AIRLINES ASEAN

Perjalanan ke Thailand Bangkit Kembali

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Pencarian penerbangan dan hotel ke Thailand meningkat secara global. Menurut Sojern, platform pemasaran digital yang dibangun untuk pemasar travel, pencarian penerbangan internasional naik 164% dibandingkan dengan awal tahun 2022. 

Dilansir dari traveldailymedia.com, Thailand telah menerima sekitar dua juta pengunjung asing dalam enam bulan pertama tahun ini, kebangkitan yang stabil setelah industri pariwisatanya hampir runtuh karena pandemi dan lebih dari 18 bulan persyaratan masuk yang rumit dan mahal.

Per 6 Agustus 2022, pencarian penerbangan dan hotel internasional masing-masing naik 164% dan 111% dibandingkan awal tahun. Semua wilayah global menunjukkan peningkatan positif menjelang musim ramai Thailand mulai November. 

Asia-Pasifik naik 74% vs awal 2022, EMEA naik 67%, AS & Kanada naik 38%, Karibia naik 27% dan Amerika Latin dan Tengah naik 15%. Sementara beberapa ketidakpastian tetap ada untuk industri perjalanan.

Angka-angka positif ini menunjukkan Thailand sedang dalam perjalanan untuk memenuhi tujuannya dari pendapatan pariwisata yang diharapkan hingga US$65 miliar tahun depan, naik tiga juta dari US$62 miliar yang dicapai sebelum pandemi pada 2019.

Setelah pemerintah mengklasifikasikan semua Thailand sebagai zona hijau (santai) untuk COVID-19 mulai Juli, bisnis, tempat hiburan, dan tempat wisata telah melonggarkan dan menghilangkan pembatasan terkait pandemi dan para wisatawan dengan cepat kembali. 

Berdasarkan pemesanan penerbangan selama 60 hari terakhir, lima negara asal teratas adalah Thailand (10,6%), Singapura (8,9%), Republik Korea (6,5%), Amerika Serikat (5,2%) dan Inggris Raya (4,4%) , dengan India (4,2%), Australia (4,1%), Jerman (3,8%), Vietnam (3,8%) dan Jepang (3,0%) menjadi sepuluh besar sisanya. 

Dengan Vietnam Airlines sekarang mengoperasikan tiga penerbangan langsung reguler yang menghubungkan Hanoi dan Kota Ho Chi Minh dengan Bangkok, yang akan meningkat menjadi empat penerbangan per hari mulai Oktober dan enam penerbangan per hari pada 2023, niat perjalanan dari Vietnam akan terus meningkat lebih jauh.

Evan Maulana