsel untuk mengembangkan potensi wisata daerah masing-masing yang bisa menopang perekonomian masyarakat. Ini juga bagian dari upaya Kalsel untuk mencari alternatif pendapatan daerah di luar sektor tambang,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq seperti dilansir laman Medcom.

Kabupaten Kotabaru merupakan kabupaten yang dikenal kaya hasil tambang batubara. Wilayah ini juga memiliki banyak pulau-pulau kecil dan memiliki potensi wisata bahari yang menjanjikan. Namun diakui Hanif pengembangan potensi wisata di Kotabaru masih terkendala akses dan sebagian merupakan daerah terpencil. (ndy)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.